UN di Gianyar Seorang Pelajar Kerjakan Soal di RS

20150504090320 IMG 00481 

 

 

Sentralbali.com-7. 625 siswa dari 45 SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Gianyar mengikuti ujian negara (UN). Dari jumlah itu seorang pelajar terpaksa mengikuti ujian di rumah sakit, karena sedang menjalani perawatan demam berdarah (DB).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga Kabupaten Gianyar Dewa Alit Mudiartha, di sela-sela pemantauan UN SMP oleh Bupati Gianyar Anak Agung Bharata di SMPN 1 Tampaksiring, Senin (4/5/2015).

“Secara umum, UN hari pertama berjalan lancar. Hanya saja siswa dari SMPN 2 Sukawati terpaksa ujian di RS. Siswa bersangkutan sedang opname dalam perawatan penyembuhan DB,” jelasnya.

Dia menuturkan, sebagaimana dengan sistem UN tingkat SMA/SMK,  pada tingkat SMP menjalani sistem serupa. Yakni, UN tidak menjadi penentu kelulusan. Namun, tiga tujuan yang menjadi target, antara lain pemetaan potensi anak didik, mencari sekolah ke jenjang berikutnya, dan pembinaan satuan pendidikan.

“Memang UN tidak pengaruhi kelulusan. Akan tetapi, nilai UN akan menjadi standar untuk siswa menuju jenjang berikutnya. Garis besarnya, jika siswa ingin dapat sekolah terbaik, ya mesti dapat nilai yang terbaik pula,”ungkap pria asal Tegalalang itu.

Lebih lanjut, Dewa Alit menerangkan, UN SMP berlangsung selama empat hari berakhir Kamis (7/5/2015). Mata pelajaran UN adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, serta IPA.

Mengenai standar operasional prosedur (SOP) UN, di dalamnya tegas dinyatakan bahwa pengawas berada di dalam ruangan 5 menit sebelum UN dimulai. Waktu tersebut digunakan untuk memastikan ruang ujian steril dari benda-benda yang menggangu pelaksanaan UN.

Sementara, Bupati Gianyar Anak Agung Bharata mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena tidak ada satu pun anak didik di wilayah Kabupaten Gianyar absen dalam UN hari pertama.

Hal tersebut jadi indikator penting, seluruh siswa telah sangat siap menjalani UN. Bupati juga mengingatkan, agar siswa tetap fokus menghadapi UN. Jangan sampai dijadikan beban yang berlebihan.

”Fokus adalah kunci meraih hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Tim Putra Criket PON Bali Jamu Tim Sumbar
Minggu, 29 November 2020
Sentralbali.com - Cabang olahraga yang lolos PON mulai membuka diri untuk menerima ajakan latihan bersama atau ujicoba. Boleh jadi  Pertandingan persahabatan itu yang pertama dilakukan cabor yang lolos PON  yakni oleh tim putra criket Bali menjamu tim Sumatera Barat (Sumbar) di... Read More...
IMAGE Tim Kadarkum Denpasar Juara I Nasional
Jumat, 05 Agustus 2016
        Sentralbali.com-Tim Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Banjar Karang Suwung Pemogan, Densel  wakil Bali  berhasil meraih Juara I dan gelar terbaik tingkat Nasional, pada Lomba Kadarkum Tingkat Nasional di Jakarta, 1-4 Agustus 2016. Peserta... Read More...
IMAGE Tiga Pelajar SDN 1 Kamasan Klungkung ke Jepang
Sabtu, 26 September 2015
      Sentralbali.com-Tiga Siswa SDN 1 Kamasan, Klungkung terpilih dalam ajang pertukaran pelajar ke Jepang dalam ajang Kanaya International Art Week 2015. Ketiga siswa SDN 1 Kamasan yang terpilih adalah Bagus Pande Darma Putra (12), Made Dian Juliastini (11) dan Luh Gede Listya Ari... Read More...
IMAGE Wabup Bangli Sedana Arta Pantau UN
Selasa, 05 Mei 2015
  Sentralbali.com-Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Kadisdikpora Kabupaten Bangli I Nyoman Suteja serta Forkompinda Kabupaten Bangli, Senin (4/5/2015) memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN), salah satu sekolah yang ditinjau Wabup bersama jajaran adalah SMPN 1 Bangli.... Read More...
IMAGE UN di Gianyar Seorang Pelajar Kerjakan Soal di RS
Selasa, 05 Mei 2015
      Sentralbali.com-7. 625 siswa dari 45 SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Gianyar mengikuti ujian negara (UN). Dari jumlah itu seorang pelajar terpaksa mengikuti ujian di rumah sakit, karena sedang menjalani perawatan demam berdarah (DB). Hal itu dikatakan Kepala Dinas... Read More...
SmartNews.Com