Mau Tahu Pencipta Pompa Hidrolik Hemat Energi

simon

 

Sentralbali.com-Letkol Cpl Simon Petrus Kamlasi  dilahirkan di Soe-Nusa Tenggara Timur  tepatnya di Desa   Taubneno Kecamatan Molo Selatan Kabupaten Timur Tengah Selatan pada tanggal 14 April 1975 lalu.  

 Terlahir dari keluarga yang sederhana, orang tuanya Bapak Moses Kamlasi  dan Ibu Jamse Halena keduanya pensiunan guru. Berkat  bimbingan orang tuanya, Simon Petrus  tumbuh dan berkembang hingga dewasa  menjadi seorang pemuda yang berjiwa tegas, berani  dan  disiplin.

Simon melewati dan menghabiskan masa kecil sampai dewasa di Soe NTT, termasuk semua jenjang pendidikan umum dari sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama diselesaikan di Nusa Tenggara Timur.  Sedangkan SLTA ia tercatat sebagai siswa SMA Taruna Nusantara angkatan pertama. Tamat pendidikan SLTA tahun 1993 ia memutuskan untuk masuk Akademi  Militer (AKMIL), harapannya dapat terpenuhi dan akhirnya mengikuti   pendidikan  di  Kawah  Candradimuka AKMIL Magelang serta sukses  diwisuda pada tahun 1996 dengan pangkat Letnan Dua.

 Sebagai Perwira Pertama berpangkat Letnan Dua, Simon mengawali jenjang penugasan di satuan Kodam XVII/Trikora di Irian Jaya tepatnya di Paldam XVII/Trikora. Seiring perjalanan waktu dengan metode tour of area and tour of duty serta kesempatan melaksanakan pendidikan, saat ini perwira yang memiliki hobi berolah raga ini sudah berpangkat Letnan Kolonel dengan jabatan Dandenpal “B”09-12-03 Kupang Paldam IX/Udayana, didampingi  isteri tercinta yakni  Ester Meilany Siregar dan  dikaruniai empat (4) orang anak putra dan putri.

Seiring dengan perjalanan waktu  23 tahun lebih Simon meninggalkan kampung halaman yang sangat di cintainya,  saat ini  ia dipercaya oleh pimpinan TNI AD untuk mengemban tugas  sebagai Dandenpal “B”09-12-03 Kupang. Ia sangat gembira   karena kembali kekampung halaman  namun dibalik kegembiraan itu ia juga prihatin karena melihat kondisi kampung halamannya masih tetap seperti 23 tahun yang lalu.

Dari keprihatinan itu, nalurinya sebagai prajurit yang berdinas di kampung halaman sendiri berjanji untuk membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat terutama masalah kekeringan yang selalu menghantui masyarakat NTT. Berkat dukungan dan dorongan dari keluarga tercinta ia memulai menyisihkan sedikit demi sedikit  rejeki yang diperolehnya untuk membuat pompa hidrolik yang efektif, efisien dan tepat guna.

Pompa Hidrolik ciptaannya ini berawal dari mekanisme tolak balik meriam yang  bisa diaplikasikan untuk mendorong air melawan grafitasi  dengan mengaplikasi mekanika fluida  hukum paskal, archimedes, dan kontinyuitas benoli sebagai dasar pembuatan pompa hidrolik. Akhirnya berkat ilmu pengetahuan, kesungguhan dan kegigihan yang dimilikinya untuk membantu kesulitan masyarakat maka terciptalah sebuah alat berupa pompa hidrolik sejenis pompa yang dapat menaikkan air dari lembah-lembah kepegunungan tanpa menggunakan bahan bakar dan listrik sehingga hemat energi dan mudah perawatan.

Prestasinya membuat dan mengembabangkan serta memasang sebanyak 13  buah pompa hidrolik  khususnya di daerah terpencil di Propinsi NTT yang terkenal kekurangan air. Dengan keberhasilan ini   pimpinan TNI Angkatan Darat dalam hal ini Kasad  senantiasa mendorong  Simon untuk terus  mengembangkan dan memproduksi  pompa lagi  dengan cepat  sebanyak 86 pompa. Pompa ciptaannya akan disebar keseluruh tanah air yang meliputi  Kalimantan, Maluku, Wonosari Serang Banten, Bali, NTB dan NTT.

Ketika ditemui Letkol Cpl Simon Petrus Kamlasi menjelaskan selama ini  banyak  proyek atau program pengairan dilapangan mengalami kendala sumber tenaga sehingga tekhnologi tepat guna ini dapat menjadi salah satu alternatif pendekatan TNI AD dengan rakyat dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat. “Orang boleh lupa berbicara tentang peran TNI Angkatan Darat tetapi biarlkanlah air kehidupan akan terus bercerita tentang TNI AD,” ucapnya berseloroh.

Tim Putra Criket PON Bali Jamu Tim Sumbar
Minggu, 29 November 2020
Sentralbali.com - Cabang olahraga yang lolos PON mulai membuka diri untuk menerima ajakan latihan bersama atau ujicoba. Boleh jadi  Pertandingan persahabatan itu yang pertama dilakukan cabor yang lolos PON  yakni oleh tim putra criket Bali menjamu tim Sumatera Barat (Sumbar) di... Read More...
IMAGE Golf Tidak Beraksi di PON Papua
Minggu, 22 November 2020
        Perjuangan PB. PGI Sudah Mentok Sentralbali.com - Cabang golf dipastikan tidak dipertandingkan pada hajatan multi event olahraga di Papua tahun 2021 mendatang. Penegasan itu disampaikan Sekjen PB PGI Antony Chandra pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Persatuan... Read More...
IMAGE RRI Denpasar dan Kemkominfo Galang Persatuan di Kalangan Generasi Muda
Rabu, 29 Mei 2019
    Sentralbali.com -   Sebagai generasi penerus, generasi muda mempunyai peranan super penting membangun semangat persatuan pasca pemilu 2019. Dua hal penting yang perlu dilakukan oleh generasi muda, menghembuskan hal positif dan generasi muda menjadi pertahanan dalam arti... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
SmartNews.Com