IMAGE RRI Gelar Wayang Cenk Blonk
Kamis, 28 Februari 2019
    Upaya Mendongkrak Partisipasi Pemilih Pemula Sentralbali.com - Penggemar Wayang Cenk Blonk memadati halaman: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Stasiun Denpasar, Selasa (26/2) malam. Pementasan tersebut menjadi pamungkas dari sosialisasi gerakan... Read More...
IMAGE LPP RRI Gelar Lomba Bondres Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih
Kamis, 28 Februari 2019
          Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) menggelar kegiatan bertajuk "Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih Melalui Lomba Bondres se-Bali". Kegiatan yang berlangsung di Panggung Terbuka RRI Denpasar, Selasa (26/2/2019)... Read More...
IMAGE Pemprov Bali Respon Cepat Warga Miskin di Klungkung
Selasa, 26 Februari 2019
    Sentralbali.com - Pemberitaan di media yang menyebutkan adanya warga miskin di Dusun Gembalan, Desa Selat, Klungkung membuat Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Sosial langsung ke lokasi untuk melihat kondisi warga miskin tersebut.   Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa... Read More...
IMAGE 163 Ogoh-Ogoh Di Denpasar Berebut 32 Besar
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Pendaftaran lomba ogoh-ogoh serangkaia menyambut Nyepi Caka 1941 tahun 2019 di Kota Denpasar telah berakhir. Dari pendaftaran yang telah dibuka sejak 18 Januari,  berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, sebanyak 163 oogoh-ogoh dari STT di empat... Read More...
IMAGE Buleleng Siap Gelar Kolaborasi Seni Budaya dengan RRT
Rabu, 20 Februari 2019
      Sentralbali.com - Di awal tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan akan menggelar kolaborasi seni budaya Buleleng dengan kesenian Republik Rakyat Tiongkok pada Rabu 20 Pebruari 2019 di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...

RRI Gelar Wayang Cenk Blonk

kepsta sophia endang widowati1

 

 

Upaya Mendongkrak Partisipasi Pemilih Pemula

Sentralbali.com - Penggemar Wayang Cenk Blonk memadati halaman: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Stasiun Denpasar, Selasa (26/2) malam. Pementasan tersebut menjadi pamungkas dari sosialisasi gerakan cerdas memilih di LPP RRI Denpasar. 

Kepala LPP RRI Stasiun Denpasar, Sophia Endang Widowati kepada wartawan menjelaskan, tiga agenda dilangsungkan serangkaian gerakan cerdas memilih. Seluruh kegiatan disebut upaya mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak tahun 2019. 

"RRI adalah Lembaga Penyiaran Publik kami senantiasa melayani publik dalam hal ini adalah menghadapi pemilu tanggal 17 April mendatang. Untuk itu kami bekerjasama dengan berbagai pihak terutama tentunya KPU, kami membantu sosialisasi, agar masyarakat terutama generasi millenial tidak golput," ungkapnya. 

"Kemudian juga mereka tidak menghiraukan adanya hoaks-hoaks itu. Kemudian juga agar mereka dengan senang hati, gembira datang ke TPS. Itu harapan kami. Kemudian dengan apa RRI menyampaikan pesan ini? Nah kita menyampaikan pesan melalui Wayang Cenk Blonk," imbuhnya.

Sophia Endang Widowati yakin, melalui kesenian LPP RRI Denpasar dapat menyampaikan pesan soal pemilu damai sekaligus sukses. Alasannya, seni dan budaya dengan bahasa yang sederhana akan sangat mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Saya kira melalui kesenian atau budaya daerah, pastilah masyarakat atau pendengar, akan lebih senang, lebih mudah untuk menerima pesan-pesan. Budaya yang universal itu akan lebih mudah diterima di dalam masyarakat," ujarnya. 

Selain pementasan Wayang Cenk Blonk, juga dilaksanakan lomba bondres se-Bali di RRI Denpasar, serta Sosialisasi Pemilu Melalui Lomba Yel-Yel Pemilu, Workshop Cerdas Bermedia Sosial, dan Simulasi Pemungutan Suara di Singaraja, Senin (25/2/2019).

Rangkaian kegiatan gerakan cerdas memilih diharapkan mampu mengatrol pemilih millenial dalam pemilu serentak 17 April 2019. 
“Bidikannya adalah kaum millenial. Mereka adalah pemilih pemula, berarti anak-anak SMA kelas 3, kemudian juga mahasiswa yang baru masuk kuliah di tahun pertama," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bali Dewa Agung Lidartawan merespon positif yang dilakukan RRI Denpasar, mengingat kegiatan sosialisasi pemilu dengan aktivitas seni budaya lebih efektif karena mampu menyentuh ke hal-hal yang bersifat subtantif.

“Dengan pertunjukan Wayang Cenk Blonk, lebih menyentuh dan lebih cepat dicerna. Tentu kami sangat senang bila komponen masyarakat melakukan sosialisasi dalam bentuk atau melibatkan seni tradisional Bali,”pungkasnya.(tya/nox)

 

SmartNews.Com