IMAGE LPP RRI Konsen Membangun Toleransi
Senin, 09 September 2019
        Sentralbali.com - Dewan Pengawas (Dewas) LPP RRI Hasto Kuncoro memastikan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia memiliki konsen terhadap rasa toleransi yang merupakan representasi dari Pancasila. Mempertebal toleransi yang dilakukan RRI melalui... Read More...
IMAGE Ubud Bali, Menuju Destinasi Gastronomi Dunia
Kamis, 13 Juni 2019
      Sentralbali.com - Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization ( UNWTO ) akan menetapkan Desa Ubud sebagai destinasi gastronomi/kuliner standar global.  Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata... Read More...
IMAGE PKB Jadi Ajang Pelestarian Seni Tradisi Yang Hampir Terlupakan
Selasa, 11 Juni 2019
    Sentralbali.com - Unjuk seni budaya rutin tahunan Bali terakbar lewat  Pesta Kesenian Bali (PKB), dalam waktu dekat  akan kembali digelar . Perhelatannya yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terus mendapat penyempurnaan dari Pemerintah Provinsi Bali yang disesuaikan... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin Bali Jadi Contoh Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika
Senin, 01 April 2019
      Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster ingin memperkuat citra Bali sebagai kawasan yang terdepan dalam pengamalan konsep Bhinneka Tunggal Ika. “Bali selama ini sudah menjadi percontohan bagi daerah lain sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi di tengah... Read More...
IMAGE Dita dan Eka Terpilih Menjadi Jegeg Bagus Buleleng 2019
Sabtu, 30 Maret 2019
  Senttalbali.com - Ni Putu Dita Larassati dan Putu Eka Saskara Adi Kusuma akhirnya berhasil meraih gelar Jegeg dan Bagus Buleleng 2019. Keduanya mampu menyisihkan 9 pasang finalis lainnya dalam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2019 yang digelar di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...

LPP RRI Gelar Lomba Bondres Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih

 

kegiatan rri

 

 

 

 

Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) menggelar kegiatan bertajuk "Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih Melalui Lomba Bondres se-Bali". Kegiatan yang berlangsung di Panggung Terbuka RRI Denpasar, Selasa (26/2/2019) tersebut dibuka Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Bambang Gunawan. 


Turut hadir Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Dwi Hernuningsih, Anggota KPU Bali I Gede John Darmawan, Anggota Bawaslu Bali I Wayan Wirka, dan Kepala LPP RRI Stasiun Denpasar, Sophia Endang Widowati. Lomba bondres dalam sosialisasi gerakan cerdas memilih ini diikuti 9 kelompok tingkat pelajar dan mahasiswa. 

Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Dwi Hernuningsih mengaku sengaja membalut gerakan cerdas memilih dengan lomba bondres. Menurutnya seni dan budaya adalah bahasa universal yang mudah dipahami seluruh kalangan. Harapannya, dengan kegiatan ini LPP RRI dapat memberikan sumbangsih dalam menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019. 

peserta lomba bondres1



"Sebagai Lembaga Penyiaran Publik memiliki tanggung jawab sosial untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat juga termasuk generasi muda yang mungkin sekarang ini menjadi pemilih pemula," katanya kepada wartawan disela sela Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih Melalui Lomba Bondres se-Bali. 

"Oleh karena itu RRI juga terus mengupayakan edukasi ini melalui berbagai cara, khususnya juga bagaimana kita mencari format yang mengikutsertakan, menggali potensi kearifan lokal, budaya lokal, sehingga akan lebih mudah itu diterima oleh masyarakat melalui seni," imbuhnya. 

Anggota KPU Bali I Gede John Darmawan mengapresiasi langkah LPP RRI mengadakan kegiatan ini. Menurutnya Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih Melalui Lomba Bondres se-Bali sejalan dengan strategi Komisi Pemilihan Umum menggaet kaum millenial. Tak hanya kaum millenial, sosialisasi ini diyakini mampu mengedukasi generasi melek teknologi dengan rentang usia 17 - 50 tahun. 

"Kita ambil total dari seluruh DPT (daftar pemilih tetap) kita yang 3.130.288 itu, 70 persennya ada direntang usia itu. Melek teknologi, melek informasi. Nah itu yang menjadi titik sasar kita," ujarnya. 

Selain melalui media massa, dan media sosial, KPU dikatakan telah menyebar 495 relawan demokrasi di seluruh Bali. Relawan demokrasi berkewajiban menyosialisasikan tahapan pemilu termasuk tata cara pencoblosan. 

"Harapan kami dalam proses masifnya rekan-rekan relawan demokrasi, nanti ya minimal setengah dari jumlah pemilih sudah tersosialisasikan," ucap mantan Ketua KPU Denpasar tersebut. 

Tidak sebatas sosialisasi, John Darmawan mengungkapkan, pihaknya kini tengah berjuang mengcounter masifnya informasi hoaks seputaran pemilu serentak 2019. Ia mengakui, hoaks adalah tantangan terbesar bagi KPU meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan legislatif (Pileg), dan pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 

"Ketika isu hoaks tersebar di media sosial, KPU akan dengan segera membikin data dan fakta seperti apa yang sebenarnya. Itu yang kita lakukan untuk proses penanggulangannya,"jelasnya.(yon/nox)

 

koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com