IMAGE Gubernur Koster Ingin Bali Jadi Contoh Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika
Senin, 01 April 2019
      Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster ingin memperkuat citra Bali sebagai kawasan yang terdepan dalam pengamalan konsep Bhinneka Tunggal Ika. “Bali selama ini sudah menjadi percontohan bagi daerah lain sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi di tengah... Read More...
IMAGE Dita dan Eka Terpilih Menjadi Jegeg Bagus Buleleng 2019
Sabtu, 30 Maret 2019
  Senttalbali.com - Ni Putu Dita Larassati dan Putu Eka Saskara Adi Kusuma akhirnya berhasil meraih gelar Jegeg dan Bagus Buleleng 2019. Keduanya mampu menyisihkan 9 pasang finalis lainnya dalam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2019 yang digelar di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...
IMAGE Aksi Sosial HPN 2019
Kamis, 28 Maret 2019
    PWI Serahkan Sembako ke Panti Asuhan Semara Putra Sentralbali.com - Serangkaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Bali, panitia melakukan aksi sosial, mengunjungi Panti Asuhan Semara Putra, Klungkung, Kamis (28/3/2019). Pada kesempatan itu panitia menyerahkan sumbangan... Read More...
IMAGE RRI Gelar Wayang Cenk Blonk
Kamis, 28 Februari 2019
    Upaya Mendongkrak Partisipasi Pemilih Pemula Sentralbali.com - Penggemar Wayang Cenk Blonk memadati halaman: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Stasiun Denpasar, Selasa (26/2) malam. Pementasan tersebut menjadi pamungkas dari sosialisasi gerakan... Read More...
IMAGE LPP RRI Gelar Lomba Bondres Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih
Kamis, 28 Februari 2019
          Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) menggelar kegiatan bertajuk "Sosialisasi Gerakan Cerdas Memilih Melalui Lomba Bondres se-Bali". Kegiatan yang berlangsung di Panggung Terbuka RRI Denpasar, Selasa (26/2/2019)... Read More...

Wagub Bali Cok Ace Minta Anggota PHRI Bali Implementasikan Pergub

wagub cok ace

 

 

Sentralbali.com Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati ‘Cok Ace’ meminta  anggota Perhimpunan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Bali untuk mengimplementasikan khususnya empat Peraturan Gubernur (Pergub).

Pergub  itu meliputi, Pergub No 79 tahun 2018 tentang hari penggunaan busana adat Bali,  Pergub No 80 Tentang  Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali  serta Penyelenggaraan  Bulan Bahasa Bali, Pergub No 97 Tahun 2018 tentang pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai serta Pergub Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Cok Ace saat membuka Rakerda IV PHRI BPD Provinsi Bali, di ruang  rapat Kantor Bali Tourism Board,  Denpasar, Sabtu (2/2/2019).

Lebih jauh, Wagub Cok Ace yang juga sebagai Ketua PHRI Bali menyampaikan bahwasannya dalam menyusun rencana ataupun program kerja kedepannya, amatlah penting bagi PHRI untuk menyelaraskan program tersebut dengan undang-undang maupun peraturan yang ada termasuk didalamnya Peraturan Gubernur.

Misalnya, pergub tentang penggunaan aksara Bali untuk nama hotel dan restaurant maupun penggunaan produk pertanian lokal. Dengan demikian keberadaan PHRI tidak hanya akan menggerakkan ekonomi masyarakat namun juga turut menjaga kelestarian budaya, adat  serta alam Bali.

"Pergub ini memang tidak bisa memberikan sanksi pidana  bagi yang melanggarnya, namun sebagai bentuk tanggung jawab moral kita, sudah sepatutnya kita mematuhi peraturan yang ada, mari kita implementasikan pergub yang ada, sehingga kedepannya alam dan budaya Bali akan terjaga dan  pariwisata  akan  tumbuh semakin baik dan berkualitas, " imbuhnya . 

Dibagian lain, Wagub Cok Ace yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A A Gede Yuniartha Putra juga meminta agar PHRI dapat menyikapi serius  trend wisatawan yang ada dan menyesuaikan dengan selera pasar.

Kedepannya diproyeksi wisatawan milenial yang akan memenuhi pasar, wisatawan ini memiliki karakter gemar mencari pengalaman baru, wisata petualangan, eksplorasi dan perjalanan darat. (hms/nox)

 

SmartNews.Com