IMAGE Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja Soal Stok Pangan
Minggu, 03 Juni 2018
    Sentralbali.com – Akhir Bulan Mei hingga Juni tahun 2018 ini umat beragama di Bali menjalankan beberapa hari raya besar. Umat Hindu misalnya merayakan hari raya Galungan dan Kuningan. Sedangkan Umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang didahului dengan bulan puasa. ... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Buka Puasa Bersama
Minggu, 03 Juni 2018
    Sentralbali.com – Bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila pada hari Jumat, 1 Juni 2018, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG bersama dengan Ny. Ayu Wardhany Sutjidra menghadiri acara buka puasa bersama. Buka puasa bersama ini di Masjid Agung Jamik, Jumat... Read More...
IMAGE Aldila Sarti dan Ismail Wakil Bali ke PTQ Nasional
Senin, 21 Mei 2018
        Sentralbali.com - Aldila Sarti dan Ismail Marzuki ditetapkan sebabgai  juara Qori dan Qori’ah  cabang Tilawah pada Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Denpasar sekaligus berhak mewakili Bali  di event sama tingkat... Read More...
IMAGE SAS Gelar Buber Awal Puasa “Jalin Persahabatan”
Minggu, 20 Mei 2018
        Sentralbali.com– Menjamu orang saat berbuka, merupakan perbuatan yang mulia. Pahalanya sama seperti orang yang berpuasa. Adapun mengenai menunya, sederhana, tapi sudah lebih dari cukup. Kedepan, musholanya yang perlu ditata, agar di bagian luar bisa digunakan untuk... Read More...
IMAGE K3S Buleleng Serahkan 250 Paket Sembako
Selasa, 13 Maret 2018
    Sentralbali.com – Sebanyak 250 paket sembako dan makanan diserahkan kepada para lansia masing-masing di dua kelurahan, dan panti asuhan. Sebanyak 80 paket diserahkan kepada pasien kurang mampu di RSUD Kabupaten Buleleng.  Selanjutnya 35 paket kepada lansia di Kelurahan... Read More...

Bupati Suradnyana Tinjau Lokasi Banjir

bpt bll tinjau

 

 

Sentralbali.com Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengunjungi lokasi bencana banjir yang terjadi di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Kamis (25/1/2018), yang dilanda banjir mengakibatkan jalan Singaraja-Seririt lumpuh karena tergenang air.

Dari informasi yang ada, terdapat pengembang perumahan yang akan membangun perumahan di kawasan sebelah selatan dari SPBU. Karena jalan menuju perumahan tersebut kecil, pengembang justru mengorbankan saluran irigasi dengan cara mempersempit saluran air dan membuat perubahan alur saluran air.

Pada saat kejadian, air di saluran irigasi ini meluap ditambah lagi dengan kiriman kayu gelondongan yang menyumbat saluran air tersebut. Mengetahui hal tersebut, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana langsung memerintahkan Dinas terkait agar bangunan beton tersebut dibongkar karena mempersempit saluran air. Bupati Suradnyana tampak kecewa karena adanya ijin untuk membangun beton tersebut.

Bupati Suradnyana juga menegaskan bahwa Satpol PP Kecamatan Banjar sudah sempat menegur dan melarang oknum yang membangun beton tersebut, namun justru tetap bersikukuh membangun.

“Saya tidak tahu siapa yang bangun ini, boro-boro ada ijin Satpol PP sudah tegur tetapi tetap ngeyel, haru segera dibongkar saja tidak ada toleransi,” tegasnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Buleleng, Made Subur sempat menceritakan pada malam terjadi banjir, dirinya bersama tim berusaha keras untuk memotong gelondongan kayu yang menyangkut dibawah beton tersebut.

“Awalnya, saluran irigasi lebih lebar namun justru dipersempit dengan cara membangun tanggul disebelah jalan setapak diatas saluran air dengan lebar kurang lebih satu meter. Lalu dibawah beton ini, aliran air justru dibelokkan padahal dulunya aliran saluran air ini lebih lebar dan alurnya langsung lurus menuju utara,” ujar Made Subur.

Sementara itu, Kepala Desa Dencarik, Putu Budiasa mengatakan pihak desa sebenarnya tidak menyepakati pembangunan jalan itu namun dari beberapa subak justru menyepakati.

“Kami dari desa tidak sepakat, tapi yang sepakat justru beberapa subak di wilayah ini. Tim Satpol PP juga sempat melarang namun yang bikin ini tetap saja melanjutkan membuat beton ini dan mempersempit saluran irigasi,” ujar Putu Budiasa.

Kepala Desa Dencarik sepakat untuk membongkar beton dan tanggul yang mempersempit saluran irigasi itu supaya tidak lagi terjadi banjir dikemudian hari.

Terkait lahan persawahan yang rusak, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana akan melakukan gotong-royong melibatkan staff pemerintah, warga dan berupaya meminta bantuan dari TNI. Pemerintah Kabupaten Buleleng juga akan membantu bibit padi bagi para petani yang lahannya rusak.

“Besok (Jumat, 26/1/2018) kita normalisasi, gotong-royong, batu-batu diangkat dulu dan saya akan ngomong sama Dinas Pertanian agar petani dibantu bibitnya,” imbuh Agus Suradnyana.

 

SmartNews.Com