IMAGE Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja Soal Stok Pangan
Minggu, 03 Juni 2018
    Sentralbali.com – Akhir Bulan Mei hingga Juni tahun 2018 ini umat beragama di Bali menjalankan beberapa hari raya besar. Umat Hindu misalnya merayakan hari raya Galungan dan Kuningan. Sedangkan Umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang didahului dengan bulan puasa. ... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Buka Puasa Bersama
Minggu, 03 Juni 2018
    Sentralbali.com – Bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila pada hari Jumat, 1 Juni 2018, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG bersama dengan Ny. Ayu Wardhany Sutjidra menghadiri acara buka puasa bersama. Buka puasa bersama ini di Masjid Agung Jamik, Jumat... Read More...
IMAGE Aldila Sarti dan Ismail Wakil Bali ke PTQ Nasional
Senin, 21 Mei 2018
        Sentralbali.com - Aldila Sarti dan Ismail Marzuki ditetapkan sebabgai  juara Qori dan Qori’ah  cabang Tilawah pada Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Denpasar sekaligus berhak mewakili Bali  di event sama tingkat... Read More...
IMAGE SAS Gelar Buber Awal Puasa “Jalin Persahabatan”
Minggu, 20 Mei 2018
        Sentralbali.com– Menjamu orang saat berbuka, merupakan perbuatan yang mulia. Pahalanya sama seperti orang yang berpuasa. Adapun mengenai menunya, sederhana, tapi sudah lebih dari cukup. Kedepan, musholanya yang perlu ditata, agar di bagian luar bisa digunakan untuk... Read More...
IMAGE K3S Buleleng Serahkan 250 Paket Sembako
Selasa, 13 Maret 2018
    Sentralbali.com – Sebanyak 250 paket sembako dan makanan diserahkan kepada para lansia masing-masing di dua kelurahan, dan panti asuhan. Sebanyak 80 paket diserahkan kepada pasien kurang mampu di RSUD Kabupaten Buleleng.  Selanjutnya 35 paket kepada lansia di Kelurahan... Read More...

Lansia Menjadi Prioritas

10 11

Sentralbali.com-Wayan Rukit dan Made Jerti, lansia terlantar yang tinggal di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, hidup dalam satu rumah yang kondisinya cukup memprihatinkan, Rabu (13/4/2016) kedatangan tamu istimewa.

Adalah Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG merasa terketuk hatinya untuk membantu kedua nenek tersebut. Bersama jajarannya Wabup Sutjidra mengunjungi kediaman mereka dengan membawa bingkisan sembako.

"Kami mendengar di desa ini ada lansia terlantar yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah, makanya kami putuskan untuk mengunjungi beliau dan melihat langsung keadaannya," ucap Wabup Sutjidra saat menjelaskan kedatangannya. 

Seperti yang terlihat di lokasi, keadaan rumah tersebut memang meprihatinkan. Atap bocor, lantai tanah dan berdinding bedeg menjadi tempat berlindungnya kedua nenek tersebut. Kedua nenek ini tidak memiliki suami, kesehariannya mereka hanya hidup berdua.

Wabup Sutjidra pada saat itu memerintahkan Dinas Sosial untuk memberikan jaminan keamanan sosial dan bedah rumah. Dinas Sosial akan memberikan jaminan kesehatan seperti beras sejahtera (Rastra), jaminan kesehatan, dan bedah rumah. Lansia terlantar menjadi prioritas utama dari Pemkab Buleleng.

"Lansia terlantar seperti ini harus diutamakan, karena mereka sangat memerlukan uluran tangan, maka dari itu Pemkab Buleleng memprioritaskan mereka untuk pemberian bantuan," imbuhnya.

61

Di desa tersebut, Wabup Sutjidra bersama rombongan juga mengunjungi Putu Arya yang hidup sebatangkara. Putu Arya yang kini duduk di bangku SMP kelas 3 ini mulai hidup sendiri sejak umur 13 tahun. Ayahnya Komang Arta Wijaya meninggal setelah mengalami kecelakaan motor saat ia berumur 11 tahun, dan ibunya Ni Kadek Maryani sudah menikah lagi selang 2 tahun kemudian.

Selain memberikan bantuan bingkisan sembako, Wabup Buleleng juga memastikan Putu Arya mendapatkan bantuan dari Pemerintah. "Putu Arya ingin melanjutkan sekolah, kami akan pastikan dia mendapatkan beasiswa dan bantuan lainnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," jelasnya.

 

SmartNews.Com