IMAGE PERADI Denpasar Bantu Masker dan Hand Sanitizer
Kamis, 14 Mei 2020
      Sentralbali.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi)  DPC Denpasar menyalurkan bantuan gratis  berupa  Masker dan Hand Sanitizer kepada seluruh Anggota Peradi Denpasar. Ketua  Peradi  Denpasar Budi Adnyana SH.MH, Kamis (14/5/2020) ... Read More...
IMAGE PWI Bali Pilih Bagikan Ribuan Masker
Sabtu, 25 April 2020
      Sentralbali.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI)  Provinsi Bali menggelar aksi sosial dengan membagikan ribuan masker kepada masyarakat di beberapa lokasi seperti di seputaran  Jalan Maruti dan Pasar Cokro, Denpasar,... Read More...
IMAGE Laksmi Duarsa, Pentingnya Berbagi Dimasa Sulit
Selasa, 21 April 2020
      Sentralbali.com - “Berbuat untuk sesama dimasa sulit jauh lebih berarti daripada memberi saat mereka berlebih dalam situasi bahagia,”prinsip itu yang disampaikan dokter spesialis kulit Laksmi Duarsa, mengawali perbincangan dengan Sentralbali.com, Rabu (21/4/2020).... Read More...
IMAGE Aksi Sosial KONI Gianyar Perangi Covid-19
Selasa, 07 April 2020
      Sentralbali.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar  melakukan aksi sosial penanggulangan Covid-19. Aksi sosialisasi dan pembagian Hand Sanitizer serta edukasi penanggulangan Covid-19 menyasar pengendara sepeda motor, tukang parkir, pangkalan ojek... Read More...
IMAGE Pelayanan Pastoral Gereja Katolik di Denpasar Dihentikan
Sabtu, 21 Maret 2020
          Sentralbali.com - Mencermari gejala wabah penyebaran virus Corona yang semakin meluas bahkan ancaman yang kini semakin nyata, Gereja Katolik Keuskupan Denpasar yang mewilayahi Bali dan NTB, menghentikan semua jenis pelayanan Pastoral, seperti ibadat ekaristi di... Read More...

Lansia Menjadi Prioritas

10 11

Sentralbali.com-Wayan Rukit dan Made Jerti, lansia terlantar yang tinggal di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, hidup dalam satu rumah yang kondisinya cukup memprihatinkan, Rabu (13/4/2016) kedatangan tamu istimewa.

Adalah Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG merasa terketuk hatinya untuk membantu kedua nenek tersebut. Bersama jajarannya Wabup Sutjidra mengunjungi kediaman mereka dengan membawa bingkisan sembako.

"Kami mendengar di desa ini ada lansia terlantar yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah, makanya kami putuskan untuk mengunjungi beliau dan melihat langsung keadaannya," ucap Wabup Sutjidra saat menjelaskan kedatangannya. 

Seperti yang terlihat di lokasi, keadaan rumah tersebut memang meprihatinkan. Atap bocor, lantai tanah dan berdinding bedeg menjadi tempat berlindungnya kedua nenek tersebut. Kedua nenek ini tidak memiliki suami, kesehariannya mereka hanya hidup berdua.

Wabup Sutjidra pada saat itu memerintahkan Dinas Sosial untuk memberikan jaminan keamanan sosial dan bedah rumah. Dinas Sosial akan memberikan jaminan kesehatan seperti beras sejahtera (Rastra), jaminan kesehatan, dan bedah rumah. Lansia terlantar menjadi prioritas utama dari Pemkab Buleleng.

"Lansia terlantar seperti ini harus diutamakan, karena mereka sangat memerlukan uluran tangan, maka dari itu Pemkab Buleleng memprioritaskan mereka untuk pemberian bantuan," imbuhnya.

61

Di desa tersebut, Wabup Sutjidra bersama rombongan juga mengunjungi Putu Arya yang hidup sebatangkara. Putu Arya yang kini duduk di bangku SMP kelas 3 ini mulai hidup sendiri sejak umur 13 tahun. Ayahnya Komang Arta Wijaya meninggal setelah mengalami kecelakaan motor saat ia berumur 11 tahun, dan ibunya Ni Kadek Maryani sudah menikah lagi selang 2 tahun kemudian.

Selain memberikan bantuan bingkisan sembako, Wabup Buleleng juga memastikan Putu Arya mendapatkan bantuan dari Pemerintah. "Putu Arya ingin melanjutkan sekolah, kami akan pastikan dia mendapatkan beasiswa dan bantuan lainnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," jelasnya.

 

koniidulfitri
SmartNews.Com