IMAGE LPP RRI Konsen Membangun Toleransi
Senin, 09 September 2019
        Sentralbali.com - Dewan Pengawas (Dewas) LPP RRI Hasto Kuncoro memastikan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia memiliki konsen terhadap rasa toleransi yang merupakan representasi dari Pancasila. Mempertebal toleransi yang dilakukan RRI melalui... Read More...
IMAGE Ubud Bali, Menuju Destinasi Gastronomi Dunia
Kamis, 13 Juni 2019
      Sentralbali.com - Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization ( UNWTO ) akan menetapkan Desa Ubud sebagai destinasi gastronomi/kuliner standar global.  Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata... Read More...
IMAGE PKB Jadi Ajang Pelestarian Seni Tradisi Yang Hampir Terlupakan
Selasa, 11 Juni 2019
    Sentralbali.com - Unjuk seni budaya rutin tahunan Bali terakbar lewat  Pesta Kesenian Bali (PKB), dalam waktu dekat  akan kembali digelar . Perhelatannya yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terus mendapat penyempurnaan dari Pemerintah Provinsi Bali yang disesuaikan... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin Bali Jadi Contoh Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika
Senin, 01 April 2019
      Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster ingin memperkuat citra Bali sebagai kawasan yang terdepan dalam pengamalan konsep Bhinneka Tunggal Ika. “Bali selama ini sudah menjadi percontohan bagi daerah lain sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi di tengah... Read More...
IMAGE Dita dan Eka Terpilih Menjadi Jegeg Bagus Buleleng 2019
Sabtu, 30 Maret 2019
  Senttalbali.com - Ni Putu Dita Larassati dan Putu Eka Saskara Adi Kusuma akhirnya berhasil meraih gelar Jegeg dan Bagus Buleleng 2019. Keduanya mampu menyisihkan 9 pasang finalis lainnya dalam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2019 yang digelar di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...

Lansia Menjadi Prioritas

10 11

Sentralbali.com-Wayan Rukit dan Made Jerti, lansia terlantar yang tinggal di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, hidup dalam satu rumah yang kondisinya cukup memprihatinkan, Rabu (13/4/2016) kedatangan tamu istimewa.

Adalah Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG merasa terketuk hatinya untuk membantu kedua nenek tersebut. Bersama jajarannya Wabup Sutjidra mengunjungi kediaman mereka dengan membawa bingkisan sembako.

"Kami mendengar di desa ini ada lansia terlantar yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah, makanya kami putuskan untuk mengunjungi beliau dan melihat langsung keadaannya," ucap Wabup Sutjidra saat menjelaskan kedatangannya. 

Seperti yang terlihat di lokasi, keadaan rumah tersebut memang meprihatinkan. Atap bocor, lantai tanah dan berdinding bedeg menjadi tempat berlindungnya kedua nenek tersebut. Kedua nenek ini tidak memiliki suami, kesehariannya mereka hanya hidup berdua.

Wabup Sutjidra pada saat itu memerintahkan Dinas Sosial untuk memberikan jaminan keamanan sosial dan bedah rumah. Dinas Sosial akan memberikan jaminan kesehatan seperti beras sejahtera (Rastra), jaminan kesehatan, dan bedah rumah. Lansia terlantar menjadi prioritas utama dari Pemkab Buleleng.

"Lansia terlantar seperti ini harus diutamakan, karena mereka sangat memerlukan uluran tangan, maka dari itu Pemkab Buleleng memprioritaskan mereka untuk pemberian bantuan," imbuhnya.

61

Di desa tersebut, Wabup Sutjidra bersama rombongan juga mengunjungi Putu Arya yang hidup sebatangkara. Putu Arya yang kini duduk di bangku SMP kelas 3 ini mulai hidup sendiri sejak umur 13 tahun. Ayahnya Komang Arta Wijaya meninggal setelah mengalami kecelakaan motor saat ia berumur 11 tahun, dan ibunya Ni Kadek Maryani sudah menikah lagi selang 2 tahun kemudian.

Selain memberikan bantuan bingkisan sembako, Wabup Buleleng juga memastikan Putu Arya mendapatkan bantuan dari Pemerintah. "Putu Arya ingin melanjutkan sekolah, kami akan pastikan dia mendapatkan beasiswa dan bantuan lainnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP)," jelasnya.

 

koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com