IMAGE Ubud Bali, Menuju Destinasi Gastronomi Dunia
Kamis, 13 Juni 2019
      Sentralbali.com - Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization ( UNWTO ) akan menetapkan Desa Ubud sebagai destinasi gastronomi/kuliner standar global.  Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata... Read More...
IMAGE PKB Jadi Ajang Pelestarian Seni Tradisi Yang Hampir Terlupakan
Selasa, 11 Juni 2019
    Sentralbali.com - Unjuk seni budaya rutin tahunan Bali terakbar lewat  Pesta Kesenian Bali (PKB), dalam waktu dekat  akan kembali digelar . Perhelatannya yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, terus mendapat penyempurnaan dari Pemerintah Provinsi Bali yang disesuaikan... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin Bali Jadi Contoh Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika
Senin, 01 April 2019
      Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster ingin memperkuat citra Bali sebagai kawasan yang terdepan dalam pengamalan konsep Bhinneka Tunggal Ika. “Bali selama ini sudah menjadi percontohan bagi daerah lain sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi di tengah... Read More...
IMAGE Dita dan Eka Terpilih Menjadi Jegeg Bagus Buleleng 2019
Sabtu, 30 Maret 2019
  Senttalbali.com - Ni Putu Dita Larassati dan Putu Eka Saskara Adi Kusuma akhirnya berhasil meraih gelar Jegeg dan Bagus Buleleng 2019. Keduanya mampu menyisihkan 9 pasang finalis lainnya dalam Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2019 yang digelar di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...
IMAGE Aksi Sosial HPN 2019
Kamis, 28 Maret 2019
    PWI Serahkan Sembako ke Panti Asuhan Semara Putra Sentralbali.com - Serangkaian Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Bali, panitia melakukan aksi sosial, mengunjungi Panti Asuhan Semara Putra, Klungkung, Kamis (28/3/2019). Pada kesempatan itu panitia menyerahkan sumbangan... Read More...

Ini Parade Budaya di Buleleng

2 11

Sentralbali.com-Sembilan lakon fragmentari dari masing-masing Kecamatan yang ada di Buleleng, tampil pada Parade Budaya yang dibuka Rabu (30/3/2016) oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama Muspida Buleleng di Depan Kantor Bupati Buleleng. Parade Budaya dilaksanakan serangkaian perayaan HUT ke-412 Kota Singaraja. Fragmentari tersebut mengusung sejarah dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing Kecamatan.

4 11

Di Kawasan Tugu Singa Ambararaja terlihat seperti lautan manusia yang berdesakan ingin melihat penampilan fragmentari dari masing-masing Kecamatan. Bukan hanya masyarakat lokal yang menyaksikan parade ini, beberapa wisatawan mancanegara juga tampak menikmati aksi yang disuguhkan oleh para penari.

Menurut penuturan Agus Adi salah satu warga Kelurahan Banyuasri yang khusus datang untuk menyaksikan parade tersebut mengatakan, parade budaya ini sangat baik dilaksanakan karena bisa mengedukasi masyarakat yang belum mengetahui sejarah dan potensi dari masing-masing Kecamatan.

“Sejarah perjalanan Ki Barak Panji Sakti dan sejarah lain yang ada di Buleleng masih banyak warga yang belum tahu, jadi parade budaya ini bisa memberi pelajaran untuk kita semua tentang sejarah dan potensi yang ada di Buleleng,” tuturnya.

8 31

Ditemui usai pembukaan parade budaya, Bupati Suradnyana mengatakan, setiap Kecamatan harus bisa mengeksploitasi potensi dan kebudayaan yang sudah ditampilkan. Bupati Suradnyana menambahkan, nantinya di setiap Kecamatan juga akan diadakan parade budaya untuk membangkitkan gairah seni dari masing-masing Desa.

“Ini merupakan awal dari sebuah pencanangan, bahwa nanti setiap tahun akan diadakan parade seni di setiap Kecamatan untuk membangkitkan gairah seni di setiap Desa,” ujarnya.

Ia berharap gairah seni di Desa bisa muncul dengan parade budaya ini. “Dengan parade budaya ini saya berharap kesenian di Desa-desa bisa bangkit, sehingga nantinya masing-masing Desa bisa tampil di event yang diadakan oleh Pemkab Buleleng,” harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengatakan, parade budaya ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan khasanah seni budaya dan sejarah yang ada di Buleleng.

“Tahun lalu kita sudah sukses mengupas sejarah perjalanan Ki Barak Panji Sakti yang dibawakan masing-masing babak oleh sembilan kecamatan, tahun ini, kita gali potensi dan sejarah di setiap Kecamatan,” ujar Suyasa.

Ia menjelaskan, dalam keikut sertaan perwakilan dari masing-masing kecamatan diwajibkan untuk menyiapkan satu fragmen tari yang menyangkut sejarah desa yang ada di wilayah kecamatan tersebut, maupun beberapa kesenian klasik yang ada. Terutama situs-situs sejarah yang dimiliki oleh beberapa wilayah Buleleng. Parade budaya ini mengambil start di depan Kantor Bupati Buleleng menuju Gajah Mada, Dr. Sutomo, A. Yani dan finish di Jalan Dewi Sartika Selatan. 

 

koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com