IMAGE PERADI Denpasar Bantu Masker dan Hand Sanitizer
Kamis, 14 Mei 2020
      Sentralbali.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi)  DPC Denpasar menyalurkan bantuan gratis  berupa  Masker dan Hand Sanitizer kepada seluruh Anggota Peradi Denpasar. Ketua  Peradi  Denpasar Budi Adnyana SH.MH, Kamis (14/5/2020) ... Read More...
IMAGE PWI Bali Pilih Bagikan Ribuan Masker
Sabtu, 25 April 2020
      Sentralbali.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI)  Provinsi Bali menggelar aksi sosial dengan membagikan ribuan masker kepada masyarakat di beberapa lokasi seperti di seputaran  Jalan Maruti dan Pasar Cokro, Denpasar,... Read More...
IMAGE Laksmi Duarsa, Pentingnya Berbagi Dimasa Sulit
Selasa, 21 April 2020
      Sentralbali.com - “Berbuat untuk sesama dimasa sulit jauh lebih berarti daripada memberi saat mereka berlebih dalam situasi bahagia,”prinsip itu yang disampaikan dokter spesialis kulit Laksmi Duarsa, mengawali perbincangan dengan Sentralbali.com, Rabu (21/4/2020).... Read More...
IMAGE Aksi Sosial KONI Gianyar Perangi Covid-19
Selasa, 07 April 2020
      Sentralbali.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar  melakukan aksi sosial penanggulangan Covid-19. Aksi sosialisasi dan pembagian Hand Sanitizer serta edukasi penanggulangan Covid-19 menyasar pengendara sepeda motor, tukang parkir, pangkalan ojek... Read More...
IMAGE Pelayanan Pastoral Gereja Katolik di Denpasar Dihentikan
Sabtu, 21 Maret 2020
          Sentralbali.com - Mencermari gejala wabah penyebaran virus Corona yang semakin meluas bahkan ancaman yang kini semakin nyata, Gereja Katolik Keuskupan Denpasar yang mewilayahi Bali dan NTB, menghentikan semua jenis pelayanan Pastoral, seperti ibadat ekaristi di... Read More...

Optimalkan KLA : Dayu Ambari Sambangi Empat Anak Berkebutuhan Khusus

3 11

 

Sentralbali.com-Kabupaten Gianyar terus berbenah guna tingkatkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal tersebut terungkap saat Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Putu Sri Ambari sambangi empat anak berkebutuhan khusus di Banjar Satung, Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Gianyar, Selasa (15/3/2016).

Kunjungan Dayu Ambari juga mensosialisasikan tentang pemenuhan hak-hak anak di Gianyar. Kunjungan diawali dari keluarga, I Made Watra (39) dan istri Ni Made Wastri (36), putra sulung mereka I Gede Andika Juliawan (9) mengalami pembesaran kepala yang diakibatkan kelebihan cairan dalam otak.

Kelainan tersebut diderita sejak Juliawan sejak berumur 3 bulan, sehingga saat duduk di bangku SD dampaknya sudah mulai dirasakan, sehingga ia tidak bisa sekolah lagi. Kini Juliawan hanya diam dirumah dan hanya bisa melakukan aktifitas ringan.

“Kami akan sekolahkan Juliawan ke Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, agar ia mendapatkan hak pendidikan yang layak seperti anak lain,”terang Dayu Ambari.

Kunjungan selanjutnya dilakukan di keluarga, I Wayan Darmayasa. Putra pertama pasangan Ni Nyoman Suwini (32) dengan I Wayan Darmawan (32), I Wayan Adidarmawan (8) mengalami Hydrocephalus. Penyakit ini menyerang bagian otak  atau akumulasi abnormal cairan cerebrospinal di dalam otak.

Cairan ini sering meningkatkan tekanan sehingga dapat memeras dan merusak otak. Hydrocephalus dapat diatasi dengan operasi. Adidarmawan sudah dioperasi dan dipasang pipa pada saluran otak saat umur 5 bulan. Kini sudah sepatutnya melaksanakan operasi kembali karena selang yang dipasang harus disesuaikan ukurannya dengan perkembangan fisik Adidarmawan.

Pihak Pemkab Gianyar akan membantu operasi Adidarmawan dengan menyediakan transport ke RS Sanglah Denpasar, apalagi oprasinya sudah ditanggung BPJS-JKN. Keluarga Adidarmawan juga memiliki Kartu Peserta Program Keluarga Harapan dan Kartu Perlindungan Sosial.

“Jadwal operasi masih menunggu kesiapan keluarga, sehingga kami akan membantu kapanpun keluarganya siap,” imbuh Dayu Ambari.

Keadaan serupa juga menimpa I Kadek Sanjaya (6), di putra kedua pasangan, I Ketut Arjanayasa (56) dengan Ni Wayan Renin (40) juga divonis mengalami kelumpuhan sejak usia 3 bulan. Kunjungan yang dilaksanakan bersama dengan Perbekel Buahan, I Wayan Mudiarta, Camat Payangan AA Oka Suryadiputra serta UPT terkait juga mengunjungi putra bungsu pasangan, I Wayan Darta (50) dengan Ni Luh Agustini (44), I Nyoman Bagus Purnama Putra (6). Anak ini juga divonis sindrum yang mengganggu kerja otak.

“Pemkab Gianyar akan selalu mengupayakan penanganan terpadu pada anak-anak berkebutuhan khusus, saya juga terus memberi semangat agar keluarga yang dikaruniai anak-anak ini jangan putus asa, karena Tuhan telah memilih mereka untuk merawat anak-anak ini, ” terangnya.

Perbekel Buahan, I Wayan Mudiarta sangat mengapresiasi karena warganya diperhatikan pelbagai pihak. Anak berkebutuhan khusus selama ini jarang yang peduli, dan fasilitas juga masih minim. Komitmen Pemkab Ginyar mewujudkan KLA selayaknya didukung pelbagai pihak, jika KLA bisa terwujud secara nyata dan anak berkebutuhan khusus bisa disediakan fasilitas.

 

koniidulfitri
SmartNews.Com