IMAGE PERADI Denpasar Bantu Masker dan Hand Sanitizer
Kamis, 14 Mei 2020
      Sentralbali.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi)  DPC Denpasar menyalurkan bantuan gratis  berupa  Masker dan Hand Sanitizer kepada seluruh Anggota Peradi Denpasar. Ketua  Peradi  Denpasar Budi Adnyana SH.MH, Kamis (14/5/2020) ... Read More...
IMAGE PWI Bali Pilih Bagikan Ribuan Masker
Sabtu, 25 April 2020
      Sentralbali.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI)  Provinsi Bali menggelar aksi sosial dengan membagikan ribuan masker kepada masyarakat di beberapa lokasi seperti di seputaran  Jalan Maruti dan Pasar Cokro, Denpasar,... Read More...
IMAGE Laksmi Duarsa, Pentingnya Berbagi Dimasa Sulit
Selasa, 21 April 2020
      Sentralbali.com - “Berbuat untuk sesama dimasa sulit jauh lebih berarti daripada memberi saat mereka berlebih dalam situasi bahagia,”prinsip itu yang disampaikan dokter spesialis kulit Laksmi Duarsa, mengawali perbincangan dengan Sentralbali.com, Rabu (21/4/2020).... Read More...
IMAGE Aksi Sosial KONI Gianyar Perangi Covid-19
Selasa, 07 April 2020
      Sentralbali.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar  melakukan aksi sosial penanggulangan Covid-19. Aksi sosialisasi dan pembagian Hand Sanitizer serta edukasi penanggulangan Covid-19 menyasar pengendara sepeda motor, tukang parkir, pangkalan ojek... Read More...
IMAGE Pelayanan Pastoral Gereja Katolik di Denpasar Dihentikan
Sabtu, 21 Maret 2020
          Sentralbali.com - Mencermari gejala wabah penyebaran virus Corona yang semakin meluas bahkan ancaman yang kini semakin nyata, Gereja Katolik Keuskupan Denpasar yang mewilayahi Bali dan NTB, menghentikan semua jenis pelayanan Pastoral, seperti ibadat ekaristi di... Read More...

Saat Pengerupukan Polres Kerahkan 6.113 Anggota

Mou nyepi

 

Sentralbali.com-Jelang perayaan hari raya Nyepi tahun caka 1938 di Kabupaten Gianyar, Kepolisian Resor Gianyar (Polres), bersama Komando Daerah Militer 1616 dan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Lingkungan Masyarakat Kabupaten Gianyar menggandeng elemen masyarakat desa untuk turut mengawal keamanan dan ketertiban diseluruh wilayah Kabupaten Gianyar.

Kapolres Gianyar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Farman, dalam pengarahannya di Balai Budaya Gianyar, Kamis (3/3/2016) mengatakan, potensi kriminalitas ditengah kekhusyukan umat Hindu Bali saat merayakan Nyepi sangat mungkin terjadi. Oknum tak bertanggung jawab akan mencari kesempatan untuk berbuat jahat, seperti pencurian, maupun gelagat mengacau. ”Kami serahkan pecalang mengontrol itu,”ucapnya.

Farman mengatakan, sehari sebelum Catur Bharata Penyepian, yakni saat Tawur Kesanga atau Pengerupukan, jumlah keseluruhan ogoh – ogoh yang diusung mencapai 1.203 buah dengan total pengusung 18.045 orang. Atensi pihaknya akan fokus terhadap keberadaan minuman keras (miras) yang beredar di masyarakat. Dia akan menindak tegas penjual maupun pengonsumsi miras.”Kami akan sisir miras di desa - desa yang mengusung ogoh – ogoh,”ucapnya.

“Jika terbukti ditemukan alcohol, saat ngarak akan kami hentikan saat itu juga. Tujuan Pengrupukan jelas, yakni mengusir buta kala, bukan malah masyarakatnya jadi buta kala. Itu yang menjadi pemicu kerusuhan yang lumrah terjadi saat ngarak ogoh – ogoh,"ungkap Farman.

Kekuatan personil, kata dia, keseluruhan mencapai 6.113, terdiri atas Polres; 405, Polsek; 620, keseluruhan instansi terkait; 135, dan pecalang; 4.953. Jumlah tersebut akan bekerja secara penuh mengawal rangkaian hari raya Nyepi agar berjalan khidmat.

Sementara, Bupati Gianyar Anak Agung Bharata berharap pelaksanaan Nyepi di Kabupaten Gianyar berjalan dengan tentram. Toleransi tinggi, komunikasi yang intens sangat dibutuhkan oleh semua forum umat beragama. Terlebih, saat Nyepi nanti, umat muslim akan melaksanakan sholat Sunnah saat gerhana matahari.

”Koordinasi terkait itu harus jelas, jangan berjalan sendiri - sendiri,” pintanya.

Bharata juga mengimbau, agar pelaksanaan Tawur Kesanga tidak berujung rusuh. Pertama yang harus dihindari adalah meminum miras sebelum mengusung ogoh – ogoh. Juga hindari perasaan dendam atau sentimen pribadi antar pihak yang berselisih paham. ”Mari bersama kawal Nyepi dengan santun,”ajak Bupati.

Bendesa Papadan, Petak Kaja Made Suarsana yang hadir dalam pengarahan tersebut, sangat kagum dengan kesigapan aparat keamanan mengawal hari raya Nyepi tahun ini. Hal itu sebagai upaya mengayomi dan memberi rasa aman agar hari raya berjalan dengan lancar. ”Kami salut dengan kesigapan aparat,’ucapnya.

 

koniidulfitri
SmartNews.Com