IMAGE 163 Ogoh-Ogoh Di Denpasar Berebut 32 Besar
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Pendaftaran lomba ogoh-ogoh serangkaia menyambut Nyepi Caka 1941 tahun 2019 di Kota Denpasar telah berakhir. Dari pendaftaran yang telah dibuka sejak 18 Januari,  berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, sebanyak 163 oogoh-ogoh dari STT di empat... Read More...
IMAGE Buleleng Siap Gelar Kolaborasi Seni Budaya dengan RRT
Rabu, 20 Februari 2019
      Sentralbali.com - Di awal tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan akan menggelar kolaborasi seni budaya Buleleng dengan kesenian Republik Rakyat Tiongkok pada Rabu 20 Pebruari 2019 di Gedung Kesenian Gde Manik... Read More...
IMAGE Nilai-Nilai Weda Bisa Memperkuat Konsep Pembangunan Bali
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com -Gubernur Bali Wayan Koster berharap ajaran Weda menjadi basis untuk memperkuat konsep pembangunan Bali yang berlandaskan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.   Hal tersebut  disampaikan saat memberi sambutan dan membuka Konferensi Internasional bertema... Read More...
IMAGE Ketua Dekranasda Denpasar Beri Dukungan Kepada Warga Binaan
Kamis, 14 Februari 2019
  Sentralbali.com - Kepedulian Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra kepada warga binaan di Lapas Perempuan sangatlah luar biasa. Bertepatan dengan hari jadi Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas IIA Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra didampingi anggota... Read More...
IMAGE Rai Mantra Dukung Serial ‘Pulau Plastik’ Jadi Wahana Edukasi
Minggu, 03 Februari 2019
    Sentralbali.com – Serial ‘Pulau Plastik’ yang di gagas Gede Robby Navikula guna memberikan  pemahaman bagi masyarakat tentang bahaya plastik akhirnya tuntas dikerjakan. Beragam aktivitas masyarakat mengenai sampah dan plastik dikemas dalam sajian film yang... Read More...

Perda Sampah Berlaku 30 Maret 2016

tempat sampah

Sentralbali.com-Setelah melengkapi sarana dan prasarana penunjang Program Bebas Sampah Plastik, Pemkab Buleleng akan mulai menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah mulai 30 Maret 2016.

Kadis Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng Genep menjelaskan sudah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang diantaranya, sosialisasi program bebas sampah di media cetak, radio dan baliho diseluruh Desa, penambahan dan peningkatan lembur pasukan kuning, penambahan delapan armada dumbtruck dan 14 uproll truck pengangkut sampah, penambahan 25 TPST di seluruh Desa, dan pemasangan sebanyak 5 CCTV di tempat umum untuk memantau masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Sementara untuk penindakan masyarakat yang buang sampah sembarangan, kata Genep akan dipimpin oleh Tim Yustisi Satpol PP yang sudah disiapkan arana penunjang berupa 10 armada patroli yang akan memantau sejak subuh. Selain menambah armada, DKP juga meningkatkan gaji para pasukan kuning yang berjumlah 525 orang sebesar Rp 31.500 yang sebelumnya sebesar Rp 26.000.

Mantan Kabid Fisik Bappeda ini menambahkan bahwa dalam penanggulangan sampah di wilayah Buleleng, DKP telah membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di setiap desa. Selain juga upaya pelayanan pengangkutan sampah ke desa-desa.

Di Tahun 2016, pihaknya akan mulai menata wajah kota. Untuk penanganan sampah di perkotaan, DKP telah menyediakan kontainer yang diletakkan di tempat umum. Pada tahun 2015, DKP telah menyediakan 40 kontainer. Sedangkan tahun ini DKP berencana menambah 15 kontainer lagi.

"Kita sudah siapkan kontainernya untuk menampung sampah warga. Tapi kadang masyarakat tidak mau membuang sampah pada kontainer yang telah disediakan. Bahkan warga melempar bungkus sampahya tidak pada kontainer yang sudah disiapkan" jelas Genep.

Sementara itu, Wabup dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG terpisah mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Buleleng mulai perencanaan penataan Kota Singaraja.

"Saya sangat berharap kepada seluruh Lurah yang ada di lingkungan camat Buleleng untuk memulai membersihkan lingkungannya supaya Kota Singaraja terlihat lebih baik," harap Wabup Sutjidra.

 

SmartNews.Com