Coki Sumbang Emas SEA Games Pemicu Semangat Atlet Lainnya

cok dan suwandi

 

 

Sentralbali.com  Karateka Bali peraih medali emas SEA Games 2017 di Malaysia, Cokorda Istri Agung Sanistyarani diyakini menjadi pemicu atlet Bali lainnya meraih prestasi. Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan itu saat menyambut kedatangan karateka yang akrab disapa Coki itu di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (29/8/2017).

Coki yang turun di nomor kumite -61 kg cabor karate SEA Games 2017 di Malaysia, menang 7-0 atas karateka Thailand, Arm Sukkiaw sehingga secara keseluruhan tim karate Indonesia meraih 3 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Meski telah membawa harum nama bangsa di kancah Asia Tenggara, namun Suwandi berpesan kepada Coki untuk tidak jumawah (sombong, red), tetap bersahaja, dan memahami bahwa di balik kesuksesan yang dia torehkan ada peran orang lain dan doa orangtua.

“Prestasi Coki patut kita apresiasi. Tapi yang lebih saya harapkan adalah muncul  nantinya atlet-atlet Bali lain berprestasi mengharumkan bangsa di tatanan asia tenggara. Coki jadi panutan dan bisa ditiru oleh atlet lainnya tidak saja cabang karate, tapi juga cabang olahraga lainnya,” ujar Suwandi.

Ditanya apa yang akan dilakukan KONI Bali ke depan agar Coki tidak hengkang ke daerah lain, Suwandi mengatakan Bali tidak boleh kehilangan atlet-atlet potensialnya, termasuk Coki. Dia tidak menampik bahwa jelang PON XX di Papua, tidak menutup kemungkinan provinsi lain mengincarnya.

“Primada yang kami bentuk yang menghuni atlet-atlet berprestasi Bali berada di dalamnya, harus tetap eksis, karena salah satu cara mengikat atlet supaya tidak hengkang, karena dari sisi kebutuhan selama atlet tersebut berlatih, kami support,” ujar Suwandi yang menambahkan peluang henggang dari Bali sangat kecil mengingat Coki tercatat sebagai pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali.

Selain Primada yang memberikan tunjangan finansial kepada atlet, cara lain supaya atlet andalan Bali tidak “beralih ke lain hati”, kata Suwandi yakni melalui KTA atau KONI Bali Card. Karena dengan mengantongi KTA, maka atlet tersebut sah milik Bali.

"Terkait bonus untuk Cok pasti ada, hanya besarnya saya belum tahu. Bonus itu juga salah satu bentuk perhatian Pemprov Bali terhadap atletnya yang berprestasi," jelasnya.

 

IMAGE Tekad Gecy Kejar Prestasi Sampai Tuntas
Kamis, 01 November 2018
      Pecatur Badung Angkat Nama Bali di Kejurnas 2018 Sentralbali.com – Menggaet  prestasi tidak mudah didapat, harus banyak mengorbankan aktivitas terutama masa-masa bermain. Bagi Gracelia Paramesti Samekto, mengorbankan kesenangan bermain dengan sesama teman sebaya,... Read More...
IMAGE Dari Melihat Jadi ‘Keranjingan’ Juara Ditangan
Jumat, 30 Maret 2018
      Sentralbali.com – Cerita penghantar tidur  sepertinya menjadi mujizat bagi  Putu Wahyu Arisanti  dalam menapaki perjalanan di dunia bulutangkis, begitu pula kecintaan orang tua mengajak nonton di setiap event bulutangkis menambah daya gerak untuk lebih... Read More...
IMAGE Indra Sjafri Emban Amanah Poles Timnas U-19
Sabtu, 04 Februari 2017
    Sentralbali.com - Indra Sjafri namanya tersohor seusai membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai ajang Piala AFF U-19. Pada partai final yang digelar 22 September 2013, tim asuhannya sukses mengalahkan Vietnam melalui adu penalty, dengan skor 7-6 setelah sebelumnya bermain imbang 0-0. ... Read More...
IMAGE Irfan Bachdim Daya Pikat Bali United
Selasa, 17 Januari 2017
    Sentralbali.com -Irfan Bachdim pemain keturunan Belanda yang pamornya mulai bersinar saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, kini berlabuh ke tim Bali United, dan Kamis (12/1) diperkenalkan ke awak media, di Kuta. Sebelum menetapkan pilihannya di Bali United, pemilik nama... Read More...
IMAGE Kiper Wardana ‘Pulang Kampung’
Kamis, 05 Januari 2017
    Sentralbali.com-I Made 'Kadek' Wardana, Penjaga Gawang kelahiran 31 Desember 1981 di Ubud, Gianyar, mengawali kiprahnya di bawah mistar gawang mulai tahun 2004 bergabung di Persegi Gianyar. Setelah itu aksinya terus berlanjut membela Persikab Bandung dan Pelita Jaya. Terakhir Ia... Read More...
SmartNews.Com