Sinta: Dari Urusan Jahit Menjahit Merambah Dunia Designer

 

 shintachrisna  
   Designer,  I Gusti Ayu Sinta Chrisna, SE. MM  
   

Sentrabali.com - Dari hasil olah pikir dan tangannya sudah tersebar luas mulai kota buaya Surabaya, ibukota Negara Jakarta, dan Kota Kembang Bandung serta Medan. Tak hanya merambah NKRI tapi produknya juga menjamah mancanegara, seperti California, Kuala Lumpur, Brunei, Cape town (Afrika Selatan) dan Maroko. Yang tak terlupakan, pada acara Wedding Romance Week, The Biggest Wedding & Party Expo yang di gelar pada tanggal 4-6 Mei 2012 di Grand Pacific Hall Yogyakarta menjadi ajang pagelaran karya indahnya. Tak mudah menggapai status yang digenggam sekarang.

Rekan sejawat dan koleganya kerap memanggil Sinta, tak hanya konsen pada bidang yang digeluti, tapi juga mengejar ilmu. Ia mengenyam ilmu di Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo. Pemilik nama lengkap I Gusti Ayu Sinta Chrisna dengan mental baja, mulai merambah dari panggung ke panggung, undanga demi undangan diterimannya, seperti merancang busana untuk malam grand final Pemilihan Putri Bali, Health Ambassador tahun 2011, Miss Emvee Beauty tahun 2011, Bali Magical Wedding Vaganza tahun 2011, Anugerah Mode 2009 dan Putri Kebaya tahun 2009 dan masih seabrek kiprahnya.

Karyanya yang sudah mengglobal tak heran jika para artis – artis ibukota ambil bagian disetiap event, termasuk pernah menjadi undangan khusus dari perancang idolanya. Karier yang digeluti dan mempopulerkan dirinya, Sinta tak mau meninggalkan dunia pendidikan. Ia masuk golongan Lulusan terbaik S-1 Ekonomi di Undiknas Denpasar tahun 2003 dan S-2 di Magister Managemen Unud dengan predikat cum laude.

Sinta bertutur, awal menekuni karir sebagai degisner ini sejak lulus kuliah, setelah menikah dengan sang suami tercinta bernama Agus Umariadi Udayana. B.com. MIB. MBA mulailah membangun bisnis denganya. Banyak sekali jenis usaha yang pernah ia coba, mulai dari digital printing, otomotif termasuk pernah menerbitkan tabloid otomotif dan beberapa usaha lainnya.

Namun, saking banyaknya jadi tidak fokus untuk menjalankan semua bisnisnya. Akhirnya satu persatu usahanya di tutup dan usaha terakhirnya yakni interior design yang menjual wallpaper, korden dan sejenisnya. Diawal memulai usaha, hingga dirinya langsung turun tangan ke konsumen untuk memasangkan korden yang mereka pesan.

“Di toko interior design itulah memulai memajang koleksi kebaya saya, perlahan para pelanggan yang datang mulai banyak menggandrungi baju-baju kebaya itu. Akhirnya mulailah lebih serius dengan memajang lebih banyak baju kebaya dan menerima pesanan,”bebernya.

Konsep yang terus dijalankan, selalu ingin tampil beda jika ingin dibandingkan dengan designer pada umumnya. Itu yang membuat dirinya menjadi degisner ternama. Dengan karya yang sangat berbeda diracik sendiri mulai dari design sampai pembentukan baju menjadi karya yang luar biasa.

Karyanya banyak diminati kalangan beragam seperti artis yang membutuhkan kebaya untuk keperluan photoshoot. Pada umumnya banyak yang berminat hasil karyanya dipakai untuk wedding karena memang sentuhannya begitu detail dan berbeda karya-karya lainnya.

Sinta pun blak-blakkan soal harga kebaya, berkisar dari Rp5 Juta hingga mencapai angka Rp15 juta, atau tergantung dari motif dan bahan pembuatannya.

Sederet aktivitas yan dilakoni, yang paling mengesankan kata Sinta saat sebagai Offcial Designer Putri Bali untuk ajang Putri Indonesia, itu sesuatu yang sangat luar biasa. “ Idola saya Bunda Anne Avantie dan saya diajak oleh pihak sponsor untuk meramaikan ajang tersebut mewakili dari daerah” akunya.

Butik milik I Gusti Ayu Shinta Chrisna beralamat Jalan WR. Supratman, Kesiman, Denpasar sudah tak asing lagi bagi masyarakat elit di kota metropolis Denpasar. Karena penerapan konsep membaca keinginan pelanggan. Bahkan, Shinta juga harus pandai membaca kepribadian para pelanggannya dari segi busana dan corak kesukaan yang diminati sehari – hari. “Tekad saya terus-menerus berkarya untuk memenjakan konsumen,”imbuhnya.

Perempuan kelahiran Denpasar, 28 Mei 1981, yang diberi kepercayaan Sang Pencipta dengan 4 momongan ini juga sempat mengingat perjalanan usaha yang digeluti.

“Saya berawal dari dunia jahit menjahit secara tidak sengaja. “Jika ingin merancang sebuah kebaya. Saya selalu ambil gitar, sambil dengerin lagu Rolling Stone,”cetusnya.

IMAGE Tekad Gecy Kejar Prestasi Sampai Tuntas
Kamis, 01 November 2018
      Pecatur Badung Angkat Nama Bali di Kejurnas 2018 Sentralbali.com – Menggaet  prestasi tidak mudah didapat, harus banyak mengorbankan aktivitas terutama masa-masa bermain. Bagi Gracelia Paramesti Samekto, mengorbankan kesenangan bermain dengan sesama teman sebaya,... Read More...
IMAGE Dari Melihat Jadi ‘Keranjingan’ Juara Ditangan
Jumat, 30 Maret 2018
      Sentralbali.com – Cerita penghantar tidur  sepertinya menjadi mujizat bagi  Putu Wahyu Arisanti  dalam menapaki perjalanan di dunia bulutangkis, begitu pula kecintaan orang tua mengajak nonton di setiap event bulutangkis menambah daya gerak untuk lebih... Read More...
IMAGE Indra Sjafri Emban Amanah Poles Timnas U-19
Sabtu, 04 Februari 2017
    Sentralbali.com - Indra Sjafri namanya tersohor seusai membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai ajang Piala AFF U-19. Pada partai final yang digelar 22 September 2013, tim asuhannya sukses mengalahkan Vietnam melalui adu penalty, dengan skor 7-6 setelah sebelumnya bermain imbang 0-0. ... Read More...
IMAGE Irfan Bachdim Daya Pikat Bali United
Selasa, 17 Januari 2017
    Sentralbali.com -Irfan Bachdim pemain keturunan Belanda yang pamornya mulai bersinar saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, kini berlabuh ke tim Bali United, dan Kamis (12/1) diperkenalkan ke awak media, di Kuta. Sebelum menetapkan pilihannya di Bali United, pemilik nama... Read More...
IMAGE Kiper Wardana ‘Pulang Kampung’
Kamis, 05 Januari 2017
    Sentralbali.com-I Made 'Kadek' Wardana, Penjaga Gawang kelahiran 31 Desember 1981 di Ubud, Gianyar, mengawali kiprahnya di bawah mistar gawang mulai tahun 2004 bergabung di Persegi Gianyar. Setelah itu aksinya terus berlanjut membela Persikab Bandung dan Pelita Jaya. Terakhir Ia... Read More...
SmartNews.Com