Berbuat Positif Wujud Bela Negara

dialog publik ok

 

 

 

 

 

Dialog Publik Digagas Kemkominfo dan LPP RRI Denpasar

 

Sentralbali.com - Masyarakat harus bijaksana dalam menggunakan media sosial, dengan tidak mudah menyebarkan berita bohong atau hoaks.

 

Hal itu disampaikan Direktur Informasi, Komunikasi, Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan pada dialog publik bertajuk “Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Global”, di Desa Budaya Kertalangu, Kamis (8/8/2019).

 

Kegiatan yang melibatkan kalangan milenial tersebut digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama LPP RRI Stasiun Denpasar.

Hoaks atau berita bohong diakui memicu perpecahan ditengah masyarakat Indonesia yang majemuk, karena itu antisipasi telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, salah satunya untuk selalu menggelorakan bela negara, dengan wujud kegiatan seperti dialog public. Pihaknya juga telah melakukan literasi keseluruh lapisan masyarakat.

 

Kemudian pendalaman nilai-nilai Pancasila juga bisa menjadi pondasi kuat untuk tidak mudah terbawa arus yang negative. Dalam kesempatan ini Bambang Gunawan memaparkan cara berpartisipasi bela negara.

 

"Ya, harus bijak bermedsos, itu sudah secara otomatis berpartisipasi dalam bela negara. Jadi bela negara tidak harus berseragam, tetapi semua orang bisa melakukan, sesuai dengan profesinya masing-masing," tegasnya, saat menjawab pertanyaan dari audien.

 

Bambang mencontohkan, banyak kasus disejumlah negara yang muncul akibat media sosial. Belajar dari kasus yang ada, ia mengajak masyarakat lebih cerdas dalam menyaring sebelum menyerbarluaskan seluruh informasi yang beredar di dunia maya.

 

“Misalnya di India ada kasus pembunuhan. Ternyata kemudian terbukti dasarnya tidak ada. Jadi atas dasar berita bohong, orang terus percaya. Kondisi tersebut terjadi dibanyak. Di Indonesia saya pikir juga ada,”jelasnya.

 

Di Indonesia tegas Bambang Gunawan ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jadi itu sudah cukup ampuh. Sudah banyak kasus, jadi kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, untuk tidak melakukan kesalahan yang sama," pintanya.

 

Kesan yang juga harus dihindari belakang ini adalah tidak membiasakan yang dekat terasa jauh dan sebaliknya yang jauh terasa dekat karena penggunaan gudget.

 

Bambang juga menyebut pengguna HP sekarang di Indonesia data terakhir sebanyak 355 juta orang atau 64 persen dari jumlah pendudukan di Indonesia, dari kalangan atas hingga bawah. Kemudian di dunia, pengoperasian FB 1 juta orang per menit dan 188 juta per minit pengguna email.

 

Tampil tiga pembicara selain Direktur Informasi, Komunikasi, Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan, juga Anggota Dewan Pengawas LPP RRI, Dwi Hernuningsih serta Ketua Umum Dewan Harian Daerah Angkatan 45 Bali, Prof. Dr. I Wayan Windia. Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar Dewa Made Agung mewakili Walikota Denpasar.

 

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Denpasar, Dewa Made Agung menilai kegiatan ini memiliki posisi strategis. Alasannya, Pancasila menjadi dasar bagi masyarakat dalam berbangsa dan bertanah air.(tya/nox)

 

 

koniidulfitri
koni kab kota
IMAGE Wagub Cok Ace Kecam Aksi Oknum Guide Pelaku Pelecehan Seksual
Sabtu, 04 Mei 2019
    Sentralbali.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengutuk keras aksi oknum guide yang melakukan pelecehan seksual terhadap turis Tiongkok di Tanjung Benoa. Hal ini disampaikan pada acara pertemuan di Bali Tourism Board yang dihadiri pihak BMR Dive & Water... Read More...
IMAGE Berantas Narkoba, Koster Akan Libatkan Desa Adat
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster akan melibatkan desa adat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Bali. Hal ini disampaikannya saat menerima Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (BERSAMA) di Kantor Gubernur Bali, Selasa (19/2/2019). Sebagai daerah... Read More...
IMAGE Tim Kecamatan Densel Gelar Sidak Kantong Plastik
Senin, 18 Februari 2019
  Senteralbali.com - Penerapan Perwali Nomor 36 Tahun 2018 terus digenjot Pemkot Denpasar. Salah satu yang dilakukan seluruh elemen dilibatkan termasuk tim Kecamatan yang secara rutin menggelar Sidak dengan menyasar toko modern maupun tradisional. Seperti halnya sidak, pembinaan dan... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Acungi Jempol Gebrakan Kapolda Bali
Kamis, 14 Februari 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri acara Peluncuran Buku Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Golose berjudul “Inovasi dan Aktualisasi dari Bali, bertempat di Hotel Aston, Denpasar,... Read More...
IMAGE Bupati Suradnyana Apresiasi “Millenial Road Safety Festival 2019”
Minggu, 03 Februari 2019
    Sentralbali.com – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST mengajak semua pihak untuk terus turut serta dalam pembangunan. Tidak terkecuali pihak kepolisian. Menurutnya, selama ini kepolisian sudah banyak membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam pembangunan. Hal... Read More...
IMAGE Jurnalis Bali Tuntut Cabut Remisi Pembunuh Wartawan
Jumat, 25 Januari 2019
    Sentralbali.com- Ratusan jurnalis yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Bali (SJB)  menggelar aksi solidaritas siang tadi, menuntut Presiden Jokowi mencabut remisi kepada I Nyoman Susrama, otak pembunuhan wartawan Radar Bali- Jawa Pos, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.... Read More...
IMAGE Uji Profesi Wajib Bagi Advokat
Senin, 17 Desember 2018
      Sentralbali.com – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) menggelar ujian profesi Advokat mengacu pasal 3 ayat (1) huruf f Undang-Undang No.18 tahun 2003 tentang Advokat harus terlebih dahulu lulus Ujian Profesi Advokat yang diselenggarakan oleh Organisasi Advokat. Sejak... Read More...
SmartNews.Com