Puri Klungkung Usulkan Dua Raja Klungkung Jadi Pahlawan Nasional

sen 2904 peserta asing sedang bicara pada silatnas

 

 

 

Sentralbali.com-Puri Klungkung Minta  PB Silatnas Perjuangkan Ide I Dewa Agung Istri Kanya dan Raja Klungkung Ide I Dewa Agung Jambe Jadi pahlawan Nasional.

Ide Dalem Smara Putra adalah Raja yang berjuang melawan kolonialisme Belanda agar mendapat pengakuan dan penghargaan dari pemerintah.

Saat itu juga Ide Dalem berbicara di depan para Raja, Sultan dan Bangsawan nasional dan internasonal berharap dua Raja Klungkung yang berjuang melawan Kolonial Belanda.

Di Klungkung ada dua Raja  yang berjuang melawan kolonial Belanda, yakni Ide I Dewa Agung Istri Kanya dan Ide I Dewa Agung Jembe. Beliau gugur saat perang melawan kolonial belanda pada Puputan Klungkung 28 April 1908.

Sedangkan I Dewa Agung Istri Kanya berjuang melawan kolonial Balanda dengan peran Kusamba. Bahkan saat perang  Kusamba jendral Michelle tewas dalam pertempuran tersebut.

Usulan Raja Klungkung ini mendapat sambutan dari para raja dan Sultan. Diataranya adalah Datuk Naning yang juga wakil dari adat Naning, Malaka.

Selaian itu terungkap dari Raja Maros, Sulsel, Andi Maparesa yang juga berpangkat Brigjen Pol. mengeluhkan adanya kelompok yang menginginkan hancurnya situs-situs kerejaan di Maros.

Kelompok tersebut berpendapat kalau situs tersebut adalah musrik. Dirinya khawatir kalau itu dihancurkan maka generasi muda tidak akan tahu sejarah masa lampau.

Menanggapi hal itu Sekretaris Silatnas Raja Samu Samu, Ternate berharap itu tidak terjadi lagi. Bahkan pihaknya akan merekomendasikan hal ini kepada pemerintah dan Polri serta TNI untuk meredam aksi tersebut.

Para raja dan sultan juga sempat bicara diantaranya adalah Raja Centung Kaltim, Sultan Sagayo, Kaltim. Selaian itu beberapa sultan dan raja dari luar negeri juga sempat bicara, diantaranya Tengku Sri Adi Nandar dari Malaysia.

Dia mengajak generasi muda untuk menghargai sejarah masa lalu sekaligus menghormarti perjuangan mereka. “Dulu berjuang darah tertumpah, kenapa sekarang ada yang mau dilupakan,” ujarnya.

Silatnas di Klungkung, Rabu (29/4/2015) merupakan hari terakhir di Klungkung selenjutnya akan nada kunjungan ke Puri Puri di Gianyar dan di Denpasar.

koniidulfitri
koni kab kota
IMAGE Berbuat Positif Wujud Bela Negara
Jumat, 09 Agustus 2019
          Dialog Publik Digagas Kemkominfo dan LPP RRI Denpasar   Sentralbali.com - Masyarakat harus bijaksana dalam menggunakan media sosial, dengan tidak mudah menyebarkan berita bohong atau hoaks.   Hal itu disampaikan Direktur Informasi, Komunikasi, Politik,... Read More...
IMAGE Wagub Cok Ace Kecam Aksi Oknum Guide Pelaku Pelecehan Seksual
Sabtu, 04 Mei 2019
    Sentralbali.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengutuk keras aksi oknum guide yang melakukan pelecehan seksual terhadap turis Tiongkok di Tanjung Benoa. Hal ini disampaikan pada acara pertemuan di Bali Tourism Board yang dihadiri pihak BMR Dive & Water... Read More...
IMAGE Berantas Narkoba, Koster Akan Libatkan Desa Adat
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster akan melibatkan desa adat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Bali. Hal ini disampaikannya saat menerima Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (BERSAMA) di Kantor Gubernur Bali, Selasa (19/2/2019). Sebagai daerah... Read More...
IMAGE Tim Kecamatan Densel Gelar Sidak Kantong Plastik
Senin, 18 Februari 2019
  Senteralbali.com - Penerapan Perwali Nomor 36 Tahun 2018 terus digenjot Pemkot Denpasar. Salah satu yang dilakukan seluruh elemen dilibatkan termasuk tim Kecamatan yang secara rutin menggelar Sidak dengan menyasar toko modern maupun tradisional. Seperti halnya sidak, pembinaan dan... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Acungi Jempol Gebrakan Kapolda Bali
Kamis, 14 Februari 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri acara Peluncuran Buku Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Golose berjudul “Inovasi dan Aktualisasi dari Bali, bertempat di Hotel Aston, Denpasar,... Read More...
IMAGE Bupati Suradnyana Apresiasi “Millenial Road Safety Festival 2019”
Minggu, 03 Februari 2019
    Sentralbali.com – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST mengajak semua pihak untuk terus turut serta dalam pembangunan. Tidak terkecuali pihak kepolisian. Menurutnya, selama ini kepolisian sudah banyak membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam pembangunan. Hal... Read More...
IMAGE Jurnalis Bali Tuntut Cabut Remisi Pembunuh Wartawan
Jumat, 25 Januari 2019
    Sentralbali.com- Ratusan jurnalis yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Bali (SJB)  menggelar aksi solidaritas siang tadi, menuntut Presiden Jokowi mencabut remisi kepada I Nyoman Susrama, otak pembunuhan wartawan Radar Bali- Jawa Pos, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.... Read More...
SmartNews.Com