Anak-Anak Dibekali Pengetahuan Cara Tanggulangi Kebakaran

salah satu guru RA ketika mencoba memadamkan api dengan karung basah

 

Sentralbali.com-Ratusan anak-anak RA setingkat TK se-Jembrana dibekali cara memadamkan api dan cara petugas pemadam kebakaran dalam melaksanakan pemadaman bila terjadi kebakaran.

Mereka melihat secata nyata bagaimana caranya memadam api, bila terjadi kebakaran kecil di suatu tempat. Pembekalan untuk memadam si jago merah tersebut, diberikan oleh petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Jembrana di lapangan Desa Yehkuning Kecamatan Jembrana, Sabtu (22/3/2014).

Seluruh anak-anak bersama para guru RA yang telah berkumpul di lapangan diberikan pemahaman dan mengenali apa fungsi dan tugas sebagai pemadam kebakaran. Perlengkapan yang diperlihatkan, mulai dari pakaian perlengkapan petugas pemadam, masker, apar tabung dan beberapa alat lainnya.

Sarana dipakai memadamkan api dengan pasir dan karung basah, bila terjadi kebakaran yang tidak terlalu besar. Selain pemberian contoh oleh petugas pemadam, para guru RA dan anak-anak diberikan kesempatan untuk memadamkan dengan menggunakan pasir serta karung basah.

Khusus anak-anak hanya diberikan untuk memadamkan api dengan pasir. Sedangkan beberapa gurunya diberikan kesempatan untuk mencoba memadamkan api dengan karung basah. Petugas pemadam juga memberikan contoh, memadamkan dengan air dengan cara disemprot. Usai pembekalan dan pemahaman cara dan fungsi pemadam kebakaran oleh petugas pemadam kebakaran Pemkab Jembrana, ratusan anak juga memperoleh kesempatan menumpang mobil pemadam secara bergiliran keliling lapangan.

Ketua Ikatan Guru Raudatul Athfal (IGRA) Zamhariroh didampingi sekretarisnya, Triwik Setyowati mengatakan kegiatan sosialisasi atau pemahaman memadamkan api kepada anak-anak RA se-Jembrana diikuti, sekitar 860 anak didampingi para gurunya. Khusus untuk kegiatan ini, diikuti sebanyak 30 RA se Jembrana.

“Kegiatan ini, tiada lain untuk mengenali anak-anak sejak dini supaya tahu tugas dari petugas pemadam kebakaran, sehingga akan dapat menambah wawasan sejak dini,” ujarnya.

Pemberian pemahaman kepada anak-anak semacam ini katanya baru pertama kali diberikan dan ini juga merupakan kerjasama dengan petugas pemadam kebakaran. “Ini juga merupakan kegiatan belajar di luar dan mempunyai pengalaman tersendiri bagi setiap anak,’ ujarnya lagi.

IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
IMAGE Kreatifitas Anak Rangkaian Bulfest
Jumat, 04 Agustus 2017
    Sentralbali.com –  Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan lomba kreatifitas anak, Kamis (3/8/2017), yang dirangkaikan dengan agenda Buleleng Festival (Bulfest). Lomba yang diselenggarakan di halaman Rumah Jabatan Bupati... Read More...
IMAGE Perpustakaan Pelangi Desa Patas Waklil Bali di Nasional
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Kabupaten Buleleng melalui Perpustakaan Pelangi, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak mewakili Bali dalam ajang Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Nasional. Tim Penilai dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Syamsul... Read More...
IMAGE GHE Berperan Tingkatkan Kualitas SDM Perhotelan Berkelas Internasional
Selasa, 18 Juli 2017
    Sentralbali.com – Global Hospitality Expert (GHE) meluncurkan program H.E.A.D. (Hospitality Education And Development) Talk diSovereign, Tuban, Badung Senin, (17/7/2017). GHE adalah divisi Professional Hospitality Education and Development dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bali... Read More...
SmartNews.Com