KONI Bali Galau? Mencermati Bidikan Bali 30 Emas PON Papua

koni Bali terima penghargaan dari koni pusat

 

 

 

Sentralbali.com – Pasca gagal Bidding host PON XXI, KONI Bali mulai menatap prestasi di PON XX/2020 di Papua. Hanya saja incaran prestasi itu memperlihatkan KONI Bali semakin galau, awalnya mengincar posisi 5 besar, tapi belakangan mengubah bidikan yakni target mendapat 30 medali emas, atau naik 5 keping emas dibanding PON XIX Jabar.

Incaran 30 medali emas diyakini super berat, apalagi membidik 5 besar nasional. KONI Bali harus realistis dalam memasang target, dengan berkaca calon pesaing dan melihat pula raihan medali PON Jabar. Apalagi cabang olahraga criket yang menyumbang 2 medali emas pada PON Jabar tidak kondusif. 13 atlet yang mempunyai andil kabur ke Papua dan DKI Jakarta.

Peringkat 5 di PON Jabar ditempati oleh Kalimantan Timur, sedangkan dibawah Bali Riau dan Papua. Saat di Jabar, kontingen Papua mengumpulkan medali emas selisih 3 dengan Bali, tapi Papua pada PON XX/2020 bukan lagi seperti Papua saat beraksi di PON Jabar. Diyakini Papua mengincar posisi 4 karena untuk bersaing dengan Jabar, Jatim dan DKI sepertinya tidak mungkin.

Sasaran Papua menggeser Jawa Tengah yang menempati peringkat 4. Secara otomatis Jawa Tengah seperti kontingen lainnya berupaya menambah capaian medali dari sebelumnya, begitu pula Kalimantan Timur, yang berlimpah rupiah tidak akan tinggal diam untuk meningkatkan kepingan medali emas.

Bagaimana dengan Bali? Realitasnya adalah bersaing dengan Riau yang di Jabar dibawah satu strep dengan Bali. Peringkat 7 atau turun satu strep dengan capaian 30 medali emas dinilai ada peningkatan prestasi, karena diprediksi Jawa Tengah dan Kalimantan Timur juga berpeluang mendapat tambahan emas dengan estimasi terdapat cabor olahraga yang baru.

Memperingati HUT ke-80 KONI, sekaligus memberi penghargaan kepada 6 pelaku olahraga di Pulau Dewata, membuktikan betapa besar perhatian KONI Bali terhadap mereka-mereka yang sejak lama memberi andil terhadap kemajuan dunia olahraga. Begitu pula Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, dengan kiprahnya yang positif, oleh KONI Pusat diganjar dengan penghargaan.

Tentu tidak sekedar memberikan penghargaan,  KONI Pusat diyakini mempunyai harapan besar terhadap pelaku olahraga di tingkat provinsi, sebagai ujung tombak pembinaan menuju nasional. Jelasnya kepemimpinan Ketut Suwandi periode ke-2 semakin berat. Pertama harus mempertahankan torehan prestasi ranking 6 nasional yang diraih pada PON di Jabar. Sementara KONI Bali dihadapkan hilangnya peluang mempertahankan 2 keping medali emas dari criket, yang atletnya sudah tidak mau lagi membela Bali.

Tapi bidikan 30 medali emas itu bisa saja dicapai, sepanjang komitmen KONI Bali jelas, terkait pembinaan plus menggarap cabang olahraga gudangnya medali seperti dayung, menembak, panahan dan selam, dan cabang olahraga yang baru resmi di PON bisa memberi kontribusi medali seperti petanque, gateball dan muaythai. Sementara yang prestasi pada PON Jabar harus tetap eksis.

Pertanyaan yang sangat mendasar, mampukah KONI Bali mempertahankan pamornya minimal masuk urutan 6 besar pada PON XX/2020 di Papua.(Supriyono, Wartawan Utama / 6308-PWI/WU/DP/IX/2013/07/03/66).

 

10 Besar Peraih Medali PON XIX Jabar 2016

No. Kontingen           Emas   Perak  Perunggu

1.Jabar                         217      157      157

2.Jatim                         132      138      134

3.DKI Jakarta              132      124      118

4.Jawa Tengah              32        56        85

5.Kalimantan Timur     25        41        73

6.Bali                           20        21        35

7.Riau                          18        26        27

8.Papua                        17       19        32

9.Sumatera Utara         16       17        33

10.Yogyakarta              16        16      25

SUMBER : Panpel PON XIX/2016 Jabar

 

 

IMAGE Wartawan Diminta Jadi Terdepan Gelorakan Literasi Media
Minggu, 18 November 2018
Sentralbali.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos) provinsi Bali,  Ir.  I Nyoman Sujaya mengajak wartawan menjadi yang terdepan secara aktif mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi melalui kegiatan-kegiatan Literasi Media. ... Read More...
IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
SmartNews.Com