SMPN 3 Juarai Majalah Sekolah se-Bali

 

 redaksi matrik diapit guru pembina dan kepala SMPN 3 Negara    
SENTRALBALI/PRAM    
Pelajar yang terlibat dalam keredaksian Majalan matrik, diapit Kepala SMPN 3 Negara, Ni Putu Medawati dan Ni Wayan Budiani, salah satu guru Pembina Majalah Matrik.

Sentralbali.com- Setelah sekian tahun mengelola Majalah Matrik yang digarap pelajar SMPN 3 Negara, akhirnya menuai hasil. Meski melalui perjuangan yang tak mudah, majalah hasil karyanya, berhasil menyabet juara pertama pada Kompetisi Majalah Sekolah ke-5 di tingkat Provinsi Bali.

Lomba yang digelar oleh Hindu Student Journalist Club tahun 2013 ini, menambah biodata dan pengalaman yang cukup besar. Atas kemenangan yang diraihnya ini, membuat seluruh siswa dan guru yang terlibat dalam keredaksian majalah Matrik, sangat berbangga.

Karena untuk meraih prestasi ini, harus berjuang untuk menampilkan isi dan tampilan majalah sekolah yang menarik. Majalah setebal 36 halaman ini, tercatat berdiri sejak tahun 2008 lalu dan terbit setiap enam bulan sekali.

I Komang Surya siswa kelas IX selaku pemimpin umum dalam majalah Matrik, mengatakan sebanyak 20 SMP se Bali yang mengikuti lomba majalah ini, dan yang lolos masuk final sebanyak 7 SMP.

“Kami bersama teman-teman di redaksi Matrik, berupaya keras agar mencapai hasil yang optimal dalam lomba majalah di Denpasar ini,” ujarnya, yang diwartakan, Senin (6/1/2014).

Ni Wayan Budiani, salah satu guru Pembina Majalah Matrik mengaku seluruh siswa yang terlibat dikeredaksian diberikan kebebasan berkarya, namun tetap dalam kaedah-kaedah penulisan jurnalistik.

“Kami tetap memberikan kebebasan pada anak-anak, tetapi tidak melepas, termasuk dari pengambilan tema yang disuguhkan dalam majalah ini,”katanya yang menambahkan, dalam majalah edisi 09 ini, mengambil tema sentral terkait budaya dalam arti luas, termasuk pelestarian lingkungan hidup.

Atas keberhasilan ini, Kepala SMPN 3 Negara, Ni Putu Medawati merasa bersyukur setelah berhasil meraih juara pertama dalam lomba majalah tingkat Provinsi ini. Lomba semacam ini merupakan yang ketiga kalinya.

Meski sebelumnya sempat gagal, namun dirinya terus memberikan motivasi pada siswa siswi termasuk guru yang mendampingi untuk terus berpacu dan memberikan motivasi. “Yang terpenting dalam mengikuti lomba, anak-anak dapat membuka wawasan dan menambah wawasan yang lebih,”ucapnya.

Untuk memberikan dukungan dan motivasi, pihak sekolah berupaya meningkat SDM pelajar, seperti workshop termasuk pelatihan jurnalistik dalam mengelola sebuah majalah sekolah.

 

IMAGE PTQ Nasional, Jihadul Akbar dan Anna Suksma Wakil Bali
Sabtu, 11 Mei 2019
    Sentralbali.com - Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali, di Pekan Tilawatil Qur’an dalam kegiatan sama tingkat nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 17 hingga 22 Mei 2019. Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali setelah juara... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin SDM Bali Siap Hadapi Persaingan Global
Sabtu, 04 Mei 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster membuka Seminar Internasional dengan tema Possibilities and Probabilities in Higher Education of Asia kerjasama antara Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dengan Grand Academic Portal (GAP) di Kampus UNHI, Denpasar, Jumat (3/5/2019). Dalam... Read More...
IMAGE Sekda Bali : UNBK Jumlah Sarana Komputer Tak Berimbang
Kamis, 04 April 2019
    Sentralbali.com - Sebanyak 29.683 siswa dari 178 SMA/ SMK Negeri dan Swasta se-Bali mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) sejak Senin (1/4/2019). Jumlah siswa masing-masing sekolah tidak berimbang dengan fasilitas komputer yang tersedia. Sehingga mengharuskan setiap... Read More...
IMAGE Ratusan Siswa SD Ikuti Festival Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sekitar 296 siswa SD se-Kabupaten Gianyar mengikuti Festival Nyurat Aksara Bali yang digelar di Balai Budaya Gianyar, Kamis (21/1/2019). Lomba dibuka oleh wakil Bupati Gianyar, A.A Gede Mayun ini berkaitan dengan  Bulan Bahasa Bali di Bulan Pebruari 2019.  ... Read More...
IMAGE Disdikpora Kota Denpasar Gelar Lomba Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sebanyak 425 siswa SD dan SMP di Kota Denpasar mengikuti lomba nyurat aksara Bali serangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar tahun 2019 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Kamis... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com