SMPN 3 Juarai Majalah Sekolah se-Bali

 

 redaksi matrik diapit guru pembina dan kepala SMPN 3 Negara    
SENTRALBALI/PRAM    
Pelajar yang terlibat dalam keredaksian Majalan matrik, diapit Kepala SMPN 3 Negara, Ni Putu Medawati dan Ni Wayan Budiani, salah satu guru Pembina Majalah Matrik.

Sentralbali.com- Setelah sekian tahun mengelola Majalah Matrik yang digarap pelajar SMPN 3 Negara, akhirnya menuai hasil. Meski melalui perjuangan yang tak mudah, majalah hasil karyanya, berhasil menyabet juara pertama pada Kompetisi Majalah Sekolah ke-5 di tingkat Provinsi Bali.

Lomba yang digelar oleh Hindu Student Journalist Club tahun 2013 ini, menambah biodata dan pengalaman yang cukup besar. Atas kemenangan yang diraihnya ini, membuat seluruh siswa dan guru yang terlibat dalam keredaksian majalah Matrik, sangat berbangga.

Karena untuk meraih prestasi ini, harus berjuang untuk menampilkan isi dan tampilan majalah sekolah yang menarik. Majalah setebal 36 halaman ini, tercatat berdiri sejak tahun 2008 lalu dan terbit setiap enam bulan sekali.

I Komang Surya siswa kelas IX selaku pemimpin umum dalam majalah Matrik, mengatakan sebanyak 20 SMP se Bali yang mengikuti lomba majalah ini, dan yang lolos masuk final sebanyak 7 SMP.

“Kami bersama teman-teman di redaksi Matrik, berupaya keras agar mencapai hasil yang optimal dalam lomba majalah di Denpasar ini,” ujarnya, yang diwartakan, Senin (6/1/2014).

Ni Wayan Budiani, salah satu guru Pembina Majalah Matrik mengaku seluruh siswa yang terlibat dikeredaksian diberikan kebebasan berkarya, namun tetap dalam kaedah-kaedah penulisan jurnalistik.

“Kami tetap memberikan kebebasan pada anak-anak, tetapi tidak melepas, termasuk dari pengambilan tema yang disuguhkan dalam majalah ini,”katanya yang menambahkan, dalam majalah edisi 09 ini, mengambil tema sentral terkait budaya dalam arti luas, termasuk pelestarian lingkungan hidup.

Atas keberhasilan ini, Kepala SMPN 3 Negara, Ni Putu Medawati merasa bersyukur setelah berhasil meraih juara pertama dalam lomba majalah tingkat Provinsi ini. Lomba semacam ini merupakan yang ketiga kalinya.

Meski sebelumnya sempat gagal, namun dirinya terus memberikan motivasi pada siswa siswi termasuk guru yang mendampingi untuk terus berpacu dan memberikan motivasi. “Yang terpenting dalam mengikuti lomba, anak-anak dapat membuka wawasan dan menambah wawasan yang lebih,”ucapnya.

Untuk memberikan dukungan dan motivasi, pihak sekolah berupaya meningkat SDM pelajar, seperti workshop termasuk pelatihan jurnalistik dalam mengelola sebuah majalah sekolah.

 

IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
IMAGE Kreatifitas Anak Rangkaian Bulfest
Jumat, 04 Agustus 2017
    Sentralbali.com –  Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan lomba kreatifitas anak, Kamis (3/8/2017), yang dirangkaikan dengan agenda Buleleng Festival (Bulfest). Lomba yang diselenggarakan di halaman Rumah Jabatan Bupati... Read More...
SmartNews.Com