Coki Sumbang Emas SEA Games Pemicu Semangat Atlet Lainnya

cok dan suwandi

 

 

Sentralbali.com  Karateka Bali peraih medali emas SEA Games 2017 di Malaysia, Cokorda Istri Agung Sanistyarani diyakini menjadi pemicu atlet Bali lainnya meraih prestasi. Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan itu saat menyambut kedatangan karateka yang akrab disapa Coki itu di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (29/8/2017).

Coki yang turun di nomor kumite -61 kg cabor karate SEA Games 2017 di Malaysia, menang 7-0 atas karateka Thailand, Arm Sukkiaw sehingga secara keseluruhan tim karate Indonesia meraih 3 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Meski telah membawa harum nama bangsa di kancah Asia Tenggara, namun Suwandi berpesan kepada Coki untuk tidak jumawah (sombong, red), tetap bersahaja, dan memahami bahwa di balik kesuksesan yang dia torehkan ada peran orang lain dan doa orangtua.

“Prestasi Coki patut kita apresiasi. Tapi yang lebih saya harapkan adalah muncul  nantinya atlet-atlet Bali lain berprestasi mengharumkan bangsa di tatanan asia tenggara. Coki jadi panutan dan bisa ditiru oleh atlet lainnya tidak saja cabang karate, tapi juga cabang olahraga lainnya,” ujar Suwandi.

Ditanya apa yang akan dilakukan KONI Bali ke depan agar Coki tidak hengkang ke daerah lain, Suwandi mengatakan Bali tidak boleh kehilangan atlet-atlet potensialnya, termasuk Coki. Dia tidak menampik bahwa jelang PON XX di Papua, tidak menutup kemungkinan provinsi lain mengincarnya.

“Primada yang kami bentuk yang menghuni atlet-atlet berprestasi Bali berada di dalamnya, harus tetap eksis, karena salah satu cara mengikat atlet supaya tidak hengkang, karena dari sisi kebutuhan selama atlet tersebut berlatih, kami support,” ujar Suwandi yang menambahkan peluang henggang dari Bali sangat kecil mengingat Coki tercatat sebagai pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali.

Selain Primada yang memberikan tunjangan finansial kepada atlet, cara lain supaya atlet andalan Bali tidak “beralih ke lain hati”, kata Suwandi yakni melalui KTA atau KONI Bali Card. Karena dengan mengantongi KTA, maka atlet tersebut sah milik Bali.

"Terkait bonus untuk Cok pasti ada, hanya besarnya saya belum tahu. Bonus itu juga salah satu bentuk perhatian Pemprov Bali terhadap atletnya yang berprestasi," jelasnya.

 

IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
IMAGE Kreatifitas Anak Rangkaian Bulfest
Jumat, 04 Agustus 2017
    Sentralbali.com –  Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan lomba kreatifitas anak, Kamis (3/8/2017), yang dirangkaikan dengan agenda Buleleng Festival (Bulfest). Lomba yang diselenggarakan di halaman Rumah Jabatan Bupati... Read More...
SmartNews.Com