Bunda PAUD Dorong Pendidikan Karakter

ny paud bll

 

 

Sentralbali.com - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan kebutuhan bagi anak-anak usia 0-6 tahun. Anak-anak yang termasuk dalam golden period (periode emas) itu lebih banyak memperoleh pendidikan karakter. Untuk itu perlu adannya pendidikan karakter yang berkualitas demi terwujudnya generasi yang cerdas sekaligus berkepribadian baik.

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana dalam program Dialog Pagi pada salah satu stasiun radio kesayangan masyarakat Singraja, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, anak-anak yang masuk dalam golden period tersebut memiliki daya tangkap yang sangat besar. Sehingga dengan demikian harus diberikan asupan prilaku hanya yang baik-baik saja.

“Mereka akan menyimpan itu (perilaku baik) dalam otaknya, sehingga nantinya mereka akan tumbuh menjadi anak yang baik juga. Sekaranglah saatnya kita memberikan pendidikan karakter melalui PAUD-PAUD yang ada di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Dilihat dari angka Partisipasi Kasar (APK) saat ini sudah meningkat, sekarang angkanya sudah mencapai 75,09% dari yang sebelumnya di tahun 2012 berada pada angka 65%. Sehingga untuk melakukan pengalihan status menjadi negeri, Tim dari Bunda PAUD tentu akan melaksanakan pengkajian-pengkajian.

Adapun langkah awalnya yaitu dengan menyarankan kepada PAUD-PAUD yang di desa untuk menyerahkan asetnya kepada pemerintah.

“Namun, perlu diketahui sampai saat ini telah ada 25 TK negeri dan 1 kecamatan yang belum berubah statusnya menjadi negeri yaitu kecamatan Sawan yang dikarenkan belum menyerahkan asetnya tersebut”, tambahnya.

Sementara itu ketika ditanya terkait metode pembelajaran yang diberikan, Ny. Aries menjelaskan bahwa untuk saat ini PAUD memilik metode pembelajaran yang menekankan pada permainan, dan telah didukung dengan beberapa alat penunjang.

“Seperti halnya Alat Permainan Edukatif (APE), ada permainan puzzle, dan ada  juga  alat-alat yang dapat melatih motorik kasar anak-anak seperti  ayunan, jungkat-jungkit dan lainnya”, pungkasnya.(hms/nox)

 

IMAGE PERADI Semakin Dipercaya
Selasa, 03 September 2019
      7.785 Peserta Ikuti Ujian Profesi Advokat Sentralbali.com – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) secara serentak menyelenggarakan Ujian Profesi Advokat Tahun 2019 di 39 kota seluruh Indonesia.  Untuk di Denpasar dilaksanakan di Hotel Santi akhir bulan Agustus 2019... Read More...
IMAGE Gubernur Koster: Generasi Muda Harus Paham Sejarah Bangsa
Kamis, 13 Juni 2019
    Sentralbali.com -  Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan, generasi muda khususnya di Bali harus paham dengan sejarah bangsa. “Jangan meninggalkan sejarah. Generasi terkini harus tahu siapa pahlawan bangsa, siapa proklamator kemerdekaan Republik Indonesia,”tegas... Read More...
IMAGE RRI Denpasar dan Kemkominfo Galang Persatuan di Kalangan Generasi Muda
Rabu, 29 Mei 2019
    Sentralbali.com -   Sebagai generasi penerus, generasi muda mempunyai peranan super penting membangun semangat persatuan pasca pemilu 2019. Dua hal penting yang perlu dilakukan oleh generasi muda, menghembuskan hal positif dan generasi muda menjadi pertahanan dalam arti... Read More...
IMAGE PTQ Nasional, Jihadul Akbar dan Anna Suksma Wakil Bali
Sabtu, 11 Mei 2019
    Sentralbali.com - Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali, di Pekan Tilawatil Qur’an dalam kegiatan sama tingkat nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 17 hingga 22 Mei 2019. Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali setelah juara... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin SDM Bali Siap Hadapi Persaingan Global
Sabtu, 04 Mei 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster membuka Seminar Internasional dengan tema Possibilities and Probabilities in Higher Education of Asia kerjasama antara Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dengan Grand Academic Portal (GAP) di Kampus UNHI, Denpasar, Jumat (3/5/2019). Dalam... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com