Wartawan Diminta Jadi Terdepan Gelorakan Literasi Media

pel jur


Sentralbali.com Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos) provinsi Bali,  Ir.  I Nyoman Sujaya mengajak wartawan menjadi yang terdepan secara aktif mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi melalui kegiatan-kegiatan Literasi Media.

Literasi Media yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media. Literasi media merupakan seperangkat perspektif yang digunakan secara aktif saat mengakses media masa untuk menginterpretasikan pesan yang di hadapi.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfos Provinsi Bali dalam acara Safari Jurnalistik PWI Pusat, PWI Bali dan pihak sponsor Astra Internasional, Jumat, (16/11/2018) di aula pertemuan Kantor Diskominfos Bali,  Renon Denpasar.

"Pesatnya teknologi informasi disamping memberikan kemudahan juga memberi dampak semakin sempitnya ruang publik yang ada dan mudah terjadinya gesekan di tingkat akar rumput yang bisa memicu konflik sosial. Apalagi sekarang ini maraknya informasi yang tidak jelas (hoax) tuntutan bagi para jurnalis bisa memberikan literasi media kepada masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial, ' pinta Kadis Kominfos Bali Nyoman Sujaya.

Sebelumnya,  Kadis Kominfos Sujaya juga menyatakan siap memfasilitasi kegiatan PWI Bali dalam membangun kesadaran masyarakat tentang penggunaan teknologi informasi, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi wartawan. "Tahun 2019 nanti kami sudah siap memfasilitasi Uji Kompetensi Wartawan. Kami biayai demi kepentingan peningkatan kompetensi wartawan,” katanya. 

Adapun para nara sumber dari PWI Pusat adalah,  Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat,  Hendro Basuki, anggota Dewan Pers Hendri CH Bangun, pakar liputan investigasi, Marah Sakti Siregar dan pakar Kode Etik,  Widodo Atmo Wiyoto. 
Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra mengungkapkan,  di Bali saat ini cukup banyak media online berkembang. Namun secara mayoritas kata dia,  masih banyak media online yang belum sepenuhnya memenuhi ketentuan pendirian media online sesuai aturan Dewan Pers.

Sementara Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat,  Hendro Basuki menegaskan,  program safari jurnalistik adalah momentum untuk memperbaharui pengetahuan dan wawasan wartawan menyangkut profesinya dan seluruh regulasi yang terkait dengan profesi sebagai wartawan.

“Kami mengajak teman-teman wartawan untuk tidak pernah berhenti mengisi diri dengan pengetahuan dan wawasan,  sehingga informasi yang dilahirkan adalah informasi yang bernilai edukasi positif bagi masyarakat,”pintanya.(tya/nox)

 

IMAGE Wartawan Diminta Jadi Terdepan Gelorakan Literasi Media
Minggu, 18 November 2018
Sentralbali.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos) provinsi Bali,  Ir.  I Nyoman Sujaya mengajak wartawan menjadi yang terdepan secara aktif mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi melalui kegiatan-kegiatan Literasi Media. ... Read More...
IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
SmartNews.Com