Perpustakaan Pelangi Desa Patas Waklil Bali di Nasional

wgub bll kiri

 

 

Sentralbali.com Kabupaten Buleleng melalui Perpustakaan Pelangi, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak mewakili Bali dalam ajang Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Nasional. Tim Penilai dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Syamsul Bahri melakukan penilaian ke Perpustakaan Pelangi, Rabu (19/7/2017).

Hadir pula pada penilaian ini, Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Ditemui usai penilaian, Syamsul Bahri menjelaskan tujuan tim penilai ke Perpustakaan Pelangi adalah untuk melihat dan membandingkan data tertulis yang dikirim Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali dengan bukti fisik yang sebenarnya. Sebelumnya, dari dukungan dokumen yang dikirim tersebut, tim penilai memberikan skor sehingga Perpustakaan Pelangi masuk dalam lima besar. “Kami datang untuk membandingkan apa yang tertulis di dokumen dengan kenyataan fisik yang ada,” jelasnya.

Perpustakaan merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan membaca kepada masyarakat. Diharapkan perpustakaan mampu membuat masyarakat menambah wawasannya melalui membaca. Perpustakaan diperlukan karena pendidikan formal tidak cukup untuk belajar. Oleh karena itu, Perpustakaan juga diharapkan mampu berperan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat.

“Jadi tidak ada istilah masyarakat tidak mengerti karena tidak mendapat kesempatan belajar. Perpustakaan diharapkan mampu menjadi sarana pembelajaran sepanjang hayat,” ujar Syamsul Bahri.

Menurut Syamsul, lomba tidak serta merta selesai, selanjutnya ada presentasi dari pengelola perpustakaan di depan tim penilai yang bertempat di Jakarta. Dalam presentasi tersebut nantinya dilihat bagaimana kepemimpinan pengelola perpustakaan dalam mengelola asset dan buku untuk peningkatan SDM masyarakat.

“Yang paling penting adalah setelah presentasi dan penentuan juara. Menjadi penting karena bagaimana kepala desa mempertahankan apa yang sudah diperoleh,” katanya.

Sementara itu, Wabup Sutjidra menyatakan dukungan penuh khususnya dari Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam lomba perpustakaan umum di desa hingga presentasi ke pemerintah pusat. Dukungan tersebut berupa sarana prasarana dan juga kesiapan mental pengelola dalam presentasi.

Dukungan ini diberikan karena karena Perpustakaan Pelangi di Desa Patas sudah dinilai baik. Selain itu, antusiasme dan dari masyarakat ataupun Pemkab Buleleng sudah sangat luar biasa. “Urusan perpustakaan saat ini menjadi urusan wajib Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk mendukung secara penuh,” ungkapnya.

“Tim Penilai mengatakan sesuai dengan hasil penelitian di AS, setahun anak-anak disana membaca 24 judul buku. Sedangkan, tim penilai menanyakan kepada anak-anak di sini mereka membaca tiga judul buku seminggu. Ini sangat luar biasa,” tutupnya.

 

IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
IMAGE Kreatifitas Anak Rangkaian Bulfest
Jumat, 04 Agustus 2017
    Sentralbali.com –  Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan lomba kreatifitas anak, Kamis (3/8/2017), yang dirangkaikan dengan agenda Buleleng Festival (Bulfest). Lomba yang diselenggarakan di halaman Rumah Jabatan Bupati... Read More...
SmartNews.Com