Luh Suryani: Jangan Kekang Anak dalam Mengadopsi Iptek

 

 luh suryani
 President C.A.S.A, Prof.Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatrist) (kiri), Sujaedi dan Euis M. Mardiana, pada Dialog Interaktif  RRI Denpasar, Pkl. 13.00 Wita selama satu jam, Kamis (31/10/2013).
 

 

Sentralbali.com Era digital dibarengi dengan menjamurnya pilihan perangkat, tak bisa dibatasi dengan bentuk dan cara apapun. Pembatasan aktivitas kepada anak dalam mengakses teknologi, justru menjadi bumerang.

Demikian ditegaskan Presiden CASA (Committee Against Sexual Abuse) atau Komite Terhadap Pelecehan Seksual, Prof. Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatris), pada Dialog 1 jam bersama RRI Denpasar, Kamis (31/10/2013), dengan topic Kekerasan Seksual Kepada Anak.

Orang tua yang selama ini membatasi putra-putrinya perlu dirubah polanya, jangan dimanfaatkan teknologi, tapi sebaliknya memanfaatkan kemajuan teknologi. “Saya tekankan jangan membatasi anak dalam mengakses teknologi, tapi akan lebih baik melakukan pendampingan kepada putra-putri dibarengi dengan komunikasi positif, biar mereka bisa menentukan sikap atas apa yang dilihatnya,”kata LK. Suryani.

Dijelaskan, jika orang tua membatasi anak di era sekarang ini, imbasnya tidak baik. Sang anak justru akan mencari tahu apa dibalik larangan itu. Pendampingan dan komunikasi yang rutin supaya dibangun.

“Komunikasi orangtua dengan anak jangan sampai terputus. Sesibuk apapun, orang tua harus menyempatkan komunikasi tatap muka, dan bila dalam kondisi tak mungkin bertemu bisa memanfaatkan teknologi terkini seperti handphone,”ujarnya.

Paparan Luh Suryani tersebut salah satu jawaban dari pendengar, yang mengutarakan jarang komunikasi sama anak, tapi sang anak selalu komunikasi jika dalam batas kepentingan uang saku.

Luh Suryani yang getol terhadap pendampingi anak korban pelecehan seksual, membeberkan jika dirinya selalu terbuka kepada siapa pun untuk mencari solusi terbaik, bagi mereka yang sudah terlancur menjadi kurban, atau upaya pencegahan dini.

“Kami sekarang sedang melakukan pendampingi kepada anak korban seksual yang berlanjut pada pemerasan. Si korban diancam foto-foto suurnya akan diberikan kepada orang tua, karena takut si korban selalu memberikan uang setiap diminta oleh pemeras (mantan pacar).

IMAGE Ratusan Siswa SD Ikuti Festival Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sekitar 296 siswa SD se-Kabupaten Gianyar mengikuti Festival Nyurat Aksara Bali yang digelar di Balai Budaya Gianyar, Kamis (21/1/2019). Lomba dibuka oleh wakil Bupati Gianyar, A.A Gede Mayun ini berkaitan dengan  Bulan Bahasa Bali di Bulan Pebruari 2019.  ... Read More...
IMAGE Disdikpora Kota Denpasar Gelar Lomba Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sebanyak 425 siswa SD dan SMP di Kota Denpasar mengikuti lomba nyurat aksara Bali serangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar tahun 2019 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Kamis... Read More...
IMAGE Bali Membangun SDM Cerdas Melalui Lomba IT
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Dinas Komunikasi Informastika dan Statistik (Diskominfos) Bali untuk kali pertama akan mengadakan lomba teknologi yang akan disosislisasikan 14 Juli mendatang dan penilaian 31 Juli 2019,  sedangkan presentasi 8 Agustus 2019. Lomba ini mengusung tema menguatkan... Read More...
IMAGE Miss Pure Internasional 2018 di Bali
Rabu, 20 Februari 2019
  Sentralbali.com - Miss Pure Internasional 2018 Rosemarry Iloyd menemui Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (19/2/2019). Dalam pertemuan tersebut ia mengungkap ketertarikannya akan program pemerintah Bali dalam upaya... Read More...
IMAGE Disbud Denpasar Lestarikan Lontar dengan Sistem Digitalisasi
Senin, 18 Februari 2019
      Sentralbali.com - Sebagai kota berwawasan budaya, beragam upaya terus digencarkan guna mendukung pelestarian dan pengembangan seni, budaya, tradisi serta kearifan lokal di Kota Denpasar. Kali ini, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan dengan menggandeng Digital Repository Of... Read More...
SmartNews.Com