Luh Suryani: Jangan Kekang Anak dalam Mengadopsi Iptek

 

 luh suryani
 President C.A.S.A, Prof.Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatrist) (kiri), Sujaedi dan Euis M. Mardiana, pada Dialog Interaktif  RRI Denpasar, Pkl. 13.00 Wita selama satu jam, Kamis (31/10/2013).
 

 

Sentralbali.com Era digital dibarengi dengan menjamurnya pilihan perangkat, tak bisa dibatasi dengan bentuk dan cara apapun. Pembatasan aktivitas kepada anak dalam mengakses teknologi, justru menjadi bumerang.

Demikian ditegaskan Presiden CASA (Committee Against Sexual Abuse) atau Komite Terhadap Pelecehan Seksual, Prof. Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatris), pada Dialog 1 jam bersama RRI Denpasar, Kamis (31/10/2013), dengan topic Kekerasan Seksual Kepada Anak.

Orang tua yang selama ini membatasi putra-putrinya perlu dirubah polanya, jangan dimanfaatkan teknologi, tapi sebaliknya memanfaatkan kemajuan teknologi. “Saya tekankan jangan membatasi anak dalam mengakses teknologi, tapi akan lebih baik melakukan pendampingan kepada putra-putri dibarengi dengan komunikasi positif, biar mereka bisa menentukan sikap atas apa yang dilihatnya,”kata LK. Suryani.

Dijelaskan, jika orang tua membatasi anak di era sekarang ini, imbasnya tidak baik. Sang anak justru akan mencari tahu apa dibalik larangan itu. Pendampingan dan komunikasi yang rutin supaya dibangun.

“Komunikasi orangtua dengan anak jangan sampai terputus. Sesibuk apapun, orang tua harus menyempatkan komunikasi tatap muka, dan bila dalam kondisi tak mungkin bertemu bisa memanfaatkan teknologi terkini seperti handphone,”ujarnya.

Paparan Luh Suryani tersebut salah satu jawaban dari pendengar, yang mengutarakan jarang komunikasi sama anak, tapi sang anak selalu komunikasi jika dalam batas kepentingan uang saku.

Luh Suryani yang getol terhadap pendampingi anak korban pelecehan seksual, membeberkan jika dirinya selalu terbuka kepada siapa pun untuk mencari solusi terbaik, bagi mereka yang sudah terlancur menjadi kurban, atau upaya pencegahan dini.

“Kami sekarang sedang melakukan pendampingi kepada anak korban seksual yang berlanjut pada pemerasan. Si korban diancam foto-foto suurnya akan diberikan kepada orang tua, karena takut si korban selalu memberikan uang setiap diminta oleh pemeras (mantan pacar).

IMAGE Gubernur Koster: Generasi Muda Harus Paham Sejarah Bangsa
Kamis, 13 Juni 2019
    Sentralbali.com -  Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan, generasi muda khususnya di Bali harus paham dengan sejarah bangsa. “Jangan meninggalkan sejarah. Generasi terkini harus tahu siapa pahlawan bangsa, siapa proklamator kemerdekaan Republik Indonesia,”tegas... Read More...
IMAGE RRI Denpasar dan Kemkominfo Galang Persatuan di Kalangan Generasi Muda
Rabu, 29 Mei 2019
    Sentralbali.com -   Sebagai generasi penerus, generasi muda mempunyai peranan super penting membangun semangat persatuan pasca pemilu 2019. Dua hal penting yang perlu dilakukan oleh generasi muda, menghembuskan hal positif dan generasi muda menjadi pertahanan dalam arti... Read More...
IMAGE PTQ Nasional, Jihadul Akbar dan Anna Suksma Wakil Bali
Sabtu, 11 Mei 2019
    Sentralbali.com - Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali, di Pekan Tilawatil Qur’an dalam kegiatan sama tingkat nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 17 hingga 22 Mei 2019. Jihadul Akbar dan Anna Suksma Mutia berhak mewakili Bali setelah juara... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Ingin SDM Bali Siap Hadapi Persaingan Global
Sabtu, 04 Mei 2019
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster membuka Seminar Internasional dengan tema Possibilities and Probabilities in Higher Education of Asia kerjasama antara Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dengan Grand Academic Portal (GAP) di Kampus UNHI, Denpasar, Jumat (3/5/2019). Dalam... Read More...
IMAGE Sekda Bali : UNBK Jumlah Sarana Komputer Tak Berimbang
Kamis, 04 April 2019
    Sentralbali.com - Sebanyak 29.683 siswa dari 178 SMA/ SMK Negeri dan Swasta se-Bali mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) sejak Senin (1/4/2019). Jumlah siswa masing-masing sekolah tidak berimbang dengan fasilitas komputer yang tersedia. Sehingga mengharuskan setiap... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com