Luh Suryani: Jangan Kekang Anak dalam Mengadopsi Iptek

 

 luh suryani
 President C.A.S.A, Prof.Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatrist) (kiri), Sujaedi dan Euis M. Mardiana, pada Dialog Interaktif  RRI Denpasar, Pkl. 13.00 Wita selama satu jam, Kamis (31/10/2013).
 

 

Sentralbali.com Era digital dibarengi dengan menjamurnya pilihan perangkat, tak bisa dibatasi dengan bentuk dan cara apapun. Pembatasan aktivitas kepada anak dalam mengakses teknologi, justru menjadi bumerang.

Demikian ditegaskan Presiden CASA (Committee Against Sexual Abuse) atau Komite Terhadap Pelecehan Seksual, Prof. Dr. Luh Ketut Suryani (Psychiatris), pada Dialog 1 jam bersama RRI Denpasar, Kamis (31/10/2013), dengan topic Kekerasan Seksual Kepada Anak.

Orang tua yang selama ini membatasi putra-putrinya perlu dirubah polanya, jangan dimanfaatkan teknologi, tapi sebaliknya memanfaatkan kemajuan teknologi. “Saya tekankan jangan membatasi anak dalam mengakses teknologi, tapi akan lebih baik melakukan pendampingan kepada putra-putri dibarengi dengan komunikasi positif, biar mereka bisa menentukan sikap atas apa yang dilihatnya,”kata LK. Suryani.

Dijelaskan, jika orang tua membatasi anak di era sekarang ini, imbasnya tidak baik. Sang anak justru akan mencari tahu apa dibalik larangan itu. Pendampingan dan komunikasi yang rutin supaya dibangun.

“Komunikasi orangtua dengan anak jangan sampai terputus. Sesibuk apapun, orang tua harus menyempatkan komunikasi tatap muka, dan bila dalam kondisi tak mungkin bertemu bisa memanfaatkan teknologi terkini seperti handphone,”ujarnya.

Paparan Luh Suryani tersebut salah satu jawaban dari pendengar, yang mengutarakan jarang komunikasi sama anak, tapi sang anak selalu komunikasi jika dalam batas kepentingan uang saku.

Luh Suryani yang getol terhadap pendampingi anak korban pelecehan seksual, membeberkan jika dirinya selalu terbuka kepada siapa pun untuk mencari solusi terbaik, bagi mereka yang sudah terlancur menjadi kurban, atau upaya pencegahan dini.

“Kami sekarang sedang melakukan pendampingi kepada anak korban seksual yang berlanjut pada pemerasan. Si korban diancam foto-foto suurnya akan diberikan kepada orang tua, karena takut si korban selalu memberikan uang setiap diminta oleh pemeras (mantan pacar).

IMAGE Wartawan Diminta Jadi Terdepan Gelorakan Literasi Media
Minggu, 18 November 2018
Sentralbali.com – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos) provinsi Bali,  Ir.  I Nyoman Sujaya mengajak wartawan menjadi yang terdepan secara aktif mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan teknologi informasi melalui kegiatan-kegiatan Literasi Media. ... Read More...
IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
SmartNews.Com