Disbudpar Buleleng Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu

pelatihan

 

Sentralbali.com-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu. Pelatihan ini dibuka oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Hotel Banyualit, Selasa (16/2/2016).

Pelatihan Pemandu wisata terpadu ini diikuti oleh 40 pemandu wisata, berasal dari sepuluh desa wisata dan para pemandu wisata lokal yang ada di Buleleng. Mereka akan diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar pengetahuan, wawasan, teknik-teknik kepemanduan serta etika profesi pemandu wisata. Mereka dipandu oleh narasumber berasal dari  unsur pemerintah, praktisi pariwisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan para akademisi.

Bupati Agus Suradnyana mengungkapkan untuk menata pariwisata di Kabupaten Buleleng dimulai dari internal dulu dengan membangun infrastruktur untuk koneksitas antar desa dengan baik, dan pembangunan infrastruktur di Buleleng sudah dilakukan.

Selain pariwisata berkembang di beberapa destinasi, juga berkembang Community Based Tourism. “Banyak tamu-tamu menginap di beberapa desa dan mengembangkan desa-desa yang belum berkembang. Untuk desa-desa yang sudah berkembang bisa memberikan vibrasi kepada desa yang belum berkembang disekitarnya terutama masalah aksesibilitas,” ungkap Bupati yang akrab disapa PAS ini.

Bupati PAS juga menambahkan ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dalam diri pemandu wisata di Buleleng, diantaranya etika lalu bisa memberikan penjelasan yang benar tentang destinasi-destinasi pariwisata yang ada di Buleleng.

“Kadang-kadang pemandu wisata ini ngawur dalam memberikan penjelasan seperti tentang heritage beserta tokoh-tokoh yang ada di dalamnya,” imbuhnya.

pelatihan1

 

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd menjelaskan dengan adanya MEA ini, semua profesi harus terstandar. Oleh karena itu, kompetensi pemandu wisata harus ditingkatkan. Salah satu upaya meningkatkan kompetensi tersebut agar bisa memenuhi syarat sertifikasi kompetensi.

“Dalam kompetensi ini, etika atau attitude harus diperhatikan karena etika tersebut merupakan suatu pencitraan dari suatu daerah,” jelas mantan Kepala Bappeda Buleleng ini.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati PAS memberikan hadiah kepada dua peserta yang beruntung dalam pengundian untuk diajak ke Eropa untuk promosi pariwasata akhir tahun 2016. Dua peserta beruntung tersebut merupakan pemandu wisata dari Lovina dan Pejarakan. Kedua orang tersebut dicoba di depan para peserta untuk menjelaskan destinasi pariwisata di Buleleng. Menurut Bupati PAS, keduanya harus dibina dulu terutama dalam hal penguasaan Bahasa Inggris.  

 

IMAGE Bina Vokalia Bali Diundang Pentas di Jepang
Jumat, 06 Juli 2018
Sentralbali.com – Bina Vokalia Bali (BVB) mendapat kehormatan untuk tampil pada pentas Paduan Suara dalam acara Festival Indonesia atau Malam Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indoneisa – Jepang yang diselenggarakan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, Jepang. Dalam acara yang digelar di... Read More...
IMAGE Lomba Fashion Show PAUD Meriahkan BEE III
Rabu, 13 Juni 2018
    Sentralbali.com – Serangkaian Buleleng Education Expo III Tahun 2018, Sebanyak 50 Peserta dari Anak Usia Dini menunjukkan kebolehannya lewat Lomba Fashion Show Pakaian Adat Ke pura, Selasa ( 12/6/2018) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Lomba Fashion show Anak Usia Dini... Read More...
IMAGE Dari Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja
Minggu, 13 Mei 2018
  Guru Berharap Bali Bisa Terapkan Satu Kurikulum Mulai Tahun Depan   Sentralbali.com – Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja pada hari Minggu (13/5/2018) menjadi tempat beberapa warga masyarakat seperti guru, mahasiswa dan warga lainnya untuk menyampaikan aspirasinya tentang berbagai... Read More...
IMAGE Puluhan Anak Usia Dini Perankan Pahlawan Nasional
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Sedikitnya 25 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak Kanak (TK) maupun Kelompok Bermain (KB), unjuk kebolehan berperan sebagai pahlawan nasional, di atas panggung. Meskipun ada yang masih, kurang berani naik ke pangggung, namun... Read More...
IMAGE Kreatifitas Anak Rangkaian Bulfest
Jumat, 04 Agustus 2017
    Sentralbali.com –  Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan lomba kreatifitas anak, Kamis (3/8/2017), yang dirangkaikan dengan agenda Buleleng Festival (Bulfest). Lomba yang diselenggarakan di halaman Rumah Jabatan Bupati... Read More...
SmartNews.Com