Baru 70 Persen Sekolah Bersertifikasi ISO

berita 236537 800x600 IMG 20160112 094233

 

 

Sentralbali.com-Tim Asesor dari United Registrar of System (URS), Yeny Yusanty mengakui, International Organization for Standardization (ISO) salah satu media bagi sekolah untuk mengetahui standar pelayanan. Karena dalam penilaian, mutu pelayanan menjadi yang utama, didukung penerapan pola administrasi yang terintegrasi disetiap institusi.

Hal itu disampaikan Yehni Yusanty saat berkunjung ke SMK PGRI 3 Denpasar, diterima Kepala I Nengah Madiadnyana, Selasa (12/1/2016).

“Sekolah kan juga melayani murid, orang tua siswa dan stakeholder. Pelayanan kepada mereka itu yang kita nilai,” ujarnya.

Berbicara sertifikasi ISO, Yeni Yusanty mengatakan, sampai saat ini baru 70 persen sekolah di Indonesia yang melakukan hal itu. Pihaknya mensinyalir, kondisi tersebut disebabkan oleh letak geografis dan perbedaan pola pikir. Tujuh puluh persen sekolah yang telah mengantongi ISO yang akan diaudit secara berkala atau diperbaharui 3 tahun sekali itu, berlokasi di kota-kota besar, semisal DKI Jakarta, Surabaya, Makasar dan Denpasar.

“Kalau sekolah dipedesaan ataupun wilayah pelosok lebih mementingkan penyediaan sarana prasarana serta tenaga pengajar. Jadi mereka belum menganggap sertifikat ISO sebagai hal yang penting,” papar Yeny Yusanty.

n.Madiadnyana

 

 

Sementara itu, Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, I Nengah Madiadnyana ketika menerima tim asesor dari United Registrar of System (URS), menjelaskan pihak sekolah, lembaga dan badan lainnya akan lebih mudah mengontrol administrasi jika telah mengantongi ISO.

Madiadnyana mengakui, dulunya ada bantuan khusus dari pemerintah bagi sekolah yang sudah mengantongi ISO, akan tetapi saat ini kebijakan tersebut telah dihapus. Oleh karena itu, ia tidak memungkiri, saat ini banyak sekolah yang sebelumnya berlomba-lomba melakukan audit ISO, mundur perlahan karena tidak ada umpan balik yang signifikan dari pemerintah.

“Dulu ada bantuan pemerintah bagi sekolah yang ber-ISO. Sekarang bantuan itu sudah dihapus. Jadi saat ini banyak sekolah yang mundur perlahan dari proses ISO,’ kata Madiadnyana.

Kemauan dan kemampuan dari masing-masing sekolah menurutnya menjadi kata kunci, karena untuk proses audit ISO, setiap sekolah memerlukan biaya yang tidak sedikit. “SMK PGRI 3 Denpasar, tetap komitmen menjaga kualitas salah satunya mengantongi ISO,” tegasnya.

 

IMAGE Sekda Bali : UNBK Jumlah Sarana Komputer Tak Berimbang
Kamis, 04 April 2019
    Sentralbali.com - Sebanyak 29.683 siswa dari 178 SMA/ SMK Negeri dan Swasta se-Bali mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) sejak Senin (1/4/2019). Jumlah siswa masing-masing sekolah tidak berimbang dengan fasilitas komputer yang tersedia. Sehingga mengharuskan setiap... Read More...
IMAGE Ratusan Siswa SD Ikuti Festival Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sekitar 296 siswa SD se-Kabupaten Gianyar mengikuti Festival Nyurat Aksara Bali yang digelar di Balai Budaya Gianyar, Kamis (21/1/2019). Lomba dibuka oleh wakil Bupati Gianyar, A.A Gede Mayun ini berkaitan dengan  Bulan Bahasa Bali di Bulan Pebruari 2019.  ... Read More...
IMAGE Disdikpora Kota Denpasar Gelar Lomba Nyurat Aksara Bali
Kamis, 21 Februari 2019
  Sentralbali.com - Sebanyak 425 siswa SD dan SMP di Kota Denpasar mengikuti lomba nyurat aksara Bali serangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar tahun 2019 yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar, Kamis... Read More...
IMAGE Bali Membangun SDM Cerdas Melalui Lomba IT
Rabu, 20 Februari 2019
    Sentralbali.com - Dinas Komunikasi Informastika dan Statistik (Diskominfos) Bali untuk kali pertama akan mengadakan lomba teknologi yang akan disosislisasikan 14 Juli mendatang dan penilaian 31 Juli 2019,  sedangkan presentasi 8 Agustus 2019. Lomba ini mengusung tema menguatkan... Read More...
IMAGE Miss Pure Internasional 2018 di Bali
Rabu, 20 Februari 2019
  Sentralbali.com - Miss Pure Internasional 2018 Rosemarry Iloyd menemui Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (19/2/2019). Dalam pertemuan tersebut ia mengungkap ketertarikannya akan program pemerintah Bali dalam upaya... Read More...
SmartNews.Com