Tak Terkalahkan, Djurabek Genggam Dua Mahkota Juara

 

 juara catur cepat1  
 Ketua Umum Pengprov Percasi Bali, Komang Sutrisna (kiri), bersama, Octo Dami , Djurabek,  dan Gerald Pramudya, juara 2, 1 dan 3 Catur Cepat, Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11 tahun 2013.   

 

Sentralbali.com-Djurabek Khamrakulov benar-benar teruji taksunya, dengan menggenggam dua gelar mahkota juara, Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11, yang berakhir, Sabtu (9/11/2013) di hotel Oranjje Denpasar.

Kendati dihadang sederet rival bergelar master dan seorang Grandmaster, pemain bergelar Master Internasional (MI) asal Uzbekistan ini, membawa pulang dua gelar, yakni catur standar atau klasik dan catur cepat 5 menit.

Lawan dibuat ciut dengan tampilan di catur standar, dari awal pemain berusia 25 tahun ini terus memimpin hingga klimaksnya event. Ia meraih 8 angka kemenangan dari 9 babak yang dipertandingan, artinya Djurabek hanya kehilangan 1 poin, itu pun dua kali bermain remis.

Di catur standart juara dua diraih MI. Tirto asal Kalimantan Timur dengan nilai 7,5, dan MN. Nelson Roganda (Riau) juara tiga. Sejatinya peluang Nelson untuk menggaet mahkota juara catur standar sangat terbuka dibanding pecatur lainnya, hanya saja dia tidak kuasa mengalahkan Djurabek pada babak sembilan.

Sedangkan pecatur semata wayang bergelar Grandmaster (GM) Ardiansyah asal Riau harus puas diperingkat 4. Pecatur gaek ini mengoleksi nilai 7.

Reputasi Djurabek di catur standar bukanlah suatu kebetulan, terbukti dirinya juga perkasa di catur cepat. Durasi 5 menit setiap babak yang dimainkan, membuat Djurabek lebih ganas, menyudahi perlawan rival-rivalnya. Itu diwujudkan dengan 6,5 angka kemenangan dari tujuh babak yang dimainkan. Pecatur Uzbekistan hanya kehilangan setengah poin atau sekali remis selebihnya sukses menaklukkan lawan.

Juara dua di catur cepat digenggam Masternasional (MN) Octo Dami dari Bali, dan pecatur non gelar asal Jawa Barat, Gerald Pramudya harus puas menempati juara tiga. “Harus peras otak untuk bisa mendampingi Djurabek naik podium di catur cepat,”ujar Octo Dami, yang juga pecatur PON Bali.

Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11, berlangsung 4 – 9 November 2013, ditutup ketua Majelis Jemaat GPIB Maranatha Denpasar, Pdt. Abraham Supriyono, S.Si.Teol. “Event ini salah satu sumbangsih kami jemaat GPIB untuk memajukan olahraga catur di Bali, dan komitmen ini terus berlanjut,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Percasi Bali, Komang Gde Sutrisna, menilai keterlibatkan pecatur luar negeri, pantas kiranya event ini sudah masuk takaran internasional. “Kualitasnya beda, keterlibatan pecatur MI dari luar negeri, plus pecatur Grandmaster dan sederet pecatur masternasional, memberi bobot event ini lebih baik dari sebelumnya,”kata Sutrisna.

Masih versi Sutrisna, event ini sangat memberi kontribusi Percasi Bali, memberi wadah mengukur diri, sehingga pecatur Bali lebih mawas dan cepat berbenah menuju kualitas. “Tentu pecatur Bali yang masul level atas atau sepuluh besar menjadi pertimbangan kami untuk masuk inventarisir calon pemain Pra-PON, “jelasnya.

IMAGE Hajar BPD 0-7, Humas Pemkot Denpasar Juara I
Sabtu, 16 Maret 2019
      Futsal Kemitraan HPN 2019 Sentralbali.com -  Tim Humas Pemkot Denpasar akhirnya tampil sebagai juara I,  Futsal Kemitraan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 berlangsung sehari di Futsal Meazza, Malboro Barat Denpasar, Jumat (15/3/2019). Tak... Read More...
IMAGE ILDI Pusat akan Gelar Seribu Dansa di GWK
Selasa, 12 Maret 2019
    Sentralbali.com - Ketua Umum ILDI (Ikatan Langkah Dansa Indonesia) dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Pusat akan menggelar event akbar dalam rangka memperkenalkan dan memasyarakatkan olahraga ini, 7 Agustus 2019 di GWK melibatkan seribu pedansa. Hal itu... Read More...
IMAGE Porprov Bali XIV : Jembrana Siapkan Bonus Emas Rp50 Juta
Selasa, 26 Februari 2019
    Sentralbali.com - Prestasi pada Porprov  Bali  belakangan diidentikan  dengan besarnya bonus. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jembrana akan membuktikan itu, apakah benar bonus besar mempengaruhi prestasi kontingen Jembrana pada Porprov  Bali XIV di... Read More...
IMAGE Porprov XIV : Berpeluang Melahirkan Juara Baru
Selasa, 26 Februari 2019
    Sentralbali.com - Rapat Anggota KONI Bali dengan bahasan pertanggungjawaban pengurus tahun 2019, Pra-PON dan Porprov  Bali berjalan dengan lancar. Kekhawatiran banyak pertanyaan menyangkut persiapan Porprov Bali di Tabanan ternyata berjalan cepat bahkan lebih singkat... Read More...
IMAGE Porprov Bali : PASI Bangli Membidik 6 Medali Emas
Selasa, 26 Februari 2019
Ketua Umum Pengprov PASI Bali Ida Bagus Dipta menyerahkan Pataka kepada Ketua Umum Pengkab PASI Bangli, Putu Astiti Saraswati, di Kintamani, Sabtu (23/2/2019).     Sentralbali.com - Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bali berharap kontribusi atlet prestasi... Read More...
IMAGE Teco : Leg Kedua Lebih Ringan Hadapi Persela
Kamis, 21 Februari 2019
    Sentralbali.com – Leg kedua Piala Indonesia, Jumat (22/2/2019) malam tepatnya pukul 20.00 Wita di Stadion Kapten Gianyar, diakui arsitek Bali United Stefano Cugurra Teco, merupakan perjuangan lebih ringan dibanding leg pertama bermain di Persela Lamongan. Kemenangan 1-0 saat... Read More...
IMAGE Porprov Bali, Empat Cabor Bertanding di Luar Tabanan
Rabu, 20 Februari 2019
  Sentralbali.com - Cabang olahraga Menembak dan Renang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV di Tabanan, dipastikan meminjam venue di Kabupaten Badung. Cabang olahraga renang berlangsung di kolam renang Blahkiuh sedangkan cabang menembak akan berlangsung di Sembung Kecamatan Mengwi. ... Read More...
SmartNews.Com