Tak Terkalahkan, Djurabek Genggam Dua Mahkota Juara

 

 juara catur cepat1  
 Ketua Umum Pengprov Percasi Bali, Komang Sutrisna (kiri), bersama, Octo Dami , Djurabek,  dan Gerald Pramudya, juara 2, 1 dan 3 Catur Cepat, Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11 tahun 2013.   

 

Sentralbali.com-Djurabek Khamrakulov benar-benar teruji taksunya, dengan menggenggam dua gelar mahkota juara, Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11, yang berakhir, Sabtu (9/11/2013) di hotel Oranjje Denpasar.

Kendati dihadang sederet rival bergelar master dan seorang Grandmaster, pemain bergelar Master Internasional (MI) asal Uzbekistan ini, membawa pulang dua gelar, yakni catur standar atau klasik dan catur cepat 5 menit.

Lawan dibuat ciut dengan tampilan di catur standar, dari awal pemain berusia 25 tahun ini terus memimpin hingga klimaksnya event. Ia meraih 8 angka kemenangan dari 9 babak yang dipertandingan, artinya Djurabek hanya kehilangan 1 poin, itu pun dua kali bermain remis.

Di catur standart juara dua diraih MI. Tirto asal Kalimantan Timur dengan nilai 7,5, dan MN. Nelson Roganda (Riau) juara tiga. Sejatinya peluang Nelson untuk menggaet mahkota juara catur standar sangat terbuka dibanding pecatur lainnya, hanya saja dia tidak kuasa mengalahkan Djurabek pada babak sembilan.

Sedangkan pecatur semata wayang bergelar Grandmaster (GM) Ardiansyah asal Riau harus puas diperingkat 4. Pecatur gaek ini mengoleksi nilai 7.

Reputasi Djurabek di catur standar bukanlah suatu kebetulan, terbukti dirinya juga perkasa di catur cepat. Durasi 5 menit setiap babak yang dimainkan, membuat Djurabek lebih ganas, menyudahi perlawan rival-rivalnya. Itu diwujudkan dengan 6,5 angka kemenangan dari tujuh babak yang dimainkan. Pecatur Uzbekistan hanya kehilangan setengah poin atau sekali remis selebihnya sukses menaklukkan lawan.

Juara dua di catur cepat digenggam Masternasional (MN) Octo Dami dari Bali, dan pecatur non gelar asal Jawa Barat, Gerald Pramudya harus puas menempati juara tiga. “Harus peras otak untuk bisa mendampingi Djurabek naik podium di catur cepat,”ujar Octo Dami, yang juga pecatur PON Bali.

Turnamen Catur Bali Open GPIB Maranatha Cup ke-11, berlangsung 4 – 9 November 2013, ditutup ketua Majelis Jemaat GPIB Maranatha Denpasar, Pdt. Abraham Supriyono, S.Si.Teol. “Event ini salah satu sumbangsih kami jemaat GPIB untuk memajukan olahraga catur di Bali, dan komitmen ini terus berlanjut,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Percasi Bali, Komang Gde Sutrisna, menilai keterlibatkan pecatur luar negeri, pantas kiranya event ini sudah masuk takaran internasional. “Kualitasnya beda, keterlibatan pecatur MI dari luar negeri, plus pecatur Grandmaster dan sederet pecatur masternasional, memberi bobot event ini lebih baik dari sebelumnya,”kata Sutrisna.

Masih versi Sutrisna, event ini sangat memberi kontribusi Percasi Bali, memberi wadah mengukur diri, sehingga pecatur Bali lebih mawas dan cepat berbenah menuju kualitas. “Tentu pecatur Bali yang masul level atas atau sepuluh besar menjadi pertimbangan kami untuk masuk inventarisir calon pemain Pra-PON, “jelasnya.

IMAGE Bali Juara Umum PORSENI Bank Mandiri Cabor Karate
Senin, 24 September 2018
      Sentralbali.com – Perwakilan Region XI Bali dan Nusra tampil sebagai juara umum PORSENI Bank Mandiri 2018 cabang olahraga Karate, 30 Agustus – 26 September 2018. Dengan mengandalkan 5 karateka beraksi di Jakarta, berhasil meraih 4 medali emas, 3 perak dan 1 medali... Read More...
IMAGE WCP Tak Mau Buang Kesempatan di Dipta
Senin, 24 September 2018
      Sentralbali.com – Bali United  akan mewujudkan tuntutan Semeton Dewata meraih kemenangan  saat menjamu  PS, TIRA pada lanjutan Liga 1  tahun  2018 di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Senin (24/9) malam. Bermain di markas sendiri menjadi keuntungan... Read More...
IMAGE Ketua Harian PCI Bali ‘Panas Dingin’
Kamis, 20 September 2018
      Disidang KONI Bali Soal 13 Atlet Criket ‘Kabur’ Sentralbali.com - Ketua Harian Pengprov Persatuan Criket Indonesia (PCI) Bali Made Erawan, Kamis (20/9/2018) harus menanggung beban sendiri menjelaskan kronologis atas ‘kaburnya’ 13 atlet di depan pengurus... Read More...
IMAGE FPTI Bali Boyong 13 Atlet ke Riau
Kamis, 20 September 2018
        Sentralbali.com - Tim Panjat Tebing Bali yang terdiri atas 13 atlet dan 7 official dilepas Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Ketut Suwandi menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kelompok Umur (KU) XIII FPTI 2018 Kamis, (20/9/2018). KONI Bali... Read More...
IMAGE Kebanggaan Bali Bagian Sejarah Asian Para Games 2018
Senin, 17 September 2018
        Siapkan Jalur Khusus PNS Bagi Atlet Prestasi Sentralbali.com- Gubernur Wayan Koster  mengaku bangga  karena  Bali menjadi titik pawai obor Asian Para Games 2018, Minggu (16/9/2018) di Denpasar. Petinggi Provinsi Bali itu menyatakan pawai obor Asian Para... Read More...
IMAGE 10 Atlet Difabel Bali Usung Merah Putih
Senin, 10 September 2018
      Asian Para Games 2018 di Jakarta Sentralbali.com -   Sepuluh atlet  Difabel Bali dipastikan membawa nama Indonesia di event Asian Para Games, 6 hingga 13 Oktober di  Jakarta, yang melibatkan utusan dari 41 negara. Ketua NPC Bali Nyoman Sumita... Read More...
IODI Bawa Pulang 2 Emas dan 2 Perak
Senin, 10 September 2018
Kejurnas Dansa di Medan Sumut Sentralbali.com -   Kualitas atlet Dansa semakin menjanjikan terutama untuk proyeksi kepingan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Kualitas atlet tersebut dibuktikan para atlet dansa pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dansa di Medan, 7... Read More...
SmartNews.Com