Gubernur Koster Apresiasi Kemajuan Atlet Xiangqi Bali

pexi hadap gubernur



 

 

Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi dan dukungan perkembangan cabang olahraga xiangqi (catur gajah) di Bali yang telah berhasil mengukir prestasi gemilang tingkat nasional.

Hal itu terungkap saat Gubernur Koster menerima audensi Pengprov Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi) Provinsi Bali di kediaman Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Kamis (18/7/2019).

"Selaku Pimpinan Daerah yang berkomitmen menjaga seni, budaya dan adat istiadat Bali melalui visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, saya pun mendukung permainan ini sebagai salah satu kebudayaan yang mewarnai keanekaragaman budaya Bali," ujar Gubernur Koster.

Berharap agar permainan tradisional asli Bali  yang mengandung unsur olahraga juga bisa berkembang seperti halnya xiangqi. Setidaknya lanjut dia, dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

"Melalui momen ini, saya juga berharap permainan tradisional juga dibantu dikembangkan. Jika bisa dimainkan di tingkat nasional, itu bagus sekali. Saya kira banyak sekali permainan tradisional yang mengandung unsur olahraga. Di samping sebagai bentuk pelestarian, ini juga bisa menjadi peluang baru daya tarik bagi sektor pariwisata,"terang Gubernur Koster.

Pada kesempatan itu, Ketua Pexi Bali Awaludin Ahai menyampaikan tujuannya beraudensi dengan Gubernur. Pihaknya bermaksud mengundang Gubernur Koster  pada acara Pelantikan Pengprov Pexi Bali.

Dengan kehadiran Gubernur selaku Pimpinan Kepala Daerah diharapkan dapat memompa semangat para atlet makin giat menggeluti olahraga ini untuk mencetak berbagai prestasi.

Òlahraga xiangqi yang termasuk permainan tradisional ini menurut Ahai telah diakui KONI Bali sejak tahun 2017.   Meski baru tiga tahun mendapat pengakuan, para atlet xiangqi Bali telah berhasil menorehkan berbagai prestasi gemilang.  

Puncaknya terjadi pada Kejurnas 2018 dengan berhasil menyapu bersih semua medali untuk kategori junior putra. Atas prestasi itu, sejumlah atlet Pexi Bali akan diikutsertakan pada kejuaraan dunia di Vietnam.

Sementara untuk kepengurusan, Pexi Bali telah memiliki kepengurusan di tingkat kabupaten/kota se-Bali.

Untuk diketahui, xiangqi merupakan permainan catur asal Tiongkok yang dimainkan oleh dua orang dan termasuk dalam permainan papan berstrategi sekelompok dengan catur, shogi dari Jepang, dan janggi dari Korea.

Arti kata xiangqi secara harfiah berarti adalah "catur gajah". Nama ini berasal dari salah satu buah catur yang dimainkan di atas permainan, yaitu buah xiang (gajah).

Ada sedikit keunikan dalam permainan ini adalah adanya bidak meriam, yang memiliki gerak mirip dengan bidak benteng, tetapi jika hendak menyerang bidak ini harus melompati satu bidak lain, baik bidak musuh maupun bidak kawan.(hbl/nox)

 

IMAGE KONI Gianyar Pasang Badan Soal Ekshibisi Cabor Kabaddi
Jumat, 27 November 2020
    Sentralbali.com - Petinggi KONI Gianyar Pande Purwata sangat merespon rencana Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PB.FOKSI) terlibat pada Pekan Olahraga Nasional, meskipun cabang olahraga Kabaddi hanya ekshibisi. Bila mengacu hasil Pekan Olahraga... Read More...
IMAGE RAT dan Musorkab akan Dihadiri Bupati Klungkung
Jumat, 27 November 2020
      RAT 17 Desember dan Musorkab KONI Klungkung 18 Desember 2020 Sentralbali.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klungkung memastikan agenda Rapat Anggota Tahunan dan Musyawarah Olahraga Kabupatan (Musorkab) pada tanggal 17 dan 18 Desember... Read More...
IMAGE Golf Tidak Beraksi di PON Papua
Minggu, 22 November 2020
        Perjuangan PB. PGI Sudah Mentok Sentralbali.com - Cabang golf dipastikan tidak dipertandingkan pada hajatan multi event olahraga di Papua tahun 2021 mendatang. Penegasan itu disampaikan Sekjen PB PGI Antony Chandra pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Persatuan... Read More...
IMAGE PEXI Bali Dapat Bantuan 100 Biji Xiangqi
Senin, 16 November 2020
    Aktivitas Catur Gajah Menggeliat   Sentralbali.com -  Pengrov Xiangqi Indonesia (PEXI) Bali, meski pandemi covid-19  program terus jalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, melakukan kombinasi aktivitas. Ketika  menerima sumbangan 100 biji Xiangqi dan... Read More...
IMAGE PJSI Bali Upaya Meningkatkan Kualitas Medali SEA Games
Sabtu, 10 Oktober 2020
        Target 6 Emas PON Papua Sentralbali.com – Meningkatkan kualitas stamina bagi 16 atlet terus dilakukan dimasa pandemi covid-19. Tidak ada kontak fisik, tapi guna menjabarkan salah satu teknik bantingan, tim pelatih PON Bali menggunakan alat peraga yang setiap... Read More...
IMAGE Evaluasi Puslag Cabor Songsong Bupati Cup 2021
Kamis, 03 September 2020
    Sentralbali.com -  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar  akan menjawab tantangan Bupati Gianyar, yakni prestasi lebih baik dibanding tahung-tahun sebelumnya. Sebelum dibuktikan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV/2022 di Badung, para atlet... Read More...
IMAGE Perkemi Bali Pertahankan Tertib Organisasi
Selasa, 01 September 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali mempertahankan tradisi tertib administrasi. Kurang dari 3 bulan pasca Musorprov tanggal 18 Juni 2020, Perkemi Bali telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Kepengurusan periode 2020-2024. SK Pengprov Perkemi... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com