KONI NTB Menjerit Soal Dana Pembinaan

seminar ketum koni bli jadi pembicara

 

 

 

 

KONI NTB Batasi Atlet Menuju Pra-PON

Sentralbali.com - Persiapan atlet NTB menghadapi Pra-PON tahun 2019 mengalami masalah  finansial, bahkan ada beberapa atlet tidak bisa ikut Pra-PON. Minimnya dukungan anggaran olahraga dari pemerintah provinsi  juga diakui oleh KONI dan Dispora NTB.

Kondisi tersebut mendapat perhatian serius dari Forum Wartawan Olahraga NTB, yang diangkat dalam Seminar Sehari untuk menemukan penyelesaian persoalan dana tersebut.

Seminar Olahraga yang berlangsung di  Same Hotel Mataram, Rabu (17/7/2019) mengangkat tema Peningkatan Kapasitas Pembinaan Olahraga, menghadirkan empat narasumber meliputi Kadispora NTB, Hj. Husnanidyati Nurdin, Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto, Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi dan Ketua KONI Kota Mataram, Mansur.

Ketua Panitia Seminar, Afandi dalam sambutannya mengatakan seminar olahraga merupakan yang pertama di gelar oleh pihaknya. Forum Wartawan olahraga sengaja senggelar seminar tersebut agar  peserta seminar yang berlatar belakang pengurus cabor, pelatih dan Mahasiswa dapat memahami konsep pembinaan olahraga yang benar. Khususnya proses pembinaan olahraga di NTB.

"Ini bentuk kepedulian kami terhadap nasib Olahraga di NTB saat ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadinato menjelaskan bahwa pembinaan olahraga dapat berjalan dengan  apabila didukung anggaran yang memadai. Ia menceritakan pengalaman KONI NTB meraih prestasi  di  PON Riau 2012 dan PON 2016 diakuinya tidak lepas dari dukungan anggaran relatif baik dari Pemprov NTB.

"PON 2012 merupakan puncak prestasi olahraga  NTB  mengingat sebelumnya NTB hanya meraih tiga emas, sementara di PON 2012 perolehan medali emas NTB meningkat menjadi 11 medali emas. Begitu juga raihan 11 medali emas di  PON Jabar 2016 juga tidak lepas dari proses latihan yang panjang dilaksanakan KONI bekerjasama dengan cabor"jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kadispora NTB, Hj. Husnanidyati bahwa pembinaan harus berjenjang, mulai dari tingkat usia dini, pelajar, mahasiswa dan umum harus dilaksanakan. Diakuinya pembinaan  olahraga di NTB sudah berjalan dengan baik. Hanya saja Pemprov NTB belum memiliki anggaran yang memadai untuk merealisasikan anggaran yang dibutuhkan oleh cabor dan KONI dalam mengahadapi Pra-PON tahun ini.

"Pemprov NTB sudah mendukung anggaran pembinaan olahraga di NTB. Hanya saja dukungan anggaran tahun ini menurun karena memang Pemprov NTB Kekurangan anggaran. Kami mengupayakan akan ada penambahan anggaran olahraga di akhir tahun nanti"ucapnya. 

Sementara itu Ketua KONI Bali, I Ketua Suwandi menjelaskan bahwa  pembinaan olahraga dapat berjalan dengan baik harus didukung anggaran yang memadai dari Pemprov, Sponsor, orang tua dan pihak yang berkaitan dengan pembinaan olahraga.

Menurutnya, untuk mendapatkan anggaran yang memadai semua unsur pembina olahraga harus sejalan. Terlebih lagi para pembina olahraga harus dapat meyakinkan pemerintah atas upaya yang akan dilakukan demi mewujudkan peningkatan prestasi olahraga.

"Kami (KONI Bali) tahun ini mendapat dukungan  anggaran  Rp15 Miliar. rencananya akan ditambah lagi hingga menjadi  Rp22 Miliar untuk persiapan cabor menghadapi Pra-PON. Kami mendapat support anggaran yang besar karena kami selalu mengedepankan koordinasi dan  sinergitas  dengan Pemprov dalam mengembangkan pembinaan olahraga," jelasnya.(yon/nox)

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com