Gubernur Bali Pastika Tantang KONI Bali Masuk 5 Besar

gub n koni

 
 

Total Bonus PON Rp11,447 Miliar Lebih

Sentralbali.com-Gubernur Bali Made Mangku Pastika sangat mengapresiasi prestasi patriot olahraga yang telah memperlihatkan hasilnya pada PON XIX/2016 di Jabar. Tidak gampang menapaki tangga 3 tingkat dari 9 menuju 6 besar nasional, karena harus bersaing dengan 33 provinsi di tanah air.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Selasa (20/12/2016) pada agenda penyerahan bonus kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi, di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar.

Petinggi Provinsi Bali itu menilai daya juang dan tingkat puputan yang tertanam dalam jiwa duta olahraga pulau dewata telah dibuktikan, namun tidak hanya sampai disini, ke depan tantangan bagi KONI Bali untuk membangun olahraga ini menuju prestasi lebih baik, atau naik satu strip berada di peringkat 5 nasional pada PON XX/2020 di Papua.

“Bicara perbaikan, telah dibuktikan KONI Bali. Tapi pembuktian terus perlu dilakukan pada event sama berikutnya. Minimal naik satu tingkat. Bila itu bisa dilakukan KONI Bali maka prestasinya tidak hanya spektakuler tapi super spektakuler,” ucap Gubernur Pastika.

Terkait rencana pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang pernah digaungkan, yakni sport centre, kata Gubernur sudah dilakukan secara bertahap di atas lahan 20 hektar di daerah Cengkiling, Bali Pecatu Graha, Jimbaran, Kuta Selatan.

“Bila sport Centre itu bisa terbangun akan mampu mendongkrak percepatan prestasi. Bayangkan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana olahraga mampu menempus 6 besar. Logikanya jika fasilitas itu ada hasilnya bisa lebih baik,” kata Pastika.

Namun ketika ditanya soal tuan rumah PON, Pastika tidak bergairah lagi bicara berebut multi event olahraga empat tahunan, karena masa periode Gubernur akan berakhir. “Saya tidak mau membebani pengganti Gubernur, karena itu untuk tuan rumah PON XXI/2024, Bali tidak mencalonkan, tapi semua itu tergantung pada Gubernur yang baru,” kilahnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi melaporkan, Bali berada diperingkat 6 besar dengan meraih 20 medali emas, 21 perak dan 35 medali perunggu. Sedangkan bonus yang dikucurkan kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi sebesar Rp11.447.314.000,- jumlah tersebut setelah dikurangi pajak 6 persen.

Pada pembagian bonus PON tersebut, Peraih medali emas perorangan mendapat Rp165 juta rupiah per medali, perak Rp50 juta, perunggu Rp30 juta rupiah. Sementara itu untuk kategori beregu peraih emas berpasangan dua orang mendapat 250 juta rupiah, peraih emas beregu lebih dari 8 orang memperoleh 420 juta rupiah.

Sedangkan peraih medali perak beregu tiga orang mendapat 105 juta rupiah, perak beregu lima orang diberikan Rp150 juta dan perak beregu lebih dari 8 orang memperoleh bonus Rp280 juta. Sedangkan peraih medali perunggu berpasangan dua orang diberikan bonus Rp40 juta, peraih perunggu beregu 3 orang mendapat Rp45 juta, perunggu  beregu 4 orang Rp48 juta, dan perunggu beregu 5 orang  memperoleh Rp50 juta, serta peraih perunggu beregu lebih dari 8 orang berhak memperoleh bonus Rp100 juta.

Menanggapi tantangan Gubernur Bali untuk merebut posisi lima besar, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengaku siap berbenah. Diakui peringkat enam besar yang diraih Bali bukan merupakan zona nyaman dan posisi yang aman. Selisih medali yang diperoleh Bali dengan ranking dibawahnya sangat kecil sehingga bila lengah posisi tersebut mudah direbut daerah lainnya.

“Posisi di rangking 6 itu sangat kritis, dimana selisih medali diantara kita dengan kontingen lain sangat mepet. Oleh karena itu harus mulai bekerja, dan bergerak menyusun strategi untuk meraih prestasi yang lebih baik,” kilahnya.

Setelah penyerahan bonus dilanjutkan dengan pembubaran kontingen PON Bali, yang ditandai dengan penyerahan pataka Provinsi Bali dari Ketua Umum KONI Bali I Ketut Suwandi kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

 

IMAGE FPTI Bali Galang Peningkatan Kualitas Juri
Selasa, 21 Mei 2019
        Sentralbali.com - Sesuai komitmen kepengurusan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali pimpinan Putu Yudi Atmika, program Kursus Juri dan Jalur merupakan aplikasi salah satu agenda yang telah disepakati bersama pengkab/pengkot FPTI se-Bali. Kegiatan selama empat... Read More...
IMAGE RRI Denpasar Launching Program Si-Balet
Selasa, 21 Mei 2019
      Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik  Radio Republik Indonesia (LPP RRI)  Denpasar secara resmi melaunching  program Siaran Bina Atlet (Si-Balet) di Ruang Rapat Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Jumat, (17/5/2019). Kepala LPP RRI... Read More...
IMAGE PABBSI Bali Persiapkan Tiga Lifter ke Pra-PON
Kamis, 16 Mei 2019
    Sentralbali.com - Belakangan ini cabang angkat besi redup, padahal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jabar 2016 menyumbang 1 emas dan sekeping perak. Atlet tersebut atas nama Luh Sinta Darmariani (emas) dan I Ketut Ariana (perak). Cabang angkat besi boleh dibilang menjadi... Read More...
IMAGE Mau Tahu Kepengurusan PBSI Bali Pimpinan Winurjaya
Kamis, 16 Mei 2019
      Sentralbali.com- Ketua Umum Pengprov PBSI Bali terpilih periode 2019-2023  I Wayan Winurjaya, Rabu (14/5/2019) telah merampungkan susunan kepengurusan, yang selanjutkan disodorkan ke KONI Bali untuk mendapatkan rekomendasi pengesahan ke Pengurus Pusat (PP) PBSI. Winurjaya... Read More...
IMAGE Dispora Segera Evaluasi Porjar Bali
Rabu, 15 Mei 2019
    Sentralbali.com - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali akan segera melaksanakan evaluasi menyeluruh kepada sejumlah kabupaten/kota yang absen atau tidak mengirimkan atlet pada sejumlah cabang olahraga saat pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2019. Hal tersebut... Read More...
IMAGE 49 Orang Dari 11 Provinsi Ikuti Diklat Industri Olahraga
Sabtu, 04 Mei 2019
        Bali Jangan Kalah dengan NTB Sentralbali.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga  tidak sekedar menggalang peningkatan prestasi olahraga, tapi juga menggelar Diklat Tenaga Teknis Manajemen Promosi dan Pemasaran Industri Olahraga berlangsung 30 April hingga 4... Read More...
IMAGE Winurjaya Terpilih Ketum PBSI Bali, Wirata Mundur
Rabu, 01 Mei 2019
    Sentralbali.com – Wayan Winurjaya yang sebelumnya wakil ketua,  terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Bali Periode 2019-2022 pada Musyawarah Olahraga Provinsi Bali (Musorprov), Selasa (30/4/2019) di ruang Rapat... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com