Gubernur Bali Pastika Tantang KONI Bali Masuk 5 Besar

gub n koni

 
 

Total Bonus PON Rp11,447 Miliar Lebih

Sentralbali.com-Gubernur Bali Made Mangku Pastika sangat mengapresiasi prestasi patriot olahraga yang telah memperlihatkan hasilnya pada PON XIX/2016 di Jabar. Tidak gampang menapaki tangga 3 tingkat dari 9 menuju 6 besar nasional, karena harus bersaing dengan 33 provinsi di tanah air.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Selasa (20/12/2016) pada agenda penyerahan bonus kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi, di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar.

Petinggi Provinsi Bali itu menilai daya juang dan tingkat puputan yang tertanam dalam jiwa duta olahraga pulau dewata telah dibuktikan, namun tidak hanya sampai disini, ke depan tantangan bagi KONI Bali untuk membangun olahraga ini menuju prestasi lebih baik, atau naik satu strip berada di peringkat 5 nasional pada PON XX/2020 di Papua.

“Bicara perbaikan, telah dibuktikan KONI Bali. Tapi pembuktian terus perlu dilakukan pada event sama berikutnya. Minimal naik satu tingkat. Bila itu bisa dilakukan KONI Bali maka prestasinya tidak hanya spektakuler tapi super spektakuler,” ucap Gubernur Pastika.

Terkait rencana pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang pernah digaungkan, yakni sport centre, kata Gubernur sudah dilakukan secara bertahap di atas lahan 20 hektar di daerah Cengkiling, Bali Pecatu Graha, Jimbaran, Kuta Selatan.

“Bila sport Centre itu bisa terbangun akan mampu mendongkrak percepatan prestasi. Bayangkan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana olahraga mampu menempus 6 besar. Logikanya jika fasilitas itu ada hasilnya bisa lebih baik,” kata Pastika.

Namun ketika ditanya soal tuan rumah PON, Pastika tidak bergairah lagi bicara berebut multi event olahraga empat tahunan, karena masa periode Gubernur akan berakhir. “Saya tidak mau membebani pengganti Gubernur, karena itu untuk tuan rumah PON XXI/2024, Bali tidak mencalonkan, tapi semua itu tergantung pada Gubernur yang baru,” kilahnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi melaporkan, Bali berada diperingkat 6 besar dengan meraih 20 medali emas, 21 perak dan 35 medali perunggu. Sedangkan bonus yang dikucurkan kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi sebesar Rp11.447.314.000,- jumlah tersebut setelah dikurangi pajak 6 persen.

Pada pembagian bonus PON tersebut, Peraih medali emas perorangan mendapat Rp165 juta rupiah per medali, perak Rp50 juta, perunggu Rp30 juta rupiah. Sementara itu untuk kategori beregu peraih emas berpasangan dua orang mendapat 250 juta rupiah, peraih emas beregu lebih dari 8 orang memperoleh 420 juta rupiah.

Sedangkan peraih medali perak beregu tiga orang mendapat 105 juta rupiah, perak beregu lima orang diberikan Rp150 juta dan perak beregu lebih dari 8 orang memperoleh bonus Rp280 juta. Sedangkan peraih medali perunggu berpasangan dua orang diberikan bonus Rp40 juta, peraih perunggu beregu 3 orang mendapat Rp45 juta, perunggu  beregu 4 orang Rp48 juta, dan perunggu beregu 5 orang  memperoleh Rp50 juta, serta peraih perunggu beregu lebih dari 8 orang berhak memperoleh bonus Rp100 juta.

Menanggapi tantangan Gubernur Bali untuk merebut posisi lima besar, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengaku siap berbenah. Diakui peringkat enam besar yang diraih Bali bukan merupakan zona nyaman dan posisi yang aman. Selisih medali yang diperoleh Bali dengan ranking dibawahnya sangat kecil sehingga bila lengah posisi tersebut mudah direbut daerah lainnya.

“Posisi di rangking 6 itu sangat kritis, dimana selisih medali diantara kita dengan kontingen lain sangat mepet. Oleh karena itu harus mulai bekerja, dan bergerak menyusun strategi untuk meraih prestasi yang lebih baik,” kilahnya.

Setelah penyerahan bonus dilanjutkan dengan pembubaran kontingen PON Bali, yang ditandai dengan penyerahan pataka Provinsi Bali dari Ketua Umum KONI Bali I Ketut Suwandi kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com