Gubernur Bali Pastika Tantang KONI Bali Masuk 5 Besar

gub n koni

 
 

Total Bonus PON Rp11,447 Miliar Lebih

Sentralbali.com-Gubernur Bali Made Mangku Pastika sangat mengapresiasi prestasi patriot olahraga yang telah memperlihatkan hasilnya pada PON XIX/2016 di Jabar. Tidak gampang menapaki tangga 3 tingkat dari 9 menuju 6 besar nasional, karena harus bersaing dengan 33 provinsi di tanah air.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Selasa (20/12/2016) pada agenda penyerahan bonus kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi, di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar.

Petinggi Provinsi Bali itu menilai daya juang dan tingkat puputan yang tertanam dalam jiwa duta olahraga pulau dewata telah dibuktikan, namun tidak hanya sampai disini, ke depan tantangan bagi KONI Bali untuk membangun olahraga ini menuju prestasi lebih baik, atau naik satu strip berada di peringkat 5 nasional pada PON XX/2020 di Papua.

“Bicara perbaikan, telah dibuktikan KONI Bali. Tapi pembuktian terus perlu dilakukan pada event sama berikutnya. Minimal naik satu tingkat. Bila itu bisa dilakukan KONI Bali maka prestasinya tidak hanya spektakuler tapi super spektakuler,” ucap Gubernur Pastika.

Terkait rencana pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang pernah digaungkan, yakni sport centre, kata Gubernur sudah dilakukan secara bertahap di atas lahan 20 hektar di daerah Cengkiling, Bali Pecatu Graha, Jimbaran, Kuta Selatan.

“Bila sport Centre itu bisa terbangun akan mampu mendongkrak percepatan prestasi. Bayangkan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana olahraga mampu menempus 6 besar. Logikanya jika fasilitas itu ada hasilnya bisa lebih baik,” kata Pastika.

Namun ketika ditanya soal tuan rumah PON, Pastika tidak bergairah lagi bicara berebut multi event olahraga empat tahunan, karena masa periode Gubernur akan berakhir. “Saya tidak mau membebani pengganti Gubernur, karena itu untuk tuan rumah PON XXI/2024, Bali tidak mencalonkan, tapi semua itu tergantung pada Gubernur yang baru,” kilahnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi melaporkan, Bali berada diperingkat 6 besar dengan meraih 20 medali emas, 21 perak dan 35 medali perunggu. Sedangkan bonus yang dikucurkan kepada atlet, pelatih dan manajer berprestasi sebesar Rp11.447.314.000,- jumlah tersebut setelah dikurangi pajak 6 persen.

Pada pembagian bonus PON tersebut, Peraih medali emas perorangan mendapat Rp165 juta rupiah per medali, perak Rp50 juta, perunggu Rp30 juta rupiah. Sementara itu untuk kategori beregu peraih emas berpasangan dua orang mendapat 250 juta rupiah, peraih emas beregu lebih dari 8 orang memperoleh 420 juta rupiah.

Sedangkan peraih medali perak beregu tiga orang mendapat 105 juta rupiah, perak beregu lima orang diberikan Rp150 juta dan perak beregu lebih dari 8 orang memperoleh bonus Rp280 juta. Sedangkan peraih medali perunggu berpasangan dua orang diberikan bonus Rp40 juta, peraih perunggu beregu 3 orang mendapat Rp45 juta, perunggu  beregu 4 orang Rp48 juta, dan perunggu beregu 5 orang  memperoleh Rp50 juta, serta peraih perunggu beregu lebih dari 8 orang berhak memperoleh bonus Rp100 juta.

Menanggapi tantangan Gubernur Bali untuk merebut posisi lima besar, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengaku siap berbenah. Diakui peringkat enam besar yang diraih Bali bukan merupakan zona nyaman dan posisi yang aman. Selisih medali yang diperoleh Bali dengan ranking dibawahnya sangat kecil sehingga bila lengah posisi tersebut mudah direbut daerah lainnya.

“Posisi di rangking 6 itu sangat kritis, dimana selisih medali diantara kita dengan kontingen lain sangat mepet. Oleh karena itu harus mulai bekerja, dan bergerak menyusun strategi untuk meraih prestasi yang lebih baik,” kilahnya.

Setelah penyerahan bonus dilanjutkan dengan pembubaran kontingen PON Bali, yang ditandai dengan penyerahan pataka Provinsi Bali dari Ketua Umum KONI Bali I Ketut Suwandi kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

 

IMAGE Hajar BPD 0-7, Humas Pemkot Denpasar Juara I
Sabtu, 16 Maret 2019
      Futsal Kemitraan HPN 2019 Sentralbali.com -  Tim Humas Pemkot Denpasar akhirnya tampil sebagai juara I,  Futsal Kemitraan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 berlangsung sehari di Futsal Meazza, Malboro Barat Denpasar, Jumat (15/3/2019). Tak... Read More...
IMAGE ILDI Pusat akan Gelar Seribu Dansa di GWK
Selasa, 12 Maret 2019
    Sentralbali.com - Ketua Umum ILDI (Ikatan Langkah Dansa Indonesia) dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Pusat akan menggelar event akbar dalam rangka memperkenalkan dan memasyarakatkan olahraga ini, 7 Agustus 2019 di GWK melibatkan seribu pedansa. Hal itu... Read More...
IMAGE Porprov Bali XIV : Jembrana Siapkan Bonus Emas Rp50 Juta
Selasa, 26 Februari 2019
    Sentralbali.com - Prestasi pada Porprov  Bali  belakangan diidentikan  dengan besarnya bonus. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jembrana akan membuktikan itu, apakah benar bonus besar mempengaruhi prestasi kontingen Jembrana pada Porprov  Bali XIV di... Read More...
IMAGE Porprov XIV : Berpeluang Melahirkan Juara Baru
Selasa, 26 Februari 2019
    Sentralbali.com - Rapat Anggota KONI Bali dengan bahasan pertanggungjawaban pengurus tahun 2019, Pra-PON dan Porprov  Bali berjalan dengan lancar. Kekhawatiran banyak pertanyaan menyangkut persiapan Porprov Bali di Tabanan ternyata berjalan cepat bahkan lebih singkat... Read More...
IMAGE Porprov Bali : PASI Bangli Membidik 6 Medali Emas
Selasa, 26 Februari 2019
Ketua Umum Pengprov PASI Bali Ida Bagus Dipta menyerahkan Pataka kepada Ketua Umum Pengkab PASI Bangli, Putu Astiti Saraswati, di Kintamani, Sabtu (23/2/2019).     Sentralbali.com - Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bali berharap kontribusi atlet prestasi... Read More...
IMAGE Teco : Leg Kedua Lebih Ringan Hadapi Persela
Kamis, 21 Februari 2019
    Sentralbali.com – Leg kedua Piala Indonesia, Jumat (22/2/2019) malam tepatnya pukul 20.00 Wita di Stadion Kapten Gianyar, diakui arsitek Bali United Stefano Cugurra Teco, merupakan perjuangan lebih ringan dibanding leg pertama bermain di Persela Lamongan. Kemenangan 1-0 saat... Read More...
IMAGE Porprov Bali, Empat Cabor Bertanding di Luar Tabanan
Rabu, 20 Februari 2019
  Sentralbali.com - Cabang olahraga Menembak dan Renang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV di Tabanan, dipastikan meminjam venue di Kabupaten Badung. Cabang olahraga renang berlangsung di kolam renang Blahkiuh sedangkan cabang menembak akan berlangsung di Sembung Kecamatan Mengwi. ... Read More...
SmartNews.Com