Kader ‘Kantong Tipis’ Harus Tahu Diri

alit mm11

Sentralbali.com-Kran Perebutan tahta kepemimpinan DPD Partai Demokrat Provinsi Bali periode 2016-2021 dimulai. Ketua Staring Comitee (SC) I Gusti Bagus Alit Putra, Selasa (26/4/2016) telah membeberkan 13 aturan main yang harus dipatuhi kader partai yang maju mencalonkan diri.

Dari 13 aturan bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Bali itu diantaranya, kader partai harus mengantongi KTA, domisili dan aktivitas di Bali, mempunyai financial untuk membangun kebesaran partai, dan endingnya kader partai memperoleh restu dari DPP Partai Demokrat.

“Kalau restu dari DPP Partai Demokrat merupakan super wajib, partai kan milik DPP. Sedangkan financial yang dimaksud disini tidak ada kewajiban kader partai menyetor sejumlah uang, tapi yang bersangkutan harus memiliki financial untuk kepentingan partai. Kalau kader ‘kantong tipis’ harus tahu diri,” ucap I Gusti Bagus Alit Putra.

Selaku SC, Alit Putra mengaku sebagai penglingsir untuk menciptakan suasana Musyawarah Daerah (Musda) berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Alit Putra : Usia Saya Sudah 68 Tahun

Sudah waktunya memberi kesempatan kepada kader terbaik partai untuk menahkodai Partai Demokrat 5 tahun ke depan. “Tugas saya sekarang mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan termasuk blangko dan memverifikasi kader yang maju apakah sesuai aturan apa tidak,” kilah Ketua SC Musda DPD Demokrat Bali I Gusti Bagus Alit Putra.

Lantas apakah selaku ketua SC tidak mempunyai kewenangan mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Demokrat Bali? Alit Putra secara politis kepada wartawan mengatakan, tugas utama membawa Musda ini dengan baik, kalau bisa aklamasi. Saya sudah ‘Sepuh’ (tua) usia 68 tahun waktunya memberi jalan yang mulus kepada kader partai terbaik di Bali.

Apakah jawaban itu mengarah dukungannya kepada incumbent (Made Mudarta)? “Saya kan tidak punya hak suara, yang memiliki hak suara sebanyak 11, terdiri atas DPC partai Demokrat se-Bali (9), kemudian masing-masing satu suara dari DPD dan DPP. Saya bisanya memberi dukungan secara moral hanya kepada kader terbaik Bali,” ucapnya sembari tersenyum.

Sedangkan agenda Musda DPD Partai Demokrat Bali, sesuai usulan SC ke DPP Partai Demokrat, tanggal 15-16 Mei dan alternative kedua tanggal 21-22 Mei 2016 di Inna Grand Bali Beach, “Semua keputusan ada ditangan DPP Partai Demokrat,” pungkasnya.

 

Mudarta : Siap Mengemban Amanah

Selaku incumbent Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali, Made Mudarta kini pasang badan kembali mencalonkan sebagai Ketua periode 2016-2021, pada Musda 2016 (Jadwal menanti keputusan DPP Demorat).

Kader partai Demokrat Bali, asal Jembrana itu mengklaim beberapa keberhasilan yang mendasari memperoleh dukungan lagi pada perebutan pucuk pimpinan partai.

“Saya siap mengemban amanah untuk periode berikutnya. Sekarang tergantung DPC Partai Demokrat kota/kabupaten se-Bali menilai kepemimpinan saya selama periode sebelumnya,” kata Made Mudarta.

Secara obyektif dalam pemilu legislative eksekutif yang lalu Demokrat Bali masih bersinar. Ketika Partai Demokrat pamornya merosot, Bali mampu mengusung wakilnya di DPR RI sebanyak 2 orang. “Parameternya sudah jelas, sekarang tergantung kepada DPC dan DPP yang mempunyai hak untuk menentukan pucuk pimpinan Demokrat Bali,” ujarnya.

Mudarta juga tidak ambil pusing dengan nama-nama yang selama ini akan berebut Ketua DPD Partai Demokrat Bali, sebut saja Putu Supatma Rudana. Menurutnya semuanya akan tersaring oleh aturan Musda. Jika melewati aturan itu, diyakini mereka adalah kader terbaik yang pantas memperoleh dukungan.

Kekhususnya Musda tahun 2016, kata Mudarta bersamaan dengan Muscab Partai Demokrat kota/kabupaten se-Bali, terpusat di Hotel Inna Grand Bali Beach dan estimasi biaya sebesar Rp 700 juta.

“Seluruh biaya yang dikeluarkan akibat Musda dan Muscab partai Demokrat, seluruhnya saya tanggung,” tuturnya.

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com