Menteri Puspayoga : Jangan Takut MEA

puspayoga

 

Sentralbali.com-Menteri Koperasi dan UMKM RI A.A. Ngurah Puspayoga menegaskan, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara nasional kian berkembang. Tak terkecuali di Kabupaten Bangli. Akan tetapi, dalam perjalanannya usaha tersebut sering mengalami persolaan, salah satunya permodalan.

“Supaya tak melesu, disamping peran pemerintah, perusahaan swasta dan mitra keuangan juga harus memperhatikan sektor tersebut. Disisi lain, memasuki program MEA, UKM juga diminta tak takut bersaing dengan negara lain,” pinta Puspayoga pada Kunjungan kerja di Kabupaten Bangli, Sabtu (13/2/2016).

Lebih lanjut Puspayoga mengungkapkan, usaha kecil menengah yang digeluti sejumlah masyarakat bisa dijadikan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk mewujudkan perkembangannya yang semakin berkualitas, perlu ada perhatian serius terhadap sektor ini.

Hal tersebut tak harus sepenuhnya datang dari pemerintah pusat saja. Perusahaan swasta yang telah mampu berkembang pesat juga bisa terlibat didalamnya, salah satunya memberi suntikan modal.

“UMKM itu harus diperhatikan, terlebih di era MEA ini. Perhatian tak hanya datang dari pemerintah, perusahaan swasta dan juga mitra keuangan juga bisa terlibat didalamnya,” tegasnya.

Selama ini perhatian pemerintah terhadap sektor UKM sudah ada dan hal tersebut merupakan sebuah komitmen yang selalu digaungkan. Disisi lain, UMKM perlu diangkat melalui kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh instansi terkait. “Negara harus hadir di tengah ekonomi kerakyatan. Agar UMKM itu bisa berkembang,” ujarnya.

Pada acara yang juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Dewa Nyoman Patra, Puspayoga juga meminta pelaku usaha tak perlu takut dalam menghadapi persoalan modal. Sebab tahun ini pemerintah pusat telah membuat kebijakan berupa kredit usaha rakyat (KUR) dengan bungan rendah.

“Dulu kredit bunganya 22 persen per tahun. Tapi sekarang sudah jadi 9 persen. Pelaku usaha sudah cukup diringankan,” ungkapnya.

Di tengah berlangsungnya program Masyarakat Ekonomi ASEAN, Mantan wakil Gubernur Bali ini mengharapkan eksistensi UMKM tak goyah. Pelaku usaha perlu berfikir bahwa produk yang dihasilkan sangat menjanjikan dan mampu bersaing di pasar ekspor.

“Berdasarkan data, ekspor usaha di daerah Jawa Timur saja sudah mengalahkan sebagian besar negara-negara di Asean. Kita hanya kalah dari Singapura. Itupun angkanya tidak terlalu signifikan. Menghadapi MEA masyarakat kita sudah siap dari dulu, hanya perlu sedikit dorongan,” katanya.

Disamping itu, lanjut Puspayoga, Bali sebagai daerah pariwisata harus dijadikan moment untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan tangan-tangan kreatif warga Bali, khusunya Bangli.

“Apalagi di Bali pariwisatanya sangat berkembang. MEA sangat baik untuk memperkenalkan produk,” ucapnya.

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com