Pecatur Bali Gecy Semakin Meroket

gecy kiri vs. Evi Julian a dari Kaltim

 

 

 

 

Raih Emas  Kejurnas Catur 2018 di Banda Aceh

 

Sentralbali.com Pecatur Bali bergelar Masternasional Wanita (MNW) Gracelia Paramesti Samekto, pantas menyandang status penyelamat kontingen Pulau Dewata pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur 2018 di Banda Aceh yang berakhir, Senin (15/10/2018).

 

Pecatur Badung yang akrab disapa Gecy tersebut, wajar menyandang penyelamat kontingen Bali, karena satu-satunya medali yang didapat Bali berupa medali emas. Tidak hanya itu Gecy mampu memperbaikan prestasi yang diraih di event sama di Bogor 2017, ketika itu meraih medali perak.

 

Raihan medali emas itu juga mengejutkan komunitas catur nasional, mengingat yang dikalahkan pada babak akhir adalah Evi Yuliana asal Kalimantan Timur, pecatur juara Dunia Catur kalangan pelajar di Brazil.

 

“Dipenghujung Kejurnas Catur 2018 di Banda Aceh, Gecy mengoleksi poin 7,5 hanya kehilangan 1,5 poin selama bermain 9 babak,” ucap Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Handoko.

 

Medali perak dikategori B putri, didapat Vioren Carrisa dari Lampung dan Metalia Widya Diantika pecatur Jawa Tengan memperoleh perunggu. Secara tim tidak bisa mengulang sukses pada event sama tahun 2017.

 

Pada Kejurnas di Bogor 2017, kontingen Catur Bali mendapat 1 medali emas atas nama Luhur dan medali perak didapat Gecy, dan berada diperingkat 6 besar. Hasil sekeping medali emas yang diraih Gecy, secara tim mengalami penurunan peringkat nasional.

 

Ancaman peringkat melorot itu menyusul Luhur Apngal Kusuma tidak mampu mempertahankan prestasinya, pulang tanpa kepingan medali, kalah bersaing dengan Akmalnaidi Akbar dari DKI Jakarta, M. Alhabsyi dan David Saputra keduanya dari Sumsel, yang meraih medali emas, perak dan perunggu.

 

Handoko menambahkan kegagalan pulang tanpa medali juga diderita pecatur yang turun di kategori C putra (usia 15 tahun) Made Agung Aditya Mahadev. Pecatur asal Karangasem ini terlempat diperingkat 7.

 

Made Agung termasuk mampu memperbaiki prestasi, mengingat sebelumnya menempati peringkat 17 nasional. Di kategori C putra yang menggondol medali emas, perak dan medali perunggu meliputi Master Percasi (MP) Daniel Hermawan Tobing dari Sumatera utara, diikuti MP. Dicky Aditya asal Kalimantan Timur dan Master Fide (MF) Kemas Ade Krisna, pecatur DKI Jakarta.

 

Masih di Kategori C putri, pecatur Bali atas nama Nonia Andyk Ulandari masuk empat besar, kalah bersaing dengan WFM. Nur Aini Rasyid dari Banten, Aulia Putri Nabila, Lampung dan Khamila Rohma Lusiana dari Jatim, yang menggenggam medali emas, perak dan perunggu. Capaian peringkat yang diperoleh Nonia tergolong spektakuler dari peringkat 24 nasional, kini menempati peringkat 4.

 

“Bicara prestasi Nonia pecatur asal Jembrana telah memperlihatkan kualitasnya, terbukti dari posisi 24 ketika masuk dalam daftar list pecatur kategori C putri, dipenghujung Kejurnas mampu memperbaiki peringkat menjadi 4 besar,” kata Sekum Percasi Bali, Handoko, yang menambahkan di Kejurnas, Bali hanya mengutus 4 pecatur.(yon/nox)

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com