Pecatur Bali Gecy Semakin Meroket

gecy kiri vs. Evi Julian a dari Kaltim

 

 

 

 

Raih Emas  Kejurnas Catur 2018 di Banda Aceh

 

Sentralbali.com Pecatur Bali bergelar Masternasional Wanita (MNW) Gracelia Paramesti Samekto, pantas menyandang status penyelamat kontingen Pulau Dewata pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur 2018 di Banda Aceh yang berakhir, Senin (15/10/2018).

 

Pecatur Badung yang akrab disapa Gecy tersebut, wajar menyandang penyelamat kontingen Bali, karena satu-satunya medali yang didapat Bali berupa medali emas. Tidak hanya itu Gecy mampu memperbaikan prestasi yang diraih di event sama di Bogor 2017, ketika itu meraih medali perak.

 

Raihan medali emas itu juga mengejutkan komunitas catur nasional, mengingat yang dikalahkan pada babak akhir adalah Evi Yuliana asal Kalimantan Timur, pecatur juara Dunia Catur kalangan pelajar di Brazil.

 

“Dipenghujung Kejurnas Catur 2018 di Banda Aceh, Gecy mengoleksi poin 7,5 hanya kehilangan 1,5 poin selama bermain 9 babak,” ucap Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Handoko.

 

Medali perak dikategori B putri, didapat Vioren Carrisa dari Lampung dan Metalia Widya Diantika pecatur Jawa Tengan memperoleh perunggu. Secara tim tidak bisa mengulang sukses pada event sama tahun 2017.

 

Pada Kejurnas di Bogor 2017, kontingen Catur Bali mendapat 1 medali emas atas nama Luhur dan medali perak didapat Gecy, dan berada diperingkat 6 besar. Hasil sekeping medali emas yang diraih Gecy, secara tim mengalami penurunan peringkat nasional.

 

Ancaman peringkat melorot itu menyusul Luhur Apngal Kusuma tidak mampu mempertahankan prestasinya, pulang tanpa kepingan medali, kalah bersaing dengan Akmalnaidi Akbar dari DKI Jakarta, M. Alhabsyi dan David Saputra keduanya dari Sumsel, yang meraih medali emas, perak dan perunggu.

 

Handoko menambahkan kegagalan pulang tanpa medali juga diderita pecatur yang turun di kategori C putra (usia 15 tahun) Made Agung Aditya Mahadev. Pecatur asal Karangasem ini terlempat diperingkat 7.

 

Made Agung termasuk mampu memperbaiki prestasi, mengingat sebelumnya menempati peringkat 17 nasional. Di kategori C putra yang menggondol medali emas, perak dan medali perunggu meliputi Master Percasi (MP) Daniel Hermawan Tobing dari Sumatera utara, diikuti MP. Dicky Aditya asal Kalimantan Timur dan Master Fide (MF) Kemas Ade Krisna, pecatur DKI Jakarta.

 

Masih di Kategori C putri, pecatur Bali atas nama Nonia Andyk Ulandari masuk empat besar, kalah bersaing dengan WFM. Nur Aini Rasyid dari Banten, Aulia Putri Nabila, Lampung dan Khamila Rohma Lusiana dari Jatim, yang menggenggam medali emas, perak dan perunggu. Capaian peringkat yang diperoleh Nonia tergolong spektakuler dari peringkat 24 nasional, kini menempati peringkat 4.

 

“Bicara prestasi Nonia pecatur asal Jembrana telah memperlihatkan kualitasnya, terbukti dari posisi 24 ketika masuk dalam daftar list pecatur kategori C putri, dipenghujung Kejurnas mampu memperbaiki peringkat menjadi 4 besar,” kata Sekum Percasi Bali, Handoko, yang menambahkan di Kejurnas, Bali hanya mengutus 4 pecatur.(yon/nox)

 

IMAGE KONI Gianyar Pasang Badan Soal Ekshibisi Cabor Kabaddi
Jumat, 27 November 2020
    Sentralbali.com - Petinggi KONI Gianyar Pande Purwata sangat merespon rencana Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PB.FOKSI) terlibat pada Pekan Olahraga Nasional, meskipun cabang olahraga Kabaddi hanya ekshibisi. Bila mengacu hasil Pekan Olahraga... Read More...
IMAGE RAT dan Musorkab akan Dihadiri Bupati Klungkung
Jumat, 27 November 2020
      RAT 17 Desember dan Musorkab KONI Klungkung 18 Desember 2020 Sentralbali.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Klungkung memastikan agenda Rapat Anggota Tahunan dan Musyawarah Olahraga Kabupatan (Musorkab) pada tanggal 17 dan 18 Desember... Read More...
IMAGE Badung Buka Lowongan Ketum PBVSI
Jumat, 27 November 2020
    Sentralbali.com - Pengurus Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Badung dibawah kendali Anak Agung Bagus Kusimantara, kepengurusannya berakhir, bulan Juni 2020, mengingat saat itu masih maraknya pademi covid-19, maka pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab)... Read More...
IMAGE Golf Tidak Beraksi di PON Papua
Minggu, 22 November 2020
        Perjuangan PB. PGI Sudah Mentok Sentralbali.com - Cabang golf dipastikan tidak dipertandingkan pada hajatan multi event olahraga di Papua tahun 2021 mendatang. Penegasan itu disampaikan Sekjen PB PGI Antony Chandra pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Persatuan... Read More...
IMAGE PEXI Bali Dapat Bantuan 100 Biji Xiangqi
Senin, 16 November 2020
    Aktivitas Catur Gajah Menggeliat   Sentralbali.com -  Pengrov Xiangqi Indonesia (PEXI) Bali, meski pandemi covid-19  program terus jalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, melakukan kombinasi aktivitas. Ketika  menerima sumbangan 100 biji Xiangqi dan... Read More...
IMAGE PJSI Bali Upaya Meningkatkan Kualitas Medali SEA Games
Sabtu, 10 Oktober 2020
        Target 6 Emas PON Papua Sentralbali.com – Meningkatkan kualitas stamina bagi 16 atlet terus dilakukan dimasa pandemi covid-19. Tidak ada kontak fisik, tapi guna menjabarkan salah satu teknik bantingan, tim pelatih PON Bali menggunakan alat peraga yang setiap... Read More...
IMAGE Evaluasi Puslag Cabor Songsong Bupati Cup 2021
Kamis, 03 September 2020
    Sentralbali.com -  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar  akan menjawab tantangan Bupati Gianyar, yakni prestasi lebih baik dibanding tahung-tahun sebelumnya. Sebelum dibuktikan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV/2022 di Badung, para atlet... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com