Bali Tambah 10 Pelatih Level II Nasional Cabor Panjat Tebing

yudi n suhardi

 

 

 

 

Sentralbali.com 28 peserta Pelatihan Pelatih Level II cabang panjat tebing yang berakhir, Minggu (7/10/2018), di Denpasar,  3 orang lulus bersyarat, asal Bali, DI Yogyakarta dan Kalimantan Selatan, kemudian 2 orang masing-masing dari Lampung dan Sumatera Barat tidak lulus, selebihnya Lulus.

 

Menurut Panitia Daerah Suhardi Eka Prasetya, peserta yang lulus bersyarat, aktivitasnya terus dipantau jika memenuhi persyarakat maka dinyatakan lulus. Sedangkan dua orang yang tidak lulus karena tidak mengusai materi.

 

“Materi itu nilainya paling tinggi yakni 80 persen. Mereka tidak menguasai jadi tidak lulus,” beber Suhardi, pada Dialog Khusus Pemberitaan RRI Pro1 Denpasar, Senin (8/10/2018). Khusus Bali dengan Pelatihan Pelatih ini, maka FPTI Bali memiliki 10 pelatih level II, yang tersebar di kabupaten/ kota, minus Tabanan dan Bangli.

 

Ditempat sama, Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika menyambut positif hasil yang telah ditorehkan para pelatih panjat tebing Bali tersebut.

 

“Ada sepuluh orang pelatih panjat tebing Level I Bali yang ikut kursus pelatih Level II ini, dan mereka semuanya dinyatakan lulus meski ada seorang dinyatakan lulus bersyarat,” ujar Putu Yudi Atmika di Denpasar.

 

Kursus pelatih panjat tebing Level II Nasional dilaksanakan PB FPTI di Denpasar, 2-7 Oktober lalu, yang diikuti 30 pelatih Level I dari seluruh Indonesia, kecuali NTB, NTT, Maluku, Papua, Papua Barat dan Provinsi di daratan Sulawesi tidak mengirim pelatihnya.

 

Putu Yudi Atmika yang juga salah seorang pengurus KONI Bali itu, mengakui pelatih panjat tebing Bali yang punya sertifikasi Level II Nasional baru seorang. Dengan lulusnya 10 pelatih panjat tebing Bali dan kini mengantongi sertifikat Level II Nasional, maka di Bali kini ada 11 pelatih Level II Nasional.

 

“Pelatih Level II Nasional mempunyai pemahaman lebih dibandingkan pelatih Level I, dan mereka menguasai lebih banyak pengetahuan soal panjat tebing secara nasional sehingga dalam melatih atletnya nanti mempunyai nilai plus tersendiri,” kata Yudi Atmika.

 

Ia menambahkan, dalam teknik di olahraga panjat tebing ada hal-hal baru yang berlaku secara nasional, dan ini yang mesti dipahami oleh pelatih. Kursus pelatih Level II Nasional yang digelar itulah, salah satunya memberikan pemahaman terhadap teknik-teknik baru di panjat tebing yang berlaku secara nasional.

 

Menurutnya, hanya pelatih Level II Nasional itulah yang nantinya diperbolehkan mendampingi atletnya berlaga di kejuaraan tingkat nasional, semacam Pra-PON, PON maupun kejurnas lainnya. Sebab, mereka mempunyai pemahaman yang sama terkait teknis panjat tebing di level nasional.

 

“Saya berharap dengan semakin banyaknya pelatih Level II Nasional di Bali, maka prestasi panjat tebing Pulau Dewata semakin membaik lagi di level nasional,” ucap Putu Yudi Atmika.

 

Meski baru setahun menahkodai FPTI Bali Yudi Atmika telah memperlihatkan hasilnya terutama dikategori kelompok umur, seperti di Riau dengan membawa pulang 3 medali emas. Prestasi kalangan junior inilah patus diapresiasi oleh

petinggi KONI Bali.

 

Menurutnya Prestasi dikalangan senior tidak serta merta bisa diraih, tapi melalui proses dari usia dini, junior hingga senior. Untuk mempertahankan perform dan peningkatan atlet junior menuju senior, kiranya pengambil kebijakan di KONI Bali untuk tidak membeda-bedakan prestasi junior dan senior.

 

“Prestasi itu tidak bisa datang begitu saja, perlu proses. Prosesnya itulah yang juga harus diperhatikan,” paparnya. (yon/edy)

 

 

IMAGE Putu Toya, Evaluasi Porprov Bali XIV Harus Disikapi Serius
Rabu, 16 Oktober 2019
          Sentralbali.com - Menyandang peringkat delapan pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2019 diakui sebagai prestasi yang harus disikapi serius,  karena posisi tersebut sangat dekat dengan posisi juru kunci.   Karangasem pada Porprov Bali... Read More...
IMAGE Porprov Bali 2019 Karangasem dan Jembrana Saling Menghindari Juru Kunci
Selasa, 10 September 2019
    Sentralbali.com - Kontingen Karangasem meski baru mendapat 1 medali emas, 4 perak dan 17 perunggu, tetap optimis bisa bangkit menghindari juru kunci Porprov Bali IX/2019. Ketua Umum KONI Kabupaten Karangasem I Putu Toya menjelaskan, rasa optimis tersebut didasari masih banyak cabang... Read More...
IMAGE Api Porprov Mulai Diarak Keliling Bali
Jumat, 06 September 2019
        Sentralbali.com - Api Porprov Bali XIV/2019 mulai diarak keliling Bali setelah diambil melalui proses sakral dan mengandung unsur keagamaan di Pura Luhur Batu Panes di Desa Mangesta, Penebel pada Kamis (5/9/2019). Pengambilan Api Porprov dihadiri antara lain, Gubernur... Read More...
IMAGE Gianyar Sukses Balas Dendam di Cabor Sepak Takraw
Kamis, 05 September 2019
        Tim Putra Denpasar Tundukkan Badung   Sentralbali.com - Tim sepak takraw putri Gianyar  memperlihatkan kualitasnya sekaligus tampil sebagai juara  menggengam mendali emas setelah sukses menundukkan lawan bebuyutan dari Buleleng. “Memang benar ... Read More...
IMAGE Porprov Bali 2019, Denpasar Juara Umum Cabor Judo
Kamis, 05 September 2019
          Fania Farid Rela Tinggalkan Pelatnas Demi Denpasar   Sentralbali.com - Cabang olahraga judo Porprov Bali XIV/2019, telah berakhir, Rabu (4/6/2019) Denpasar menggenggam status juara umum. Lima medali emas yang tersisa diraih Bangli 2 emas, dan Tabanan, Badung,... Read More...
IMAGE Denpasar Melejit di Porprov Bali 2019
Selasa, 03 September 2019
      Sentralbali.com - Cabang olahraga judo yang menyediakan 17 medali emas, tinggal menyisakan 5 keping emas, yakni di kztegori fighter kelas -70 kg, +78 kg, 90 kg, -100 kg dan +100 kg. Lima kategori ini akan diperebutkan seluruh kontingen peserta Porprov Bali XIV 2019, yang... Read More...
IMAGE Toya Sebut Emas Judo Pembangkit Cabor Lainnya
Selasa, 03 September 2019
      Sentralbali.com -  Persaingan sengit di cabang olahraga judo sangat dirasakan, terutama kontingen Jembrana dan Buleleng, hingga Selasa (3/9)  tidak memperlihatkan taksunya. Jangankan medali perak, medali perunggu pun tidak bisa diraih. Justru kontingen Karangasem... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com