Bali Tambah 10 Pelatih Level II Nasional Cabor Panjat Tebing

yudi n suhardi

 

 

 

 

Sentralbali.com 28 peserta Pelatihan Pelatih Level II cabang panjat tebing yang berakhir, Minggu (7/10/2018), di Denpasar,  3 orang lulus bersyarat, asal Bali, DI Yogyakarta dan Kalimantan Selatan, kemudian 2 orang masing-masing dari Lampung dan Sumatera Barat tidak lulus, selebihnya Lulus.

 

Menurut Panitia Daerah Suhardi Eka Prasetya, peserta yang lulus bersyarat, aktivitasnya terus dipantau jika memenuhi persyarakat maka dinyatakan lulus. Sedangkan dua orang yang tidak lulus karena tidak mengusai materi.

 

“Materi itu nilainya paling tinggi yakni 80 persen. Mereka tidak menguasai jadi tidak lulus,” beber Suhardi, pada Dialog Khusus Pemberitaan RRI Pro1 Denpasar, Senin (8/10/2018). Khusus Bali dengan Pelatihan Pelatih ini, maka FPTI Bali memiliki 10 pelatih level II, yang tersebar di kabupaten/ kota, minus Tabanan dan Bangli.

 

Ditempat sama, Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika menyambut positif hasil yang telah ditorehkan para pelatih panjat tebing Bali tersebut.

 

“Ada sepuluh orang pelatih panjat tebing Level I Bali yang ikut kursus pelatih Level II ini, dan mereka semuanya dinyatakan lulus meski ada seorang dinyatakan lulus bersyarat,” ujar Putu Yudi Atmika di Denpasar.

 

Kursus pelatih panjat tebing Level II Nasional dilaksanakan PB FPTI di Denpasar, 2-7 Oktober lalu, yang diikuti 30 pelatih Level I dari seluruh Indonesia, kecuali NTB, NTT, Maluku, Papua, Papua Barat dan Provinsi di daratan Sulawesi tidak mengirim pelatihnya.

 

Putu Yudi Atmika yang juga salah seorang pengurus KONI Bali itu, mengakui pelatih panjat tebing Bali yang punya sertifikasi Level II Nasional baru seorang. Dengan lulusnya 10 pelatih panjat tebing Bali dan kini mengantongi sertifikat Level II Nasional, maka di Bali kini ada 11 pelatih Level II Nasional.

 

“Pelatih Level II Nasional mempunyai pemahaman lebih dibandingkan pelatih Level I, dan mereka menguasai lebih banyak pengetahuan soal panjat tebing secara nasional sehingga dalam melatih atletnya nanti mempunyai nilai plus tersendiri,” kata Yudi Atmika.

 

Ia menambahkan, dalam teknik di olahraga panjat tebing ada hal-hal baru yang berlaku secara nasional, dan ini yang mesti dipahami oleh pelatih. Kursus pelatih Level II Nasional yang digelar itulah, salah satunya memberikan pemahaman terhadap teknik-teknik baru di panjat tebing yang berlaku secara nasional.

 

Menurutnya, hanya pelatih Level II Nasional itulah yang nantinya diperbolehkan mendampingi atletnya berlaga di kejuaraan tingkat nasional, semacam Pra-PON, PON maupun kejurnas lainnya. Sebab, mereka mempunyai pemahaman yang sama terkait teknis panjat tebing di level nasional.

 

“Saya berharap dengan semakin banyaknya pelatih Level II Nasional di Bali, maka prestasi panjat tebing Pulau Dewata semakin membaik lagi di level nasional,” ucap Putu Yudi Atmika.

 

Meski baru setahun menahkodai FPTI Bali Yudi Atmika telah memperlihatkan hasilnya terutama dikategori kelompok umur, seperti di Riau dengan membawa pulang 3 medali emas. Prestasi kalangan junior inilah patus diapresiasi oleh

petinggi KONI Bali.

 

Menurutnya Prestasi dikalangan senior tidak serta merta bisa diraih, tapi melalui proses dari usia dini, junior hingga senior. Untuk mempertahankan perform dan peningkatan atlet junior menuju senior, kiranya pengambil kebijakan di KONI Bali untuk tidak membeda-bedakan prestasi junior dan senior.

 

“Prestasi itu tidak bisa datang begitu saja, perlu proses. Prosesnya itulah yang juga harus diperhatikan,” paparnya. (yon/edy)

 

 

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com