Bali Tambah 10 Pelatih Level II Nasional Cabor Panjat Tebing

yudi n suhardi

 

 

 

 

Sentralbali.com 28 peserta Pelatihan Pelatih Level II cabang panjat tebing yang berakhir, Minggu (7/10/2018), di Denpasar,  3 orang lulus bersyarat, asal Bali, DI Yogyakarta dan Kalimantan Selatan, kemudian 2 orang masing-masing dari Lampung dan Sumatera Barat tidak lulus, selebihnya Lulus.

 

Menurut Panitia Daerah Suhardi Eka Prasetya, peserta yang lulus bersyarat, aktivitasnya terus dipantau jika memenuhi persyarakat maka dinyatakan lulus. Sedangkan dua orang yang tidak lulus karena tidak mengusai materi.

 

“Materi itu nilainya paling tinggi yakni 80 persen. Mereka tidak menguasai jadi tidak lulus,” beber Suhardi, pada Dialog Khusus Pemberitaan RRI Pro1 Denpasar, Senin (8/10/2018). Khusus Bali dengan Pelatihan Pelatih ini, maka FPTI Bali memiliki 10 pelatih level II, yang tersebar di kabupaten/ kota, minus Tabanan dan Bangli.

 

Ditempat sama, Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika menyambut positif hasil yang telah ditorehkan para pelatih panjat tebing Bali tersebut.

 

“Ada sepuluh orang pelatih panjat tebing Level I Bali yang ikut kursus pelatih Level II ini, dan mereka semuanya dinyatakan lulus meski ada seorang dinyatakan lulus bersyarat,” ujar Putu Yudi Atmika di Denpasar.

 

Kursus pelatih panjat tebing Level II Nasional dilaksanakan PB FPTI di Denpasar, 2-7 Oktober lalu, yang diikuti 30 pelatih Level I dari seluruh Indonesia, kecuali NTB, NTT, Maluku, Papua, Papua Barat dan Provinsi di daratan Sulawesi tidak mengirim pelatihnya.

 

Putu Yudi Atmika yang juga salah seorang pengurus KONI Bali itu, mengakui pelatih panjat tebing Bali yang punya sertifikasi Level II Nasional baru seorang. Dengan lulusnya 10 pelatih panjat tebing Bali dan kini mengantongi sertifikat Level II Nasional, maka di Bali kini ada 11 pelatih Level II Nasional.

 

“Pelatih Level II Nasional mempunyai pemahaman lebih dibandingkan pelatih Level I, dan mereka menguasai lebih banyak pengetahuan soal panjat tebing secara nasional sehingga dalam melatih atletnya nanti mempunyai nilai plus tersendiri,” kata Yudi Atmika.

 

Ia menambahkan, dalam teknik di olahraga panjat tebing ada hal-hal baru yang berlaku secara nasional, dan ini yang mesti dipahami oleh pelatih. Kursus pelatih Level II Nasional yang digelar itulah, salah satunya memberikan pemahaman terhadap teknik-teknik baru di panjat tebing yang berlaku secara nasional.

 

Menurutnya, hanya pelatih Level II Nasional itulah yang nantinya diperbolehkan mendampingi atletnya berlaga di kejuaraan tingkat nasional, semacam Pra-PON, PON maupun kejurnas lainnya. Sebab, mereka mempunyai pemahaman yang sama terkait teknis panjat tebing di level nasional.

 

“Saya berharap dengan semakin banyaknya pelatih Level II Nasional di Bali, maka prestasi panjat tebing Pulau Dewata semakin membaik lagi di level nasional,” ucap Putu Yudi Atmika.

 

Meski baru setahun menahkodai FPTI Bali Yudi Atmika telah memperlihatkan hasilnya terutama dikategori kelompok umur, seperti di Riau dengan membawa pulang 3 medali emas. Prestasi kalangan junior inilah patus diapresiasi oleh

petinggi KONI Bali.

 

Menurutnya Prestasi dikalangan senior tidak serta merta bisa diraih, tapi melalui proses dari usia dini, junior hingga senior. Untuk mempertahankan perform dan peningkatan atlet junior menuju senior, kiranya pengambil kebijakan di KONI Bali untuk tidak membeda-bedakan prestasi junior dan senior.

 

“Prestasi itu tidak bisa datang begitu saja, perlu proses. Prosesnya itulah yang juga harus diperhatikan,” paparnya. (yon/edy)

 

 

IMAGE FPTI Bali Galang Peningkatan Kualitas Juri
Selasa, 21 Mei 2019
        Sentralbali.com - Sesuai komitmen kepengurusan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali pimpinan Putu Yudi Atmika, program Kursus Juri dan Jalur merupakan aplikasi salah satu agenda yang telah disepakati bersama pengkab/pengkot FPTI se-Bali. Kegiatan selama empat... Read More...
IMAGE RRI Denpasar Launching Program Si-Balet
Selasa, 21 Mei 2019
      Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik  Radio Republik Indonesia (LPP RRI)  Denpasar secara resmi melaunching  program Siaran Bina Atlet (Si-Balet) di Ruang Rapat Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Jumat, (17/5/2019). Kepala LPP RRI... Read More...
IMAGE PABBSI Bali Persiapkan Tiga Lifter ke Pra-PON
Kamis, 16 Mei 2019
    Sentralbali.com - Belakangan ini cabang angkat besi redup, padahal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jabar 2016 menyumbang 1 emas dan sekeping perak. Atlet tersebut atas nama Luh Sinta Darmariani (emas) dan I Ketut Ariana (perak). Cabang angkat besi boleh dibilang menjadi... Read More...
IMAGE Mau Tahu Kepengurusan PBSI Bali Pimpinan Winurjaya
Kamis, 16 Mei 2019
      Sentralbali.com- Ketua Umum Pengprov PBSI Bali terpilih periode 2019-2023  I Wayan Winurjaya, Rabu (14/5/2019) telah merampungkan susunan kepengurusan, yang selanjutkan disodorkan ke KONI Bali untuk mendapatkan rekomendasi pengesahan ke Pengurus Pusat (PP) PBSI. Winurjaya... Read More...
IMAGE Dispora Segera Evaluasi Porjar Bali
Rabu, 15 Mei 2019
    Sentralbali.com - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali akan segera melaksanakan evaluasi menyeluruh kepada sejumlah kabupaten/kota yang absen atau tidak mengirimkan atlet pada sejumlah cabang olahraga saat pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2019. Hal tersebut... Read More...
IMAGE 49 Orang Dari 11 Provinsi Ikuti Diklat Industri Olahraga
Sabtu, 04 Mei 2019
        Bali Jangan Kalah dengan NTB Sentralbali.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga  tidak sekedar menggalang peningkatan prestasi olahraga, tapi juga menggelar Diklat Tenaga Teknis Manajemen Promosi dan Pemasaran Industri Olahraga berlangsung 30 April hingga 4... Read More...
IMAGE Winurjaya Terpilih Ketum PBSI Bali, Wirata Mundur
Rabu, 01 Mei 2019
    Sentralbali.com – Wayan Winurjaya yang sebelumnya wakil ketua,  terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Bali Periode 2019-2022 pada Musyawarah Olahraga Provinsi Bali (Musorprov), Selasa (30/4/2019) di ruang Rapat... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com