Atlet Sebut Menyelamatkan Criket Nasional

para atlet kriket

 

 

 

Akui di Kejurnas Pakai Jersey Papua

Sentralbali.com Pertemuan Pengprov Persatuan Criket Indonesia (PCI) Bali, kabupaten/ kota, dan KONI Bali sejatinya lebih banyak keluh kesah yang disampaikan para atlet, dan terkesan samar bahasan pokok soal isu atlet pindah ke Papua. Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengaku bila isu perpindahan atlet rombongan atau satu tim tersebut didapat dari PP. PCI, dan akhirnya ditindaklanjuti dengan pertemuan.

Pada pertemuan, Kamis (19/7/2018), para atlet seperti disampaikan Kadek Gamantika mempertanyakan isu topangan dana Rp1 miliar setiap atlet criket yang mutasi ke Papua untuk tampil pada PON XX/2020.

“Itu tidak benar, dan siapa yang membuat isu tersebut,” keluh Kadek Gamantika, yang menyebut tidak ada janji-janji dari Papua, satu rupiah pun., hanya keinginan untuk membangun criket nasional dari Bali. Tujuan itulah para atlet Bali pada Kejurnas September 2017 menggunakan kostum Papua, karena saat itu kekurangan pemain. Bahkan Papua mengancam jika tidak memiliki atlet maka cabang criket tidak dipertandingkan pada PON.

Namun ketika dicerca tindakan itu merugikan Bali, Kadek Gamantika menyebut apa yang diperbuat untuk kepentingan nasional, supaya criket dipertandingkan di PON. “Apa ruginya, karena Bali mempunyai atlet pelapis yang mempunyai kualitas baik, dan bila dipoles hasilnya lebih baik dari para atlet yang meraih medali emas pada PON XIX/2016 di Jabar,” kilahnya.

Tapi sejauh ini belum ada kepastian apakah atlet-atlet yang disebut-sebut itu pindah ke Papua. Seperti dijelaskan Kadek Gamantika yang juga Kapten Tim Criket PON Bali, menyangkut apakah isu itu benar atau tidak, Ia hanya menjawab lihat saja nanti. “Saya tidak tahu, lihat saja nanti,” ucapnya.

Indikasi kekecewaan altet criket terungkat ketika mereka beramai-ramai menindaklanjuti janji Wagub Bali Ketut Sudikerta, yang sebelum PON, di depan atlet PON Bali menyampaikan bagi atlet yang meraih medali emas, akan dibekerjakan di BUMN maupun perusahaan daerah.

Kenyataannya versi Kadek Gamantika, ketika pembukaan bursa kerja di RS. Bali Mandara, para atlet criket yang belum bekerja seluruhnya menagih janji dan membuat lamaran ke RS. Bali Mandara dan administrasi tersebut diperkuat oleh KONI Bali, tapi dari jumlah pelamar tidak satu pun yang diterima.

“Kami sangat kecewa, ternya janji yang disampaikan itu omong kosong,” tegasnya.

Terkait pekerjaan, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi membenarkan mereka berbondong-bondong mengajukan lamaran ke RS. Bali Mandara. KONI selaku kepanjangan tangan dari Pemprov Bali, terus mendeteksi proses tersebut, tapi dengan keterbatasan kewenangan KONI Bali, padahal seluruh proses terus dikawal KONI Bali.

“Karena tidak ada kewenangan soal penerimaan pegawai di RS. Bali Mandara, maka kami tidak bisa masuk ke ranah manajemen,” bebernya.

Namun demikian apapun alasannya bila mutasi beramai-ramai atau satu tim tidak dibenarkan secara organisatoris. KONI Bali lembaga resmi ada aturan yang mengikat. Bayangkan bila KONI Bali membiarkan perpindahan itu dengan alasan supaya criket dipertandingkan pada PON, lantas bagaimana bila cabang olahraga lainnya mengajukan mutasi serupa.

“Mutasi itu sudah ada mekanismenya sendiri, tidak bisa hantam kromo. Kok seperti ‘Bedol Deso’ atau seluruh warga desa pindah, layaknya satu tim mutasi, ya tidak bisa dibernarkan,”tegas Suwandi (bersambung).

 

IMAGE Porprov Bali, Empat Cabor Bertanding di Luar Tabanan
Rabu, 20 Februari 2019
  Sentralbali.com - Cabang olahraga Menembak dan Renang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV di Tabanan, dipastikan meminjam venue di Kabupaten Badung. Cabang olahraga renang berlangsung di kolam renang Blahkiuh sedangkan cabang menembak akan berlangsung di Sembung Kecamatan Mengwi. ... Read More...
IMAGE PSSI Bali Tak Mau Terpengaruh PSSI Pusat
Senin, 18 Februari 2019
        Sentralbali.com - Ketua Umum Asprov PSSI Bali Ketut Suardana menilai kasus hukum yang menerpa Plt Ketua Umum PSSI Pusat Joko Driyono sebagai tersangka diduga merusak bukti-bukti dalam pengaturan skor, perlu disikapi serius. Hal tersebut dijelaskan ketika ditemui di... Read More...
IMAGE Mau Tahu Alasan Suwandi Tolak Diusulkan Menerima Golden Award
Kamis, 14 Februari 2019
  Sentralbali.com -   Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Ketut Suwandi sangat mengapresiasi langkah Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) bekerjasama dengan SIWO PWI Provinsi menggelar malam penghargaan berupa Golden Award Olahraga, pada... Read More...
IMAGE Pebasket Putri Gianyar Wakil Indonesia ke DBL Champ AS
Kamis, 14 Februari 2019
      Sentralbali.com - Pebasket putri Gianyar, Pande Ketut Natalia Desintha kembali menorehkan prestasi di tingkat internasional. Setelah tahun lalu juga mampu lolos seleksi mengikuti Development Basket Leage (DBL) Champ ke Amerika Serikat. Tahun ini, Pande Ketut Natalia Desintha... Read More...
IMAGE KONI Buleleng Pertanyakan Cabor Yongmodo dan Senam
Senin, 04 Februari 2019
      Sentralbali.com - Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana mempertanyakan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan dan dilombakan pada Porprov Bali di Tabanan, 29 September mendatang, di Tabanan.  Hal tersebut menindaklanjuti pemberitaan yang berkembang... Read More...
IMAGE Binpres FPTI Bali Rancang Penguatan Kualitas Atlet
Minggu, 03 Februari 2019
    Sentralbali.com – Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali Pimpinan Putu Yudi Atmika tidak sekedar menyasar prestasi tapi juga tertib organisasi dan administrasi. Terbukti dengan jelas dan gamblang kegiatan selama tahun 2019 hasil dari Rapat Kerja Provinsi... Read More...
IMAGE Nariana : Kunjungi Venue Pastikan Persiapan Kontingen Badung
Minggu, 03 Februari 2019
    Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung mempunyai komitmen  mempersiapan Porprov Bali XIV/2019 lebih baik dari sebelumnya. Salah satu langkah riil yang dilakukan KONI Badung melakukan kunjungan ke venue-venue Porprov di Tabanan. Wujud riil... Read More...
SmartNews.Com