Rahasia Gali Dana Pembinaan Olahraga

djoko pekik kanan

 

 

 

 

Rakernas SIWO PWI di Yogyakarta

Sentralbali.com Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, Hendry Ch Bangun mengungkapkan rahasia memacu prestasi olahraga Indonesia, khususnya pada event Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus 2018.

"Mengapa olahraga kita tahun 30, 40, 50-an maju? Karena pada saat itu, pengusaha kita dari etnis China mengalokasikan dananya untuk olahraga. Mereka memiliki klub olahraga. Jadi, masih banyak uang di luar APBN yang bisa digunakan untuk kemajuan olahraga, ketuklah hati mereka," demikian papar Hendry Ch Bangun saat menyampaikan materinya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO (Seksi Wartawan Olahraga) PWI 2018 di Hotel The Rich Jogya, Jum'at (7/6/2018).

Dalam forum yang menghadirkan Ketua KONI Yogyakarta yang juga mantan Deputi Peningkatakan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto dan dipandu moderator Pemimpin Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat (KR) Octo Lampito itu, Hendry Ch Bangun menyampaikan pengalamannya sebagai wartawan olahraga Harian Kompas.

"Saya mulai meliput olahraga pertama kali tahun 83 di Singapura, Sea Games, waktu itu kita kalah untuk pertama kali," ujarnya.

Ditambahkannya, menjadi wartawan olahraga, kalau bisa emosi kita itu terbawa. Waktu Lim Swi King terjatuh saat bermain di Kuala Lumpur dulu, kita semua menulis berita sambil menangis.

"Jangan cari informasi hanya pada waktu perlu saja, tapi bina hubungan yang baik dengan atlet dan pelatih. Karena cerita olahraga itu adalah cerita tentang hubungan," tegas calon Ketua Umum PWI Pusat itu lagi.

Hendry Ch Bangun juga mendorong agar wartawan menulis buku, apalagi wartawan olahraga. "Mahkota wartawan itu adalah buku. Maka, tulislah buku, sekecil apa pun. Kalau tidak, kita akan dikenang, pernah menjadi wartawan olahraga, itu saja,” bebernya.

Sementara itu, Djoko Pekik Irianto mengatakan pembinaan olahraga di tanah air tidak jelas, sekedar mengikuti kemauan tanpa ada acuan, padahal ada dasar yang kuat bisa diikuti dalam program dengan sasaran mendunia. Ia menegaskan acuannya dari atas yakni olympiade, berapa cabang olahraga yang dipertandingkan sejumlah itu lah yang menjadi acuan bagi pembinaan menuju prestasi.

“Logisnya demikian, cabang olahraga Olympiade, Asian Games dan SEA Games lah menjadi acuan untuk aktivitas PON, sehingga pembinaan bisa fokus,” kata Djoko Pekik.

Kemudian gagasan lain yang sedang digodok di tingkat pusat adalah, kemungkinan atlet-atlet yang sudah turun dan dapat medali di SEA Games, Asian Games, dan Olympiade tidak diperkenankan tampil diagenda PON dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang merupakan agenda multi event olahraga di masing-masing provini di tanah air.

Ia menambahkan, contoh konkrit yang terjadi belakangan ini menimpa Maria Natalia Londa prestasinya anjlok, saat tampil di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, justru konsentrasinya beraksi pada PON di Jabar 2016. Kondisi tersebut dinilai atlet lebih mementingkan asalnya bukan Negara.

“Semuanya tahu semua soal bonus, karena atletnya tersebut bisa mendapat lebih dari satu medali emas. Ke depan perhatian atlet penghuni Pelatnas akan lebih diperhatian, sehingga mereka bisa betah,” pungkasnya.

 

IMAGE Atlet Sebut Menyelamatkan Criket Nasional
Jumat, 20 Juli 2018
      Akui di Kejurnas Pakai Jersey Papua Sentralbali.com – Pertemuan Pengprov Persatuan Criket Indonesia (PCI) Bali, kabupaten/ kota, dan KONI Bali sejatinya lebih banyak keluh kesah yang disampaikan para atlet, dan terkesan samar bahasan pokok soal isu atlet pindah ke Papua.... Read More...
IMAGE Mang Ayu Kebagian Perak
Jumat, 20 Juli 2018
      Hasil Akhir Bali di Sirkuit Panjat Tebing Piala Walikota Surabaya 2018 Sentralbali.com – Pemanjat putri asal Jembrana Ni Komang Ayu Suartini menorehkan juara II, meraih medali perak pada Sirkuit Panjat Tebing Piala Walikota Surabaya, Jumat (20/7/2018). Atlet yang akrab... Read More...
IMAGE KONI Bali Tidak Merestui Atlet Criket Pindah
Jumat, 20 Juli 2018
      Hasil Pertemuan dengan PCI dan Atlet   Sentralbali.com – Baru kali ini Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi memimpin pertemuan dari awal hingga akhir tanpa senyum, boleh jadi karena membahas isu perpindahan tim criket Bali ke tuan rumah PON XX/2020 Papua. Isu... Read More...
IMAGE Nadia Beraksi di Final
Jumat, 20 Juli 2018
      Sirkuit Panjat Tebing Walikota Surabaya 2018 Sentralbali.com – Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Jumat (20/7/2018) menanti kucuran medali emas dari tampilan Nadia Putri Virgita. Atlet dari FPTI Badung itu di final bersaing dengan 5 atlet lainnya yang... Read More...
IMAGE Atlet Badung Peluang Genggam Emas
Kamis, 19 Juli 2018
      Sirkuit Panjat Tebing Walikota Surabaya 2018   Sentralbali.com – Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali memboyong 32 atlet didampingi 8 pelatih mengikuti Sirkuit Panjat Tebing Walikota Surabaya, 17 hingga 21 Juli 2018 di Climbing FPTI Kota Surabaya.... Read More...
IMAGE KONI Bali Siapkan Anggaran Rp6 Miliar
Selasa, 17 Juli 2018
      Dana Penyelenggaraan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan Sentralbali.com – Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Bali akan digelar di Kabupaten Tabanan tahun 2019. Persiapan sudah mulai dilaksanakan kabupaten lumbung beras tersebut sebagai tuan rumah multi event dua tahunan... Read More...
IMAGE Ikkamabar Juara Flobamora Cup IX 2018
Senin, 16 Juli 2018
        Sentralbali.com – Kesebelasan PS Persikamabar Ikatan Manggarai Barat (Ikkamabar) keluar sebagai juara turnamen sepakbola Flobamora Cup IX/2018 setelah di final menang dengan angka tipis 2-1 atas PS Ikatan Manggarai Timur (Ikkamatim) di Stadion Ngurah Rai Denpasar,... Read More...
SmartNews.Com