Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M

boy

 

 

Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas

Sentralbali.com Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri sebanyak 550 orang.

Di pesta olahraga kalangan pelajar yang akan berkahir 6 Juni mendatang tersebut mempertandingkan dan melombakan 21 cabang olahraga, dan 9 cabor eksibisi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Jumat (1/6/2018) menjelaskan, 9 cabang olahraga eksibisi karena faktor dana, padahal cabang olahraga tersebut sebagian sudah menggelar ekibisi lebih dari sekali. Ke-9 cabang olahraga ekibisi itu diantaranya kabaddi, petanque, menembak , panahan, balap sepeda, dansa, kempo, wushu, softball dan menembak.

“Anggaran terbatas sehingga 9 cabor itu masih eksibisi atau mengikuti Porjar dengan biaya sendiri, dan medalinya tidak masuk hitungan. Namun tahun 2019 diupayakan 9 cabor itu bisa resmi dipertandingkan,” kata Jayawibawa.

Sedangkan cabang olahraga yang resmi diantaranya atletik, bulutangkis, catur, voli indoor, voli pasir, renang, karate, cricket, woodball, panjat tebing, tenis meja, tenis lapangan, sepakbola, sepak takraw, senam, pencak silat, judo, taekwondo, gateball dan tarung derajat.

Terkait dengan anggaran 21 cabang olahraga dengan 4.574 atlet menghabiskan dana sekitar Rp2,5 miliar. Dana tersebut diperuntukan keperlukan konsumsi dan akomodasi bagi seluruh peserta Porjas dan para ofisial, wasit/ juri.

Jayawibawa menambahkan seluruh Kabupaten/ kota di Bali mengirimkan duta pelajar, seperti Badung mengirim dutanya sebanyak 667 orang, Bangli 400, Buleleng 500, Kota Denpasar 667, Gianyar 575 orang, Jembrana 450, Karangasem 400, Klungkung 400, dan  Tabanan 450 atlet.

Lebih lanjut dijelaskan, Porjar tahun ini ada perbedaan yakni tempat pembukaan. Selama ini pembukaan terpusat di Stadion Ngurah Rai Denpasar, untuk tahun ini beralih ke Lapangan Niti Mandala Denpasar, dengan harapan Porjar tidak saja diketahui atau dilihat oleh komunitas olahraga, tapi supaya seluruh masyarakat mengetahui gelaran akbar olahraga tahunan kalangan pelajar.

“Ya, selama ini kan terkesan Porjar untuk kalangan sendiri. Tapi sekarang pembukaan di Lapangan Niti Mandala Denpasar agar masyarakat juga mengetahui agenda olahraga Porjar,” jelanya.

 

Dispora Masih Mengusulkan Dana Popwil

Hasil Porjar menurut Kadispora Bali Jayawibawa akan dipersiapkan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak semua cabang olahraga mengikuti Popwil, tapi ada yang langsung bisa beraksi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kondisi ketersediaan anggaran Dispora Bali sepertinya tidak beda dengan tahun 2017, beberapa cabang olahraga tidak ikut Popnas karena sebelumnya tidak mengikuti Popwil. Ia mencontohkan cabang olahraga Silat harus melalui laga Popwil, jika lolos bisa tampil pada Popnas. Karena tahun 2017 tidak mengikuti Popwil maka Silat tidak tampil di Popnas, padahal cabang silat sangat potensi medali emas.

“Ya, karena masalah dana, sehingga pada tahun 2017 cabang silat tidak mengikuti Popwil,” kilahnya.

Nasib serupa sepertinya akan terulang kembali, mengingat hingga saat ini tidak ada dana yang diperuntukkan mengirim atlet ke Popwil dan Popnas. Jayawibawa mengakui tidak ada anggaran untuk dua kegiatan tersebut, namun Dispora Bali masih berjuang supaya memperoleh dana dari APBD Bali.

“Kami masih berjuang ke Provinsi supaya mendapat kucuran dana untuk mengirim atlet ke Popwil dan Popnas,” bebernya.

 

IMAGE FPTI Bali Galang Peningkatan Kualitas Juri
Selasa, 21 Mei 2019
        Sentralbali.com - Sesuai komitmen kepengurusan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali pimpinan Putu Yudi Atmika, program Kursus Juri dan Jalur merupakan aplikasi salah satu agenda yang telah disepakati bersama pengkab/pengkot FPTI se-Bali. Kegiatan selama empat... Read More...
IMAGE RRI Denpasar Launching Program Si-Balet
Selasa, 21 Mei 2019
      Sentralbali.com  - Lembaga Penyiaran Publik  Radio Republik Indonesia (LPP RRI)  Denpasar secara resmi melaunching  program Siaran Bina Atlet (Si-Balet) di Ruang Rapat Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Jumat, (17/5/2019). Kepala LPP RRI... Read More...
IMAGE PABBSI Bali Persiapkan Tiga Lifter ke Pra-PON
Kamis, 16 Mei 2019
    Sentralbali.com - Belakangan ini cabang angkat besi redup, padahal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jabar 2016 menyumbang 1 emas dan sekeping perak. Atlet tersebut atas nama Luh Sinta Darmariani (emas) dan I Ketut Ariana (perak). Cabang angkat besi boleh dibilang menjadi... Read More...
IMAGE Mau Tahu Kepengurusan PBSI Bali Pimpinan Winurjaya
Kamis, 16 Mei 2019
      Sentralbali.com- Ketua Umum Pengprov PBSI Bali terpilih periode 2019-2023  I Wayan Winurjaya, Rabu (14/5/2019) telah merampungkan susunan kepengurusan, yang selanjutkan disodorkan ke KONI Bali untuk mendapatkan rekomendasi pengesahan ke Pengurus Pusat (PP) PBSI. Winurjaya... Read More...
IMAGE Dispora Segera Evaluasi Porjar Bali
Rabu, 15 Mei 2019
    Sentralbali.com - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali akan segera melaksanakan evaluasi menyeluruh kepada sejumlah kabupaten/kota yang absen atau tidak mengirimkan atlet pada sejumlah cabang olahraga saat pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2019. Hal tersebut... Read More...
IMAGE 49 Orang Dari 11 Provinsi Ikuti Diklat Industri Olahraga
Sabtu, 04 Mei 2019
        Bali Jangan Kalah dengan NTB Sentralbali.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga  tidak sekedar menggalang peningkatan prestasi olahraga, tapi juga menggelar Diklat Tenaga Teknis Manajemen Promosi dan Pemasaran Industri Olahraga berlangsung 30 April hingga 4... Read More...
IMAGE Winurjaya Terpilih Ketum PBSI Bali, Wirata Mundur
Rabu, 01 Mei 2019
    Sentralbali.com – Wayan Winurjaya yang sebelumnya wakil ketua,  terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Bali Periode 2019-2022 pada Musyawarah Olahraga Provinsi Bali (Musorprov), Selasa (30/4/2019) di ruang Rapat... Read More...
koniidulfitri
koni kab kota
SmartNews.Com