Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M

boy

 

 

Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas

Sentralbali.com Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri sebanyak 550 orang.

Di pesta olahraga kalangan pelajar yang akan berkahir 6 Juni mendatang tersebut mempertandingkan dan melombakan 21 cabang olahraga, dan 9 cabor eksibisi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Jumat (1/6/2018) menjelaskan, 9 cabang olahraga eksibisi karena faktor dana, padahal cabang olahraga tersebut sebagian sudah menggelar ekibisi lebih dari sekali. Ke-9 cabang olahraga ekibisi itu diantaranya kabaddi, petanque, menembak , panahan, balap sepeda, dansa, kempo, wushu, softball dan menembak.

“Anggaran terbatas sehingga 9 cabor itu masih eksibisi atau mengikuti Porjar dengan biaya sendiri, dan medalinya tidak masuk hitungan. Namun tahun 2019 diupayakan 9 cabor itu bisa resmi dipertandingkan,” kata Jayawibawa.

Sedangkan cabang olahraga yang resmi diantaranya atletik, bulutangkis, catur, voli indoor, voli pasir, renang, karate, cricket, woodball, panjat tebing, tenis meja, tenis lapangan, sepakbola, sepak takraw, senam, pencak silat, judo, taekwondo, gateball dan tarung derajat.

Terkait dengan anggaran 21 cabang olahraga dengan 4.574 atlet menghabiskan dana sekitar Rp2,5 miliar. Dana tersebut diperuntukan keperlukan konsumsi dan akomodasi bagi seluruh peserta Porjas dan para ofisial, wasit/ juri.

Jayawibawa menambahkan seluruh Kabupaten/ kota di Bali mengirimkan duta pelajar, seperti Badung mengirim dutanya sebanyak 667 orang, Bangli 400, Buleleng 500, Kota Denpasar 667, Gianyar 575 orang, Jembrana 450, Karangasem 400, Klungkung 400, dan  Tabanan 450 atlet.

Lebih lanjut dijelaskan, Porjar tahun ini ada perbedaan yakni tempat pembukaan. Selama ini pembukaan terpusat di Stadion Ngurah Rai Denpasar, untuk tahun ini beralih ke Lapangan Niti Mandala Denpasar, dengan harapan Porjar tidak saja diketahui atau dilihat oleh komunitas olahraga, tapi supaya seluruh masyarakat mengetahui gelaran akbar olahraga tahunan kalangan pelajar.

“Ya, selama ini kan terkesan Porjar untuk kalangan sendiri. Tapi sekarang pembukaan di Lapangan Niti Mandala Denpasar agar masyarakat juga mengetahui agenda olahraga Porjar,” jelanya.

 

Dispora Masih Mengusulkan Dana Popwil

Hasil Porjar menurut Kadispora Bali Jayawibawa akan dipersiapkan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak semua cabang olahraga mengikuti Popwil, tapi ada yang langsung bisa beraksi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kondisi ketersediaan anggaran Dispora Bali sepertinya tidak beda dengan tahun 2017, beberapa cabang olahraga tidak ikut Popnas karena sebelumnya tidak mengikuti Popwil. Ia mencontohkan cabang olahraga Silat harus melalui laga Popwil, jika lolos bisa tampil pada Popnas. Karena tahun 2017 tidak mengikuti Popwil maka Silat tidak tampil di Popnas, padahal cabang silat sangat potensi medali emas.

“Ya, karena masalah dana, sehingga pada tahun 2017 cabang silat tidak mengikuti Popwil,” kilahnya.

Nasib serupa sepertinya akan terulang kembali, mengingat hingga saat ini tidak ada dana yang diperuntukkan mengirim atlet ke Popwil dan Popnas. Jayawibawa mengakui tidak ada anggaran untuk dua kegiatan tersebut, namun Dispora Bali masih berjuang supaya memperoleh dana dari APBD Bali.

“Kami masih berjuang ke Provinsi supaya mendapat kucuran dana untuk mengirim atlet ke Popwil dan Popnas,” bebernya.

 

IMAGE KONI Bali Lepas Luh Eka Meidiani Pujahasita ke Jatim
Senin, 13 Agustus 2018
      Sentralbali.com – Pasca mediasi di Badan Abritase Olahraga Indonesia (BAORI), 3 Agustus lalu di Jakarta, tentang mutasi atlet judo asal Bangli atas nama Luh Eka Meidiani Pujahasita, akhirnya ditindaklanjuti oleh KONI Jawa Timur ke Bali. Sebelum mediasi tahap kedua 15... Read More...
IMAGE BAF Wadah Kreatifitas Komunitas Otomotif
Senin, 13 Agustus 2018
      Sentralbali.com – Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali menggelar Bali Automotif Fiesta (BAF) 2018 di Areal Parkir Pantai Padanggalak Kesiman, Denpasar, 18-19 Agustus. Ketua Umum Pengprov IMI Bali, Nyoman Seniweca menjelaskan kegiatan ini merupakan wadah... Read More...
IMAGE Kontingen Thailand Geser Lampung
Jumat, 03 Agustus 2018
      Indonesia Weightlifting Championship 2018 Sentralbali.com – Kontingen Thailand pada hari ke-4, Kamis (2/8/2018) mengambil alih posisi teratas dari Kontingen Lampung, di event Indonesia Weightlifting Championship 2018 di GOR Ngurah Rai Denpasar. Lifter Chontavin Thipwara... Read More...
IMAGE Cabor Petanque Menggeliat
Jumat, 03 Agustus 2018
    Gelar Jimbarwana Cup 4 Agustus 2018 Sentralbali.com – Atlet Petanque utusan dari sembilan kabupaten/kota se-Bali akan ‘unjuk gigi’ dalam kejuaraan bertajuk Jimbarwana Petanque Competition 2018 di Jembrana 4-5 Agustus 2018. Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Federasi... Read More...
IMAGE Judoka Masa Depan Nasional Asal Bali Ancang-ancang ke Jatim
Kamis, 02 Agustus 2018
    KONI Bali Dipanggil Sidang BAORI Sentralbali.com- Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI) memanggil KONI Provinsi Bali, Pengurus Nea Judo Club, KONI Kabupaten Bangli, dan Pengprov PJSI Bali selaku Termohon,   terkait permohonan mutasi atlet Judo asal Bali.  Dalam... Read More...
IMAGE Sepaktakraw Bali Juara II di Kejurnas
Rabu, 01 Agustus 2018
  Sentralbali.com – Tim sepaktakraw putri Bali memperlihatkan perkembangan pesat di level nasional khususnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) kategori Quadrat putri yang berakhir, Rabu (1/8/2018) di GOR Cendrawasih Jakarta Barat. Tim Bali yang bermaterikan tim inti meliputi Ni Wayan Ika... Read More...
IMAGE Kontingen Lampung Masih Teratas
Rabu, 01 Agustus 2018
      Ni Komang Diatmika Raih Perunggu   Sentralbali.com – Kontingan dari Provinsi Lampung masih memimpin raihan medali pada Indonesia Weightlifting Championship 2018, yang berlangsung di GOR Ngurah Rai Denpasar, Rabu (1/8/2018). Lampung untuk sementara meraih 3 medali... Read More...
SmartNews.Com