Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M

boy

 

 

Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas

Sentralbali.com Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri sebanyak 550 orang.

Di pesta olahraga kalangan pelajar yang akan berkahir 6 Juni mendatang tersebut mempertandingkan dan melombakan 21 cabang olahraga, dan 9 cabor eksibisi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Jumat (1/6/2018) menjelaskan, 9 cabang olahraga eksibisi karena faktor dana, padahal cabang olahraga tersebut sebagian sudah menggelar ekibisi lebih dari sekali. Ke-9 cabang olahraga ekibisi itu diantaranya kabaddi, petanque, menembak , panahan, balap sepeda, dansa, kempo, wushu, softball dan menembak.

“Anggaran terbatas sehingga 9 cabor itu masih eksibisi atau mengikuti Porjar dengan biaya sendiri, dan medalinya tidak masuk hitungan. Namun tahun 2019 diupayakan 9 cabor itu bisa resmi dipertandingkan,” kata Jayawibawa.

Sedangkan cabang olahraga yang resmi diantaranya atletik, bulutangkis, catur, voli indoor, voli pasir, renang, karate, cricket, woodball, panjat tebing, tenis meja, tenis lapangan, sepakbola, sepak takraw, senam, pencak silat, judo, taekwondo, gateball dan tarung derajat.

Terkait dengan anggaran 21 cabang olahraga dengan 4.574 atlet menghabiskan dana sekitar Rp2,5 miliar. Dana tersebut diperuntukan keperlukan konsumsi dan akomodasi bagi seluruh peserta Porjas dan para ofisial, wasit/ juri.

Jayawibawa menambahkan seluruh Kabupaten/ kota di Bali mengirimkan duta pelajar, seperti Badung mengirim dutanya sebanyak 667 orang, Bangli 400, Buleleng 500, Kota Denpasar 667, Gianyar 575 orang, Jembrana 450, Karangasem 400, Klungkung 400, dan  Tabanan 450 atlet.

Lebih lanjut dijelaskan, Porjar tahun ini ada perbedaan yakni tempat pembukaan. Selama ini pembukaan terpusat di Stadion Ngurah Rai Denpasar, untuk tahun ini beralih ke Lapangan Niti Mandala Denpasar, dengan harapan Porjar tidak saja diketahui atau dilihat oleh komunitas olahraga, tapi supaya seluruh masyarakat mengetahui gelaran akbar olahraga tahunan kalangan pelajar.

“Ya, selama ini kan terkesan Porjar untuk kalangan sendiri. Tapi sekarang pembukaan di Lapangan Niti Mandala Denpasar agar masyarakat juga mengetahui agenda olahraga Porjar,” jelanya.

 

Dispora Masih Mengusulkan Dana Popwil

Hasil Porjar menurut Kadispora Bali Jayawibawa akan dipersiapkan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak semua cabang olahraga mengikuti Popwil, tapi ada yang langsung bisa beraksi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kondisi ketersediaan anggaran Dispora Bali sepertinya tidak beda dengan tahun 2017, beberapa cabang olahraga tidak ikut Popnas karena sebelumnya tidak mengikuti Popwil. Ia mencontohkan cabang olahraga Silat harus melalui laga Popwil, jika lolos bisa tampil pada Popnas. Karena tahun 2017 tidak mengikuti Popwil maka Silat tidak tampil di Popnas, padahal cabang silat sangat potensi medali emas.

“Ya, karena masalah dana, sehingga pada tahun 2017 cabang silat tidak mengikuti Popwil,” kilahnya.

Nasib serupa sepertinya akan terulang kembali, mengingat hingga saat ini tidak ada dana yang diperuntukkan mengirim atlet ke Popwil dan Popnas. Jayawibawa mengakui tidak ada anggaran untuk dua kegiatan tersebut, namun Dispora Bali masih berjuang supaya memperoleh dana dari APBD Bali.

“Kami masih berjuang ke Provinsi supaya mendapat kucuran dana untuk mengirim atlet ke Popwil dan Popnas,” bebernya.

 

IMAGE Budi dan Coki Masuk Tim Inti Asian Games 2018
Rabu, 13 Juni 2018
      Sentralbali.com – Dua karateka asal Bali I Made Budi Kertiyasa dan Cokorda Istri Agung Sanistyarani (Coki), akhirnya berhak mengusung merah putih untuk tampil pada Asian Games 2018, setelah dalam seleksi, 11 Juni di Ciloto, Puncak, Jawa Barat menyingkirkan karateka asal... Read More...
IMAGE Pegolf Melati Putri Masuk Tim Inti Asian Games 2018
Senin, 11 Juni 2018
      Sentralbali.com –  Atlet Golf Bali Ida Ayu Indira Melati Putri terpilih menjadi tim inti Asian Games 2018. Dalam konferensi pers di Denpasar Senin, (11/6/2018) dihadapan Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Bali Anak Agung Gde... Read More...
IMAGE Target Denpasar Perkokoh Status Juara Umum
Jumat, 01 Juni 2018
    Sentralbali.com – Plt.Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara mengharapkan pelajar pilihan yang menjadi wakil Denpasar menuju Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali mampu mengaplikasikan bidikan memperkokoh status juara umum di event tersebut, dengan menjunjung sportivitas tinggi. ... Read More...
IMAGE Duta Pelajar Buleleng Usung Peningkatan Emas
Jumat, 01 Juni 2018
  Sentralbali.com – Duta olahraga kalangan Pelajar dari Buleleng mengusung mandate meningkatkan raihan medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2018. Target medali emas 65 medali emas, atau meningkat 6 emas dibanding event sama tahun 2017 mendapat 59 medali emas. Kabupaten... Read More...
IMAGE KONI Bali Pertimbangkan Olahraga Beregu
Jumat, 25 Mei 2018
      Sentralbali.com –Letak geografis penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang jauh di Papua, membuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali akan mempertimbangkan kelayakkan olahraga beregu. Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan jarak Papua yang... Read More...
IMAGE KONI Badung Kucurkan Dana Pembinaan Rp 2,6 M
Jumat, 25 Mei 2018
      Sentralbali.com – KONI Badung telah menggelontorkan dana senilai Rp2.6 miliar, diperuntukan bagi cabang olahraga (cabor). Ketua KONI Umum Badung Made Nariana menyebutkan, jumlah dana pembinaan bervariasi disesuaikan dengan grede. Para cabang olahraga tersebut menerima... Read More...
IMAGE Porprov Bali di Tabanan 2019 Pertandingkan 38 Cabor dan 440 Nomor
Rabu, 23 Mei 2018
        Voli Pasir Cabor Terkahir Masuk Porprov Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali memutuskan 38 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan dilombakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2019 di Kabupaten Tabanan. Dari jumlah cabor... Read More...
SmartNews.Com