Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M

boy

 

 

Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas

Sentralbali.com Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri sebanyak 550 orang.

Di pesta olahraga kalangan pelajar yang akan berkahir 6 Juni mendatang tersebut mempertandingkan dan melombakan 21 cabang olahraga, dan 9 cabor eksibisi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Jumat (1/6/2018) menjelaskan, 9 cabang olahraga eksibisi karena faktor dana, padahal cabang olahraga tersebut sebagian sudah menggelar ekibisi lebih dari sekali. Ke-9 cabang olahraga ekibisi itu diantaranya kabaddi, petanque, menembak , panahan, balap sepeda, dansa, kempo, wushu, softball dan menembak.

“Anggaran terbatas sehingga 9 cabor itu masih eksibisi atau mengikuti Porjar dengan biaya sendiri, dan medalinya tidak masuk hitungan. Namun tahun 2019 diupayakan 9 cabor itu bisa resmi dipertandingkan,” kata Jayawibawa.

Sedangkan cabang olahraga yang resmi diantaranya atletik, bulutangkis, catur, voli indoor, voli pasir, renang, karate, cricket, woodball, panjat tebing, tenis meja, tenis lapangan, sepakbola, sepak takraw, senam, pencak silat, judo, taekwondo, gateball dan tarung derajat.

Terkait dengan anggaran 21 cabang olahraga dengan 4.574 atlet menghabiskan dana sekitar Rp2,5 miliar. Dana tersebut diperuntukan keperlukan konsumsi dan akomodasi bagi seluruh peserta Porjas dan para ofisial, wasit/ juri.

Jayawibawa menambahkan seluruh Kabupaten/ kota di Bali mengirimkan duta pelajar, seperti Badung mengirim dutanya sebanyak 667 orang, Bangli 400, Buleleng 500, Kota Denpasar 667, Gianyar 575 orang, Jembrana 450, Karangasem 400, Klungkung 400, dan  Tabanan 450 atlet.

Lebih lanjut dijelaskan, Porjar tahun ini ada perbedaan yakni tempat pembukaan. Selama ini pembukaan terpusat di Stadion Ngurah Rai Denpasar, untuk tahun ini beralih ke Lapangan Niti Mandala Denpasar, dengan harapan Porjar tidak saja diketahui atau dilihat oleh komunitas olahraga, tapi supaya seluruh masyarakat mengetahui gelaran akbar olahraga tahunan kalangan pelajar.

“Ya, selama ini kan terkesan Porjar untuk kalangan sendiri. Tapi sekarang pembukaan di Lapangan Niti Mandala Denpasar agar masyarakat juga mengetahui agenda olahraga Porjar,” jelanya.

 

Dispora Masih Mengusulkan Dana Popwil

Hasil Porjar menurut Kadispora Bali Jayawibawa akan dipersiapkan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak semua cabang olahraga mengikuti Popwil, tapi ada yang langsung bisa beraksi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kondisi ketersediaan anggaran Dispora Bali sepertinya tidak beda dengan tahun 2017, beberapa cabang olahraga tidak ikut Popnas karena sebelumnya tidak mengikuti Popwil. Ia mencontohkan cabang olahraga Silat harus melalui laga Popwil, jika lolos bisa tampil pada Popnas. Karena tahun 2017 tidak mengikuti Popwil maka Silat tidak tampil di Popnas, padahal cabang silat sangat potensi medali emas.

“Ya, karena masalah dana, sehingga pada tahun 2017 cabang silat tidak mengikuti Popwil,” kilahnya.

Nasib serupa sepertinya akan terulang kembali, mengingat hingga saat ini tidak ada dana yang diperuntukkan mengirim atlet ke Popwil dan Popnas. Jayawibawa mengakui tidak ada anggaran untuk dua kegiatan tersebut, namun Dispora Bali masih berjuang supaya memperoleh dana dari APBD Bali.

“Kami masih berjuang ke Provinsi supaya mendapat kucuran dana untuk mengirim atlet ke Popwil dan Popnas,” bebernya.

 

IMAGE Menuju Pra-PON, IMI Bali Kantongi Nama Pembalap
Jumat, 11 Januari 2019
      Sentralbali.com - Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali khususnya bidang roda dua telah mengantisipasi bila gelaran Pra-PON cabang otomotif  berlangsung sebelum atau setelah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali. Jika Pra-PON dilaksanakan sebelum Porprov Bali, maka... Read More...
IMAGE Porprov Bali 2019 di Tabanan, Gianyar Emban Misi 3 Besar
Rabu, 09 Januari 2019
      Sentralbali.com – Multi event olahraga dua tahunan level Bali selain membangkitkan semangat berkompetisi, tidak dipungkiri ajang bergengsi untuk menggaet prestasi juara. Selama gelaran Porprov Bali perebutan level tertinggi masih dipegang dua kontingen yakni Badung dan... Read More...
IMAGE KONI Bali Revisi Target Jadi 31 Emas
Rabu, 09 Januari 2019
      Ikuti Target Versi Jawa Timur Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali di awal tahun 2019 merevisi target raihan medali emas pada hajatan olahraga empat tahunan yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Pada tahun 2018, Ketua... Read More...
IMAGE IMI Roda Dua Konsen Porprov dan Pra-PON
Rabu, 09 Januari 2019
    Sentralbali.com –  Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali  merancang kegiatan sepanjang tahun 2019, dengan fokus persiapan Porprov dan Pra-PON. Cabang olahraga otomotif khususnya roda dua melakukan aktivitas sepanjang tahun 2018 sebanyak 32 kali skala lokal dan... Read More...
IMAGE Ida Bagus Surya Suamba Pimpin Pergatsi Badung
Minggu, 30 Desember 2018
      Janjikan Fasilitas Lapangan Gateball Sentralbali.com – Kadis PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba memperoleh mandate dari klub-klub Gateball untuk menahkodai Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Badung periode 2018-2022, pada Musorkab, Sabtu... Read More...
IMAGE YEOPC Sebagai Wahana Test Event Porprov Bali
Minggu, 30 Desember 2018
    Sentralbali.com – Pengprov FOPI (Federasi Olahraga Pentaque Indonesia) Bali untuk pertama kalinya menggelar Kejuaraan Nasional bertajuk Year End Open Petanque Competition 2018, terpusat di komplek Stadion Debes, Tabanan, Sabtu (29/12/2018). Kejuaraan yang diikuti 399 atlet... Read More...
IMAGE IWbA Bali Gelar Woodball Series
Minggu, 30 Desember 2018
      Jaring Atlet Menuju Pra-PON Sentralbali.com – Pengprov Indonesia Woodball Asosiation (IWbA) Bali menggalang peningkatan kualitas atlet melalui Woodball Series, yang akhir pekan ini memasuki kegiatan ke-4 dari 6 series yang direncanakan. Series ke-3 yang berlangsung di... Read More...
SmartNews.Com