Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M

boy

 

 

Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas

Sentralbali.com Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri sebanyak 550 orang.

Di pesta olahraga kalangan pelajar yang akan berkahir 6 Juni mendatang tersebut mempertandingkan dan melombakan 21 cabang olahraga, dan 9 cabor eksibisi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Jumat (1/6/2018) menjelaskan, 9 cabang olahraga eksibisi karena faktor dana, padahal cabang olahraga tersebut sebagian sudah menggelar ekibisi lebih dari sekali. Ke-9 cabang olahraga ekibisi itu diantaranya kabaddi, petanque, menembak , panahan, balap sepeda, dansa, kempo, wushu, softball dan menembak.

“Anggaran terbatas sehingga 9 cabor itu masih eksibisi atau mengikuti Porjar dengan biaya sendiri, dan medalinya tidak masuk hitungan. Namun tahun 2019 diupayakan 9 cabor itu bisa resmi dipertandingkan,” kata Jayawibawa.

Sedangkan cabang olahraga yang resmi diantaranya atletik, bulutangkis, catur, voli indoor, voli pasir, renang, karate, cricket, woodball, panjat tebing, tenis meja, tenis lapangan, sepakbola, sepak takraw, senam, pencak silat, judo, taekwondo, gateball dan tarung derajat.

Terkait dengan anggaran 21 cabang olahraga dengan 4.574 atlet menghabiskan dana sekitar Rp2,5 miliar. Dana tersebut diperuntukan keperlukan konsumsi dan akomodasi bagi seluruh peserta Porjas dan para ofisial, wasit/ juri.

Jayawibawa menambahkan seluruh Kabupaten/ kota di Bali mengirimkan duta pelajar, seperti Badung mengirim dutanya sebanyak 667 orang, Bangli 400, Buleleng 500, Kota Denpasar 667, Gianyar 575 orang, Jembrana 450, Karangasem 400, Klungkung 400, dan  Tabanan 450 atlet.

Lebih lanjut dijelaskan, Porjar tahun ini ada perbedaan yakni tempat pembukaan. Selama ini pembukaan terpusat di Stadion Ngurah Rai Denpasar, untuk tahun ini beralih ke Lapangan Niti Mandala Denpasar, dengan harapan Porjar tidak saja diketahui atau dilihat oleh komunitas olahraga, tapi supaya seluruh masyarakat mengetahui gelaran akbar olahraga tahunan kalangan pelajar.

“Ya, selama ini kan terkesan Porjar untuk kalangan sendiri. Tapi sekarang pembukaan di Lapangan Niti Mandala Denpasar agar masyarakat juga mengetahui agenda olahraga Porjar,” jelanya.

 

Dispora Masih Mengusulkan Dana Popwil

Hasil Porjar menurut Kadispora Bali Jayawibawa akan dipersiapkan tampil pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak semua cabang olahraga mengikuti Popwil, tapi ada yang langsung bisa beraksi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

Kondisi ketersediaan anggaran Dispora Bali sepertinya tidak beda dengan tahun 2017, beberapa cabang olahraga tidak ikut Popnas karena sebelumnya tidak mengikuti Popwil. Ia mencontohkan cabang olahraga Silat harus melalui laga Popwil, jika lolos bisa tampil pada Popnas. Karena tahun 2017 tidak mengikuti Popwil maka Silat tidak tampil di Popnas, padahal cabang silat sangat potensi medali emas.

“Ya, karena masalah dana, sehingga pada tahun 2017 cabang silat tidak mengikuti Popwil,” kilahnya.

Nasib serupa sepertinya akan terulang kembali, mengingat hingga saat ini tidak ada dana yang diperuntukkan mengirim atlet ke Popwil dan Popnas. Jayawibawa mengakui tidak ada anggaran untuk dua kegiatan tersebut, namun Dispora Bali masih berjuang supaya memperoleh dana dari APBD Bali.

“Kami masih berjuang ke Provinsi supaya mendapat kucuran dana untuk mengirim atlet ke Popwil dan Popnas,” bebernya.

 

IMAGE Suwandi Sebut Perkemi Bali Organisasi Sehat
Minggu, 21 Oktober 2018
      Kejuaraan Kempo HLN Cup 2018 Sentralbali.com – Gebrakan positif dilakukan Perkemi Bali yang terus bersama-sama menggelar event bersama PLN Bali. Rutinitas program yang dilakukan itu diyakini akan membawa kualitas para kenshi Bali menuju raihan prestasi gemilang di level... Read More...
IMAGE FPTI Bali Plong, Panjat Tebing Resmi Main di PON Papua
Sabtu, 20 Oktober 2018
      Sentralbali.com – Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika mengaku plong  hasil  keputusan akhir Pengurus Pusat (PP) FPTI dengan KONI Pusat terkait cabang panjat tebing resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional... Read More...
IMAGE Pecatur Bali Gecy Semakin Meroket
Sabtu, 20 Oktober 2018
        Raih Emas  Kejurnas Catur 2018 di Banda Aceh   Sentralbali.com – Pecatur Bali bergelar Masternasional Wanita (MNW) Gracelia Paramesti Samekto, pantas menyandang status penyelamat kontingen Pulau Dewata pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur 2018 di... Read More...
IMAGE Kejurnas Catur 2018, Gecy Masih Dipapan Atas
Jumat, 12 Oktober 2018
          Sentralbali.com – Pecatur Bali asal Badung Gracelia Paramesthi Samekto yang akrab disapa Gecy unggulan pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur 2018 di Banda Aceh, hingga babak ke-4 masih bertahan dipapan atas atau bermain di meja satu.   Sampai... Read More...
IMAGE Denpasar Open Cabor Taekwondo Libatkan 1.200 Atlet
Jumat, 12 Oktober 2018
        Sentralbali.com – Lima provinsi memastikan mengirim taekwondoinnya ke ajang kejuaraan taekwondo Denpasar Open, 19-21 Oktober 2018 di GOR Lila Bhuana Denpasar. Ke-5 provinsi itu meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, NTB, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain... Read More...
IMAGE FOPI Tabanan Gelar Coaching Clinic
Jumat, 12 Oktober 2018
      Sentralbali.com – Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kab. Tabanan bekerjasama dengan KONI Tabanan, menggelar Coaching Clinic dibuka Ketua Umum KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan, bertempat di lapangan Petanque, Komplek Stadion Debes Tabanan, Bali, Kamis... Read More...
IMAGE Dari Saresehan, Prestasi Olahraga Tergantung Kemauan Pemerintah
Jumat, 12 Oktober 2018
          Sentralbali.com – Akademisi DR Budiawan mengatakan, prestasi olahraga suatu daerah tergantung “willingness” (kemauan) pemerintah, yang ada kaitannya dengan kucuran dana pembinaan. Besaran dana pembinaan yang disalurkan ke Komite Olahraga Nasional... Read More...
SmartNews.Com