Penggemar Sepeda Tua dari 30 Negara Kumpul di Bali

panitia sepeda tua

 

 

Sentralbali.com Penggemar sepeda tua dari 30 negara berkumpul di Bali untuk meramaikan kongres dan reli asosiasi sepeda tua internasional, International Veteran Cycle Association (IVCA) 2018 pada 12-15 April 2018.

Rangkaian acara IVCA 2018 diawali dengan kirab estafat trofi IVCA oleh 10 peserta inti dan ratusan penggemar sepeda tua anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dan Pantai Anyer, Banten pada 24 Maret 2018.

Setelah menggowes sepeda tua sejauh kurang lebih 1.500 km dengan melewati 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali, peserta akhirnya tiba di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar pada 10 April 2018.

Adapun rangkaian acara IVCA 2018 di Bal meliputi cultural tide sejauh 20 km dan penanaman mangrove di Pantai Serangan sebagai ajang untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Vintage Bicycle Village dengan tema 'Kampoeng Jadoel', serta fun race berbagai kategori.

Pada puncak acara, peserta akan melakukan parade sepeda internasional berkeliling Denpasar sejauh 25 km dengan pakaian khas negara masing-masing dalam semangat keberagaman. Sedangkan peserta dari Indonesia akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah.

Parade sepeda tua dengan lebih dari 10.000 peserta ini juga akan memecahkan rekor Guinness Book of Record dalam kategori Parade Sepeda Klasik Terbesar di seluruh Dunia.
Ketua umum KOSTI Joko R. Prihartono mengatakan, IVCA 2018 menjadi ajang berkumpulnya penggemar sepeda tua dari seluruh dunia. "Kami ingin melestarikan budaya Indonesia melalui sepeda tua. Parade sepeda tua ini menjadi kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena merupakan cermin kekayaan budaya kita," jelasnya di Denpasar, Rabu (11/4/2018).
Sementara itu Ketua Panitia IVCA 2018 Bambang Waluyojati mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IVCA 2018 merupakan suatu kebanggaan karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak kongres IVCA pertama kali di Grantham, Inggris pada tahun 1981. Indonesia juga merupakan negara yang memiliki penggemar sepeda tua terbanyak di seluruh dunia.
Itu sebabnya pilihan tema IVCA 2018 adalah Menjunjung Tinggi Keberagaman dan Pluralitas "Kami berharap acara ini dapat membuka mata dunia khususnya bangsa sendiri, bahwa sepeda itu menyenangkan dan dapat menjadi alat pemersatu bangsa karena lintas suku, golongan, dan agama," jelas Bambang.
Selain itu peserta dari mancanegara memilih Bali sebagai tempat kegiatan, sekaligus memberi kesempatan kepada Indonesia khususnya Bali untuk memperlihatkan realitas keamanan, pasca erupsi Gunung Agung.

Perhelatan akbar IVCA 2018 ini juga bertujuan untuk merumuskan rekomendasi terkait kebijakan transportasi yang ramah lingkungan di tanah air.

 

IMAGE Kadin Bali Dukung FPTI Menuju Sport Tourism
Minggu, 22 April 2018
    Sentralbali.com – Tantangan bagi pengurus FPTI Bali perionde 2017-2021 dibawah kendali Putu Yudiatmika, untuk mewujukan sport tourism. Potensi alam yang dimiliki Bali untuk mendukung pariwisata diperlukan keterlibatan berbagai cabang olahraga diantaranya panjat tebing untuk... Read More...
IMAGE Bupati Buleleng : Perlu Galakkan Sport Tourism
Sabtu, 21 April 2018
    Pelantikan Pengurus KONI Buleleng 2017-2021 Sentralbali.com – Pemkab Buleleng memberikan ruang seluas-luasnya kepada KONI Buleleng untuk berdiskusi bagaimana mengembangkan olahraga di Kabupaten Buleleng khususnya sport tourism. Hal tersebut disampaikan Bupati Buleleng, Putu... Read More...
IMAGE Dojo Jaya Murti Fokus Kumite
Selasa, 17 April 2018
      Sentralbali.com – Dojo Jaya Murti terpusat di GOR Dalung meramaikan persaingan cabang karate di Kabupaten Badung. Dojo atau tempat latihan perguruan Kushin Ryu M. Karatedo Indonesia (KKI) berdiri tahun 2016 didirikan oleh karateka nasional atas nama Ketut Murti. Karateka... Read More...
IMAGE KONI Bali Khawatir Hasil Bidding PON XX Terulang
Selasa, 17 April 2018
    Tentang Bidding PON XXI di Jakarta Sentralbali.com – Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan menjadi penentu utama siapa yang terpilih menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Bidding Host PON 2024 yang akan dilaksanakan 24 April... Read More...
IMAGE Mangku Pastika Bangga Kenakan Syal Flobamora
Sabtu, 14 April 2018
    Gubernur Bali Pastika akan Membuka Flobamora Cup IX Sentralbali.com – Gubernur Bali I Made Mangku Pastika akan membuka Turnamen Sepak Bola Flobamora Cup IX , di Stadion Ngurah Rai Denpasar, 15 April 2018. Hal tersebut disampaikan Mangku Pastika saat menerima audiensi dari... Read More...
IMAGE Plt. Walikota Denpasar Minta Flobamora Cup Jadi Contoh
Kamis, 12 April 2018
    Sentralbali.com – Sepakbola Flobamora Cup harus menjadi contoh bagi paguyuban lain dalam membangun persaudaraan. Apalagi semua yang bermain resmi terdaftar di database online. Ini hal yang luar biasa. Flobamora Bali secara tidak langsung sudah ikut meringankan tanggung jawab... Read More...
IMAGE Galang Dukungan Berakhir di Papua Barat
Kamis, 12 April 2018
      Sentralbali.com – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Ketut Suwandi didampingi beberapa pengurus menggalang dukungan sebagai host PON XXI/2024 berakhir di Papua Barat, Rabu (11/4/2018) diterima Gubernur Papua Barat Domingus Mandacan di ruang... Read More...
SmartNews.Com