Penggemar Sepeda Tua dari 30 Negara Kumpul di Bali

panitia sepeda tua

 

 

Sentralbali.com Penggemar sepeda tua dari 30 negara berkumpul di Bali untuk meramaikan kongres dan reli asosiasi sepeda tua internasional, International Veteran Cycle Association (IVCA) 2018 pada 12-15 April 2018.

Rangkaian acara IVCA 2018 diawali dengan kirab estafat trofi IVCA oleh 10 peserta inti dan ratusan penggemar sepeda tua anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dan Pantai Anyer, Banten pada 24 Maret 2018.

Setelah menggowes sepeda tua sejauh kurang lebih 1.500 km dengan melewati 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali, peserta akhirnya tiba di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar pada 10 April 2018.

Adapun rangkaian acara IVCA 2018 di Bal meliputi cultural tide sejauh 20 km dan penanaman mangrove di Pantai Serangan sebagai ajang untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Vintage Bicycle Village dengan tema 'Kampoeng Jadoel', serta fun race berbagai kategori.

Pada puncak acara, peserta akan melakukan parade sepeda internasional berkeliling Denpasar sejauh 25 km dengan pakaian khas negara masing-masing dalam semangat keberagaman. Sedangkan peserta dari Indonesia akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah.

Parade sepeda tua dengan lebih dari 10.000 peserta ini juga akan memecahkan rekor Guinness Book of Record dalam kategori Parade Sepeda Klasik Terbesar di seluruh Dunia.
Ketua umum KOSTI Joko R. Prihartono mengatakan, IVCA 2018 menjadi ajang berkumpulnya penggemar sepeda tua dari seluruh dunia. "Kami ingin melestarikan budaya Indonesia melalui sepeda tua. Parade sepeda tua ini menjadi kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena merupakan cermin kekayaan budaya kita," jelasnya di Denpasar, Rabu (11/4/2018).
Sementara itu Ketua Panitia IVCA 2018 Bambang Waluyojati mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah IVCA 2018 merupakan suatu kebanggaan karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak kongres IVCA pertama kali di Grantham, Inggris pada tahun 1981. Indonesia juga merupakan negara yang memiliki penggemar sepeda tua terbanyak di seluruh dunia.
Itu sebabnya pilihan tema IVCA 2018 adalah Menjunjung Tinggi Keberagaman dan Pluralitas "Kami berharap acara ini dapat membuka mata dunia khususnya bangsa sendiri, bahwa sepeda itu menyenangkan dan dapat menjadi alat pemersatu bangsa karena lintas suku, golongan, dan agama," jelas Bambang.
Selain itu peserta dari mancanegara memilih Bali sebagai tempat kegiatan, sekaligus memberi kesempatan kepada Indonesia khususnya Bali untuk memperlihatkan realitas keamanan, pasca erupsi Gunung Agung.

Perhelatan akbar IVCA 2018 ini juga bertujuan untuk merumuskan rekomendasi terkait kebijakan transportasi yang ramah lingkungan di tanah air.

 

IMAGE Yudi Atmika Lantik Pengkab FPTI Buleleng
Rabu, 19 Desember 2018
    Sentralbali.com – Ketua Umum Pengprov Federasi  Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali mengapresiasi kesungguhan FPTI Buleleng tentang kesungguhan menjabarkan organisasi yang sehat. Tidak perlu waktu lama setelah Musorkab FPTI Buleleng sehari kemudian menggelar pelantikan... Read More...
IMAGE Penataran Wasit/Juri Mengawali Gubernur Cup 2018 Cabor Karate
Selasa, 18 Desember 2018
      Sentralbali.com – Gubernur Cup cabang olahraga karate di GOR Lila Bhuana Denpasar, akan melibatkan 800 karateka dari 43 kontingen. Event ini dinilai bergengsi mengingat yang tampil membawa dojo masing-masing dari perguruan anggota Federasi Olahraga Karate-do Indonesia... Read More...
IMAGE BOC Jadi Agenda Tahunan
Senin, 17 Desember 2018
      Pande Made Jaya Sedana Putra Juara Pemula Putra Sentralbali.com – Internasional Balap Sepeda bertajuk Bali Open Criterium 2018 menjadi momen penting bagi atlet Balap Sepeda di Pulau Dewata untuk kekayaan pengalaman dan mental dari luar Bali termasuk sejumlah partisipan... Read More...
IMAGE Badung Raih Perak, Denpasar Emas
Senin, 17 Desember 2018
    Mangupura Cup Kabaddi Championship 2018 Sentralbali.com – Tim kabaddi putra tuan rumah Kabupaten Badung harus puas meraih medali perak pada partai final kejuaraan  Mangupura Cup Kabaddi Championship 2018  di GOR Purna Krida, Badung, Sabtu (15/12/2018). Anak asuh... Read More...
IMAGE 513 Pesilat Bhakti Negara Denpasar Ikuti Pendekar Cup XIX
Senin, 17 Desember 2018
    Sentralbali.com – 513 pesilat PSPS Bhakti Negara terlibat dalam kejuaraan bertajuk Pendekar Cup XIX/ 2018 memperebutkan Piala Walikota Denpasar yang dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Minggu (16/12/2018) di GOR Ngurah Rai, Denpasar. Wakil Walikota Denpasar, I.GN... Read More...
IMAGE Klub Panahan Fast Pulomas Jakarta Juara Umum
Sabtu, 15 Desember 2018
    Grand Indonesia Open Archery Championship 2018 Sentralbali.com –  Fast Pulomas menjadi juara umum dalam Grand Indonesia Open Archery Championshio 2018 dengan memperoleh medali emas 22, perak 23, perunggu 13 medali. Perpani Denpasar selaku tuan rumah juga berhasil membuat... Read More...
IMAGE Cabor Kabaddi dari Badung untuk Bali
Jumat, 14 Desember 2018
        Mangupura Cup I /2018 di GOR Purna Krida Sentralbali.com – Ketua Umum KONI Kabupaten Badung, Made Nariana, sangat mengapreasi program pembinaan yang digalang Pengkab Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia, (Foksi) Badung. Salah satu yang direspon positif... Read More...
SmartNews.Com