KONI Bali Kawal Pexi Masuk Porprov 2019

pexi

 

 

Sentralbali.com -   Kesungguhan Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali tidak perlu diragukan, belum setahun organisasi Pexi atau catur gajah sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Bali. Bahkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIII/2017 di Gianyar berhasil menggelar eksibisi dengan melibatkan seluruh atlet dari kabupaten/ kota.

Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan itu pada syukuran Kejurnas Xianggi, dan Porprov Bali 2017 di Denpasar, Minggu (7/1/2018).

Tidak hanya itu, KONI Bali telah melihat upaya percepatan prestasi dari Pexi Bali yang diwujudkan dengan keterlibatan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Karena organisasi olahraga baru, tentu ukuran prestasi belum menjadi ukuran.

“Pexi kan organisasi baru belum ada 2 tahun kalau pun prestasinya masuk 5 besar sudah baik, apalagi di kategori junior peringkat 2, maka hasil itu dinilai sangat membanggakan proyeksi ke depan,” kata Suwandi.

Melihat aktivitas organisasi Pexi yang sudah merambah ke seluruh kabupaten/ kota dinilai Suwandi hal yang luar biasa, kata Suwandi terdapat cabang olahraga yang sudah lama berdiri di tingkat Provinsi, tapi kesulitan membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota. Karena itu tidak berlebihan jika Pexi ini pantas masuk perhelatan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan.

“Dari faktor persyaratan Pexi Bali sudah sangat memenuhi syarat, karena syarat minimal 5 kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota, tapi Pexi sudah berdiri di semua kabupaten/ kota, sekarang tinggal meyakinkan tuan rumah Porprov Bali 2019,” ucap Suwandi.

Meyakinkan tuan rumah Porprov Bali kata Suwandi, apakah tuan rumah mampu bersaing di cabang olahraga ini. Bila itu bisa dilakukan, dan tuan rumah Porprov Bali menyetujui, maka KONI Bali selaku top organisasi olahraga teratas di tatanan Bali akan menyetujui Pexi masuk Porprov Bali.

“Tidak ada alasan jika menolak Pexi, bila mampu memenuhi persyaratan Porprov Bali, apalagi mampu meyakinkan tuan rumah,”tegasnya.

Suwandi minta kepada Pengprov Pexi Bali untuk tidak puas diri, karena olahraga bisa maju bila mampu merambah ke sekolah-sekolah. Sembari membangu di kabupaten/ kota, agar Pexi Bali juga sowan dengan Dinas Pendidikan Bali, agar cabang olahraga ini bisa masuk ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

“Sowan ke Dinas Pendidikan perlu dilakukan supaya cabang Pexi bisa menjadi salah satu cabang olahraga pilihan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali, Awaludin Ahai ditempat sama menjelaskan, pada kejurnas 2017, atlet Bali di kategori senior berada diperingkat 6, tapi di kelompok junior putri bertengger diperingkat 2, sedangkan junior putra menempati peringkat 4 nasional.

“Kejurnas tersebut merupakan baru keterlibatan Pexi Bali, ke depan optimis bisa menggapai prestasi yang lebih baik,” ujar Awaludin.

Ia pun sangat berharap cabang catur gajah ini sejajar dengan cabang olahraga lainnya yang lebih dulu eksis salah satunya bisa masuk Porprov Bali. Menurutnya dengan keterlibatan di Porprov Bali, akan membangkitkan semangat berlipat-lipat bagi pembina dan atlet untuk melakukan aktivitasnya menuju prestasi.

“Bila diwadahi dalam Porprov para pembina dan atlet motivasinya akan terangkat, dan muaranya pada kompetisi menuju prestasi Bali dan nasional,” pungkasnya.

 

 

IMAGE Yudi Atmika Lantik Pengkab FPTI Buleleng
Rabu, 19 Desember 2018
    Sentralbali.com – Ketua Umum Pengprov Federasi  Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali mengapresiasi kesungguhan FPTI Buleleng tentang kesungguhan menjabarkan organisasi yang sehat. Tidak perlu waktu lama setelah Musorkab FPTI Buleleng sehari kemudian menggelar pelantikan... Read More...
IMAGE Penataran Wasit/Juri Mengawali Gubernur Cup 2018 Cabor Karate
Selasa, 18 Desember 2018
      Sentralbali.com – Gubernur Cup cabang olahraga karate di GOR Lila Bhuana Denpasar, akan melibatkan 800 karateka dari 43 kontingen. Event ini dinilai bergengsi mengingat yang tampil membawa dojo masing-masing dari perguruan anggota Federasi Olahraga Karate-do Indonesia... Read More...
IMAGE BOC Jadi Agenda Tahunan
Senin, 17 Desember 2018
      Pande Made Jaya Sedana Putra Juara Pemula Putra Sentralbali.com – Internasional Balap Sepeda bertajuk Bali Open Criterium 2018 menjadi momen penting bagi atlet Balap Sepeda di Pulau Dewata untuk kekayaan pengalaman dan mental dari luar Bali termasuk sejumlah partisipan... Read More...
IMAGE Badung Raih Perak, Denpasar Emas
Senin, 17 Desember 2018
    Mangupura Cup Kabaddi Championship 2018 Sentralbali.com – Tim kabaddi putra tuan rumah Kabupaten Badung harus puas meraih medali perak pada partai final kejuaraan  Mangupura Cup Kabaddi Championship 2018  di GOR Purna Krida, Badung, Sabtu (15/12/2018). Anak asuh... Read More...
IMAGE 513 Pesilat Bhakti Negara Denpasar Ikuti Pendekar Cup XIX
Senin, 17 Desember 2018
    Sentralbali.com – 513 pesilat PSPS Bhakti Negara terlibat dalam kejuaraan bertajuk Pendekar Cup XIX/ 2018 memperebutkan Piala Walikota Denpasar yang dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Minggu (16/12/2018) di GOR Ngurah Rai, Denpasar. Wakil Walikota Denpasar, I.GN... Read More...
IMAGE Klub Panahan Fast Pulomas Jakarta Juara Umum
Sabtu, 15 Desember 2018
    Grand Indonesia Open Archery Championship 2018 Sentralbali.com –  Fast Pulomas menjadi juara umum dalam Grand Indonesia Open Archery Championshio 2018 dengan memperoleh medali emas 22, perak 23, perunggu 13 medali. Perpani Denpasar selaku tuan rumah juga berhasil membuat... Read More...
IMAGE Cabor Kabaddi dari Badung untuk Bali
Jumat, 14 Desember 2018
        Mangupura Cup I /2018 di GOR Purna Krida Sentralbali.com – Ketua Umum KONI Kabupaten Badung, Made Nariana, sangat mengapreasi program pembinaan yang digalang Pengkab Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia, (Foksi) Badung. Salah satu yang direspon positif... Read More...
SmartNews.Com