KONI Bali Kawal Pexi Masuk Porprov 2019

pexi

 

 

Sentralbali.com -   Kesungguhan Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali tidak perlu diragukan, belum setahun organisasi Pexi atau catur gajah sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Bali. Bahkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIII/2017 di Gianyar berhasil menggelar eksibisi dengan melibatkan seluruh atlet dari kabupaten/ kota.

Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan itu pada syukuran Kejurnas Xianggi, dan Porprov Bali 2017 di Denpasar, Minggu (7/1/2018).

Tidak hanya itu, KONI Bali telah melihat upaya percepatan prestasi dari Pexi Bali yang diwujudkan dengan keterlibatan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Karena organisasi olahraga baru, tentu ukuran prestasi belum menjadi ukuran.

“Pexi kan organisasi baru belum ada 2 tahun kalau pun prestasinya masuk 5 besar sudah baik, apalagi di kategori junior peringkat 2, maka hasil itu dinilai sangat membanggakan proyeksi ke depan,” kata Suwandi.

Melihat aktivitas organisasi Pexi yang sudah merambah ke seluruh kabupaten/ kota dinilai Suwandi hal yang luar biasa, kata Suwandi terdapat cabang olahraga yang sudah lama berdiri di tingkat Provinsi, tapi kesulitan membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota. Karena itu tidak berlebihan jika Pexi ini pantas masuk perhelatan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan.

“Dari faktor persyaratan Pexi Bali sudah sangat memenuhi syarat, karena syarat minimal 5 kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota, tapi Pexi sudah berdiri di semua kabupaten/ kota, sekarang tinggal meyakinkan tuan rumah Porprov Bali 2019,” ucap Suwandi.

Meyakinkan tuan rumah Porprov Bali kata Suwandi, apakah tuan rumah mampu bersaing di cabang olahraga ini. Bila itu bisa dilakukan, dan tuan rumah Porprov Bali menyetujui, maka KONI Bali selaku top organisasi olahraga teratas di tatanan Bali akan menyetujui Pexi masuk Porprov Bali.

“Tidak ada alasan jika menolak Pexi, bila mampu memenuhi persyaratan Porprov Bali, apalagi mampu meyakinkan tuan rumah,”tegasnya.

Suwandi minta kepada Pengprov Pexi Bali untuk tidak puas diri, karena olahraga bisa maju bila mampu merambah ke sekolah-sekolah. Sembari membangu di kabupaten/ kota, agar Pexi Bali juga sowan dengan Dinas Pendidikan Bali, agar cabang olahraga ini bisa masuk ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

“Sowan ke Dinas Pendidikan perlu dilakukan supaya cabang Pexi bisa menjadi salah satu cabang olahraga pilihan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali, Awaludin Ahai ditempat sama menjelaskan, pada kejurnas 2017, atlet Bali di kategori senior berada diperingkat 6, tapi di kelompok junior putri bertengger diperingkat 2, sedangkan junior putra menempati peringkat 4 nasional.

“Kejurnas tersebut merupakan baru keterlibatan Pexi Bali, ke depan optimis bisa menggapai prestasi yang lebih baik,” ujar Awaludin.

Ia pun sangat berharap cabang catur gajah ini sejajar dengan cabang olahraga lainnya yang lebih dulu eksis salah satunya bisa masuk Porprov Bali. Menurutnya dengan keterlibatan di Porprov Bali, akan membangkitkan semangat berlipat-lipat bagi pembina dan atlet untuk melakukan aktivitasnya menuju prestasi.

“Bila diwadahi dalam Porprov para pembina dan atlet motivasinya akan terangkat, dan muaranya pada kompetisi menuju prestasi Bali dan nasional,” pungkasnya.

 

 

IMAGE Budi dan Coki Masuk Tim Inti Asian Games 2018
Rabu, 13 Juni 2018
      Sentralbali.com – Dua karateka asal Bali I Made Budi Kertiyasa dan Cokorda Istri Agung Sanistyarani (Coki), akhirnya berhak mengusung merah putih untuk tampil pada Asian Games 2018, setelah dalam seleksi, 11 Juni di Ciloto, Puncak, Jawa Barat menyingkirkan karateka asal... Read More...
IMAGE Pegolf Melati Putri Masuk Tim Inti Asian Games 2018
Senin, 11 Juni 2018
      Sentralbali.com –  Atlet Golf Bali Ida Ayu Indira Melati Putri terpilih menjadi tim inti Asian Games 2018. Dalam konferensi pers di Denpasar Senin, (11/6/2018) dihadapan Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Bali Anak Agung Gde... Read More...
IMAGE Target Denpasar Perkokoh Status Juara Umum
Jumat, 01 Juni 2018
    Sentralbali.com – Plt.Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara mengharapkan pelajar pilihan yang menjadi wakil Denpasar menuju Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali mampu mengaplikasikan bidikan memperkokoh status juara umum di event tersebut, dengan menjunjung sportivitas tinggi. ... Read More...
IMAGE Duta Pelajar Buleleng Usung Peningkatan Emas
Jumat, 01 Juni 2018
  Sentralbali.com – Duta olahraga kalangan Pelajar dari Buleleng mengusung mandate meningkatkan raihan medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2018. Target medali emas 65 medali emas, atau meningkat 6 emas dibanding event sama tahun 2017 mendapat 59 medali emas. Kabupaten... Read More...
IMAGE Porjar Bali Habiskan Dana Rp2,5 M
Jumat, 01 Juni 2018
    Bali Terancam Tidak Ikut Popwil dan Popnas Sentralbali.com – Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali, Sabtu (2/6/2018) pagi akan dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Lapangan Niti Mandala Denpasar, melibatkan 4.574 atlet kalangan pelajar dari SD hingga SMA, plus wasit/juri... Read More...
IMAGE KONI Bali Pertimbangkan Olahraga Beregu
Jumat, 25 Mei 2018
      Sentralbali.com –Letak geografis penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang jauh di Papua, membuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali akan mempertimbangkan kelayakkan olahraga beregu. Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan jarak Papua yang... Read More...
IMAGE KONI Badung Kucurkan Dana Pembinaan Rp 2,6 M
Jumat, 25 Mei 2018
      Sentralbali.com – KONI Badung telah menggelontorkan dana senilai Rp2.6 miliar, diperuntukan bagi cabang olahraga (cabor). Ketua KONI Umum Badung Made Nariana menyebutkan, jumlah dana pembinaan bervariasi disesuaikan dengan grede. Para cabang olahraga tersebut menerima... Read More...
SmartNews.Com