KONI Bali Kawal Pexi Masuk Porprov 2019

pexi

 

 

Sentralbali.com -   Kesungguhan Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali tidak perlu diragukan, belum setahun organisasi Pexi atau catur gajah sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Bali. Bahkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIII/2017 di Gianyar berhasil menggelar eksibisi dengan melibatkan seluruh atlet dari kabupaten/ kota.

Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi mengatakan itu pada syukuran Kejurnas Xianggi, dan Porprov Bali 2017 di Denpasar, Minggu (7/1/2018).

Tidak hanya itu, KONI Bali telah melihat upaya percepatan prestasi dari Pexi Bali yang diwujudkan dengan keterlibatan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Karena organisasi olahraga baru, tentu ukuran prestasi belum menjadi ukuran.

“Pexi kan organisasi baru belum ada 2 tahun kalau pun prestasinya masuk 5 besar sudah baik, apalagi di kategori junior peringkat 2, maka hasil itu dinilai sangat membanggakan proyeksi ke depan,” kata Suwandi.

Melihat aktivitas organisasi Pexi yang sudah merambah ke seluruh kabupaten/ kota dinilai Suwandi hal yang luar biasa, kata Suwandi terdapat cabang olahraga yang sudah lama berdiri di tingkat Provinsi, tapi kesulitan membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota. Karena itu tidak berlebihan jika Pexi ini pantas masuk perhelatan Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan.

“Dari faktor persyaratan Pexi Bali sudah sangat memenuhi syarat, karena syarat minimal 5 kepengurusan di tingkat kabupaten/ kota, tapi Pexi sudah berdiri di semua kabupaten/ kota, sekarang tinggal meyakinkan tuan rumah Porprov Bali 2019,” ucap Suwandi.

Meyakinkan tuan rumah Porprov Bali kata Suwandi, apakah tuan rumah mampu bersaing di cabang olahraga ini. Bila itu bisa dilakukan, dan tuan rumah Porprov Bali menyetujui, maka KONI Bali selaku top organisasi olahraga teratas di tatanan Bali akan menyetujui Pexi masuk Porprov Bali.

“Tidak ada alasan jika menolak Pexi, bila mampu memenuhi persyaratan Porprov Bali, apalagi mampu meyakinkan tuan rumah,”tegasnya.

Suwandi minta kepada Pengprov Pexi Bali untuk tidak puas diri, karena olahraga bisa maju bila mampu merambah ke sekolah-sekolah. Sembari membangu di kabupaten/ kota, agar Pexi Bali juga sowan dengan Dinas Pendidikan Bali, agar cabang olahraga ini bisa masuk ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

“Sowan ke Dinas Pendidikan perlu dilakukan supaya cabang Pexi bisa menjadi salah satu cabang olahraga pilihan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Xianggi Indonesia (Pexi) Bali, Awaludin Ahai ditempat sama menjelaskan, pada kejurnas 2017, atlet Bali di kategori senior berada diperingkat 6, tapi di kelompok junior putri bertengger diperingkat 2, sedangkan junior putra menempati peringkat 4 nasional.

“Kejurnas tersebut merupakan baru keterlibatan Pexi Bali, ke depan optimis bisa menggapai prestasi yang lebih baik,” ujar Awaludin.

Ia pun sangat berharap cabang catur gajah ini sejajar dengan cabang olahraga lainnya yang lebih dulu eksis salah satunya bisa masuk Porprov Bali. Menurutnya dengan keterlibatan di Porprov Bali, akan membangkitkan semangat berlipat-lipat bagi pembina dan atlet untuk melakukan aktivitasnya menuju prestasi.

“Bila diwadahi dalam Porprov para pembina dan atlet motivasinya akan terangkat, dan muaranya pada kompetisi menuju prestasi Bali dan nasional,” pungkasnya.

 

 

IMAGE Ketua Harian PCI Bali ‘Panas Dingin’
Kamis, 20 September 2018
      Disidang KONI Bali Soal 13 Atlet Criket ‘Kabur’ Sentralbali.com - Ketua Harian Pengprov Persatuan Criket Indonesia (PCI) Bali Made Erawan, Kamis (20/9/2018) harus menanggung beban sendiri menjelaskan kronologis atas ‘kaburnya’ 13 atlet di depan pengurus... Read More...
IMAGE FPTI Bali Boyong 13 Atlet ke Riau
Kamis, 20 September 2018
        Sentralbali.com - Tim Panjat Tebing Bali yang terdiri atas 13 atlet dan 7 official dilepas Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Ketut Suwandi menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kelompok Umur (KU) XIII FPTI 2018 Kamis, (20/9/2018). KONI Bali... Read More...
IMAGE Kebanggaan Bali Bagian Sejarah Asian Para Games 2018
Senin, 17 September 2018
        Siapkan Jalur Khusus PNS Bagi Atlet Prestasi Sentralbali.com- Gubernur Wayan Koster  mengaku bangga  karena  Bali menjadi titik pawai obor Asian Para Games 2018, Minggu (16/9/2018) di Denpasar. Petinggi Provinsi Bali itu menyatakan pawai obor Asian Para... Read More...
IMAGE 10 Atlet Difabel Bali Usung Merah Putih
Senin, 10 September 2018
      Asian Para Games 2018 di Jakarta Sentralbali.com -   Sepuluh atlet  Difabel Bali dipastikan membawa nama Indonesia di event Asian Para Games, 6 hingga 13 Oktober di  Jakarta, yang melibatkan utusan dari 41 negara. Ketua NPC Bali Nyoman Sumita... Read More...
IODI Bawa Pulang 2 Emas dan 2 Perak
Senin, 10 September 2018
Kejurnas Dansa di Medan Sumut Sentralbali.com -   Kualitas atlet Dansa semakin menjanjikan terutama untuk proyeksi kepingan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Kualitas atlet tersebut dibuktikan para atlet dansa pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dansa di Medan, 7... Read More...
IMAGE Jasera Hari Radio ke-73
Senin, 10 September 2018
      Perekat  Karyawan bersama Keluarga Sentralbali.com -  Jalan Sehat Radio (Jasera) merupakan salah satu agenda tahunan menjelang Hari Radio,  untuk tahun 2018, berlangsung, Minggu (9/9/2018) start dan finish di halaman RRI Denpasar, dilepas Kepsta... Read More...
IMAGE Pemkot Denpasar Beri Bonus Rp150 Juta
Selasa, 04 September 2018
            Pemkot Apresiasi Peraih Medali Asian Games 2018 Sentralbali.com – Prestasi Komang Harik Adi Putra dan Sanggoe Darma Tanjung yang mengharumkan bangsa Indonesia di Asian Games XVIII/2018, disambut hangat Pemerintah Kota Denpasar di Kantor Walikota... Read More...
SmartNews.Com