Suwandi Boyong Wakil Ketua Perjelas Anggaran KONI Bali

suwandi oka mar antara

 

 

 

Sentralbali.com-Kritikan yang super tajam diberbagai media mengarah pada kinerja Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi khususnya menyangkut dana hibah, dan keperluan Pra-PON, Kejurnas, dan sejenisnya, akhirnya dijelaskan dengan gamblang.

 

Persoalan dana hibah yang dikembalikan ke kas daerah, Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi menjelaskan, dari jumlah Rp600 juta lebih itu, sebagian sisa dari PON Remaja. Kenapa harus dikembalikan, karena dana itu tidak bisa terserap untuk kegiatan, mengingat waktu yang sangat mepet dengan pertanggungjawaban keuangan.

“Saya yakin semua tahu, setelah PON Remaja, disibukkan dengan Galungan dan Kuningan, kemudian Natal, diyakini tak ada satu pun cabang olahraga yang mampu membuat kegiatan, plus pertanggungjawaban keuangan,”kilah Suwandi, Selasa (17/2/2015).

“Saya tak mau membuat pencitraan, tapi ke depannya terjadi pelanggaran dan menjerat pengguna anggaran.  Saya hanya tunduk kepada peraturan dan perubahan. Karena mekanisme yang berubah,” imbuhnya.

Kemudian efisiensi yang dimaksud adalah pemberian insentif Panpel PON Remaja kepada peserta, meliputi konsumsi, akomodasi dan transportasi, sehingga dana itu tersisa, dan aturan mengharuskan dana itu dikembalikan ke kas daerah.

Konsentrasi sekarang, gelaran Porprov Bali sebagai penyelenggara Kabupaten Buleleng, dan keterlibatan cabang olahraga pada Pra-PON.  Dua agenda tersebut wajib diikuti cabang-cabang olahraga, dan pembinaan tetap jalan.

Lantas bagaimana dengan dana untuk menopang kegiatan tahun 2015? APBD Bali telah mengalokasikan sebesar Rp14,3 miliar, Rp4,5 m untuk Porprov Bali, dan selebihnya kegiatan Pra-PON, Kejurnas cabang-cabang olahraga dan operasional KONI Bali.

“Tidak benar jika tak ada dana Kejurnas dan Pra-PON. Saya tidak tahu sumbernya dari mana kok selama ini disebut-sebut tak ada dana untuk Kejurnas dan Pra-PON,”ucap Suwandi, yang dibenarkan, Wakil Ketua Oka Darmawan dan Ida Bagus Antara, yang turut memperkuat pernyataan Ketum KONI Bali.

Dibalik itu, Suwandi mengakui jika diperkirakan bulan Januari hingga April dana itu belum bisa cair, karena perlu proses, sehingga cabor yang mendahului menjabarkan kegiatan nasional, untuk bisa ditalangi lebih dahulu, nanti setelah cair dikembalikan. “Kan prosesnya seperti tahun lalu. Kenapa sekarang dipermasalahkan,”imbuhnya.

Hanya saja pengembaliannya disesuaikan dengan kondisi keuangan KONI Bali, dan melihat keperluan riil yang dihabiskan cabor bersangkutan, apalagi setiap Pengprov sudah ada plafonya masing-masing. “Saya tidak bisa menjamin apakah dana yang dikeluarkan oleh Pengprov untuk kegiatan tersebut kembali seratus persen atau tidak,” jelasnya.

Selanjutnya menyangkut perencanaan anggaran. Di pembinaan olahraga diyakini tak ada yang bisa memastikan, kapan Pra-PON, Kejurnas, dan agenda lain, termasuk lokasi kegiatan. Kondisi tersebut salah satu penyebab tak bisa seratus persen melakukan perencanaan dengan benar. “Tanya saja kepada Pengprov Cabor apakah semua tahu kapan dan dimana Pra-PON,”kilahnya.

Perencana sudah dilakukan secara matang, sesuai tahapan termasuk besarannya. Di olahraga input datanya tak bisa akurat, dalam penghimpunan program, kenyataannya di olahraga, tak ada kepastian jadwal seperti munas, rakernas, maupun Pra-PON. Beda dengan membangun jalan, sudah pasti dari jarak dan kedalaman, serta biaya yang harus dikeluarkan.

Ketua Umum KONI Bali, Suwandi dengan tegas menyatakan tak ada istilah menghambat aktivitas cabang olahraga. Tugas KONI adalah kepanjangan tangan dari Pemerintah Provinsi Bali, dan dukungan itu dibuktikan dana yang digunakan aktivitas pembinaan 90 persen berasal dari APBD, dan selebihnya bersumber dari Pengprov cabang olahraga.

“Saya terimakasih kepada Pengurus Provinsi yang selama ini dengan tulus iklas, bersama-sama membesarkan olahraga di pulau dewata,” tuturnya, yang menambahkan Pengprov Cabor agar mengajukan proposal untuk kegiatan selama setahun.  KONI Bali tidak tutup mata sepanjang mampu, dan argumentasi yang realistis.

Sementara itu, Wakil Ketum I, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, menyatakan tidak haram mengembalikan dana hibah. Pengelolaan dana hibah, harus mengikuti pengelolaan keuangan, mengacu pada Permendagri no.32 tahun 2011 tentang pengelolaan dana hibah.

Dijelaskan, anggaran yang dikelola KONI adalah plafon tertinggi yang telah dibelanjakan, kalau lebih wajib dikembalikan. “Uang itu mengikuti kegiatan, manakala tak ada kegiatan uang itu tak bisa cair, dan harus dikembalikan,”tegasnya. Sedangkan Ida Bagus Antara, Wakil Ketua III, menyatakan pengembalian dana itu merupakan wujud kesungguhan dari penerapan kepercayaan yang diemban KONI dari Pemprov Bali.    

IMAGE Badung Dominasi Duta Bali Cabor Taekwondo PON Papua 2021
Senin, 06 Juli 2020
  Sentralbali.com - Atlet taekwondo yang menghuni Pelatda dipersiapkan beraksi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, didominasi atlet Badung, hanya dua atlet masing-masing M. Akbar Siddik (Gianyar) dan Kadek Surya Febriantari dari Klungkung. Siddik dipersiapkan turun di kyorugi putra... Read More...
IMAGE Perkemi Badung dan Gianyar Menanti Gebrakan Adi Priyanto
Minggu, 05 Juli 2020
    Sentralbali.com - Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, di kantor PLN Bali,   menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) dengan suara bulat memilih Adi Priyanto sebagai Ketua Umum periode empat tahun ke depan, menggantikan Nyoman S. Astawa. Adi Priyanto... Read More...
IMAGE Stadion Kapten I Wayan Dipta Venue Piala Dunia U-20
Minggu, 28 Juni 2020
  Ini Fasilitas Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar   Sentralbali.com - Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, menjadi salah satu pilihan venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Fasilitas mewah kelas Eropa yang ada di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, kata Ketua Asprov PSSI Bali Ketut Suardana,... Read More...
IMAGE Griselda Nadya Billy Juara I Kejurnas Shorinji Kempo Tandoku Online
Minggu, 28 Juni 2020
      Sentralbali.com - Kenshi Nadya Billy tampil sebagai juara I pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Tandoku Online, Sabtu (27/6/2020). Nadya sukses meraih poin 263 yang beraksi di embu tandoku putri 1 hingga 3 DAN. Kenshi Bali tersebut mengungguli pesaingnya juara II... Read More...
IMAGE Astawa Tinggalkan Perkemi Bali
Kamis, 18 Juni 2020
    Sentralbali.com – Nyoman Suwarjoni Astawa akhirnya menanggalkan statusnya sebagai Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali karena pindah tugas sebagai General Manajer PLN Distribusi Jawa Timur, posisinya diganti  oleh  General Manajer PLN Distribusi Bali yang baru Adi... Read More...
IMAGE Pengadaan Sapras, KONI Denpasar Anggarkan Rp3 Miliar
Selasa, 16 Juni 2020
      Sentralbali.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera merealisasi proposal para Pengkot Cabang Olahraga untuk pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) olahraga bagi 36 cabang olahraga. Untuk tahun 2020 konsentrasi KONI Denpasar memenuhi... Read More...
IMAGE Piala Dunia U-20, Perbaikan Stadion Mulai Juli 2020
Selasa, 16 Juni 2020
    Sentralbali.com – Ketua Umum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana mengatakan Bali sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 tetap lanjut, bahkan penetapan lapangan penunjang yaitu  Lapangan Tri Sakti, Lapangan Kapten Japa, Gelora Samudera Kuta, GOR Ngurah Rai, dan Stadion... Read More...
koniidulfitri
SmartNews.Com