Sendratari Kebo Iwa, Kisahkan Pulau Nusa Dua

Sendrtari1 

 

Sentralbali.com-Atraktif dan benar-benar menghibur. Sajian sendratari berjudul Kebo Iwa yang dipentaskan di panggung utama Nusa Dua Fiesta (NDF), Minggu (17/11/2013). memukau penonton. Bagaimana tidak, seni drama dan tari itu ditata secara apik, sehingga alur cerita yang diangkat betul-betul sampai pada penonton.

Koreografi tampak manis, pembabakan ceritera mudah dicerna. Kostum dan property yang digunakan sangat mendukung, sehingga sajiannya sangat manis. Apalagi ekspresi dari setiap penarinya begitu kental. Tidak terkecuali iringan musiknya yang kreatif, inovatif dan menyatu dengan para penarinya.

Ada sekitar 85 seniman yang mendukung garapan berdurasi 35 menit itu. Mereka adalah seniman handal anggota Sanggar Sasi Wimba Denpasar, pimpinan Ida Ayu Wimba Ruspawati, SST., M.Sn. “Kami ingin menyajikan garapan seni terbaik. NDF ini kan ajang bergengsi, tidak mungkinlah menampilkan garapan yang sembarangan,” kata Ida Ayu Wimba yang merupakan dosen ISI Denpasar.

Garapan ini melibatkan koregrafer Ida Bagus Gede Surya Pradanta, S.Sn,. M.Sn professional yang memiliki jam terbang. Tidak hanya menata gerak tari, tetapi juga menata seisi panggung. “Ini kan bukan pertunjukan seni tari saja, sehingga semuanya harus saling mendukung. property, komposisi penari dan yang terpenting kostumnya,” ucapnya.

Sementara I Wayan Darya, S.Sn yang dipercaya sebagai composer juga menata apik iringan musiknya. Selain menyajikan gending-gending tradisional Bali, juga memadukannya dengan music tardisional Jawa. “Iringan musik itu harus mendukung suasana, sehingga kami menatanya sesuai dengan cerita yang ada,” ungkapnya.

Sendratari ini mempercayakan Kadek Suartaya, SSKar, M.Si sebagai narator dan Bagus Bharata Natya, S.Sn., M.Sn sebagai dalang.  

Gelaran ini mengisahkan perjalanan Kebo Iwa menjadi seorang pahlawan sejati. Ia dijanjikan gadis cantik bernama Putri Lemah Tulis oleh Maha Patih Gajah Mada demi persatuan nusantara. Padahal itu adalah tipu muslihat agar Bali bisa ditundukan karena misi Gajah Mada menyatukan nusantara.

Namun, sebelum berangkat ke Jawa Kebo Iwa sempat bersembahyang di Pura Uluwatu. Oleh Bhatara di pura tersebut Kebo Iwa dianugrahkan dua buah batu untuk keselamatan dirinya dan kejayaan pulau Bali. Satu batu ditaruh di Bali dan satunya dibawa ke Jawa. Tetapi, sebelum berangkat batu itu jatuh di pantai selatan Bali dan pecah menjadi dua.

Batu itu kemudian membesar menjadi sebuah pulau karang. Kebo Iwa kemudian mendoakan pulau itu agar dapat memberikan berkah kesejahteraan dan ketentraman bagi penghuni penduduk di sana. Pulau itu kemudian diberi nama Nusa Dua.

Kebo Iwa kemudian berangkat ke Jawa. Namun, sebelum bertemu dengan Putri Lemah Tulis, Kebo Iwa ditugaskan membuat sumur. Sedang seriusnya membuat sumur, rakyat Gajah Mada kemudian menimbun sumur dengan batu. Tapi Kebo Iwa tak mempan karena ia sakti mandra guna. Tahu akan sifat buruk Gajah Mada, dan terjadi perang tanding.

Gajah mada tak mampu mengalahakan Kebo Iwa. Patih raja Bali ini kemudian menanyakan apa maksud dari kepalsuan itu. Gajah Mada kemudian menceritakan masudnya untuk menyatukan nusantara karena ada sumpah palapa yang harus dijalankannya. Mendengar hal itu, Kebo Iwa kemudian memberitahukan kelemahannya yakni kapur putih. Maka dilemparkan Kebo Iwa dengan kapur putih yang akhirnya gugur.

IMAGE Joni Agung Duet Bareng Ita Purnamasari
Jumat, 28 September 2018
    Sentralbali.com – Para musisi menyatakan keyakinannya bahwa panggung Ardha Candra akan menampung luapan penonton pada Konser Kebangsaan malam nanti.// Rasa optimis itu disampaikan pada Jumpa Pers dengan awak media di Denpasar, Kamis (27/9/2018). Musisi yang lagi naik daun di... Read More...
IMAGE Konser Kebangsaan dari Bali Gelorakan ‘Bela Indonesiaku’
Rabu, 19 September 2018
      Sentralbali.com- Konser Kebangsaan yang diprakarsai Lembaga Penyiaran publik (LPP) RRI bersama Kementerian dan Pertahanan (Kemenhan) akan berlangsung di Denpasar, Jumat (28/9/2018) terpusat di Taman Budaya Denpasar. Bahasan persiapan penyelenggaraan Konser Kebangsaan... Read More...
IMAGE Rosalina dan Septo Mulyadi Wakil Bali Tingkat Nasional
Senin, 10 September 2018
      Juara Bintang Radio Provinsi Bali 2018 Sentralbali.com -   Gregorius Septo Mulyadi Tagur dan Putu Rosalina Adnyani, menggenggam status juara Bintang Radio 2018, setelah dipartai final mengalahkan rival-rivalnya, terpusat di  Level 21 Mall, Sabtu (8/9/2018).... Read More...
IMAGE RRI Denpasar Jaga Konsistensi Parade Band Indie
Senin, 19 Februari 2018
        Sentralbali.com – Komitmen memberi wadah kepada generai muda untuk mengembangkan kreativitas seni, khususnya musik terus dilakukan RRI Stasiun Denpasar, dan pentas Sabtu (17/2/2018) malam Gedung terbuka RRI Denpasar melibatkan 11 band. Kepsta RRI Denpasar Sophia... Read More...
IMAGE BMPRF Wadah Kreativitas Kawula Muda
Senin, 20 November 2017
    Sentralbali.com  – Bali Merah Putih Rock Festival yang berlangsung, Minggu (19/11/2017) malam di Panggung terbuka RRI Denpasar, tidak hanya diperuntukan bagi kalangan normal, tapi juga memberi porsi bagi penyandang cacat atau disabilitas untuk berkreasi. Salah satu... Read More...
SmartNews.Com