Piagam Sakenan, Satukan Komitmen untuk Bersihkan Bali dari Sampah

wagub bali cok

 



Sentralbali.com Masyarakat dan Pemerintah Daerah Bali menyatukan komitmen untuk membersihkan lingkungan dari sampah. Komitmen itu tertuang dalan Piagam Sakenan yang dideklarasikan di Wantilan Pura Sakenan, Desa Serangan, Denpasar, Selasa (9/10/2018).


Gubernur Bali yang diwakili Wagub Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam sambutannya menegaskan bahwa Piagam Sakenan merupakan wujud komitmen masyarakat dan pemerintah daerah dalam menyatukan semua kekuatan organisasi di Bali seperti Desa Adat/Desa Pekraman, Subak, Bendega, dan organisasi kemasyarakatan lain untuk membersihkan palemahan Bali dari sampah.

Saat ini Pulau Bali makin terancam dengan tingginya produksi sampah plastik. Setiap harinya, masyarakat Bali yang berjumlah 4,2 juta jiwa, diperkirakan memproduksi10.500.000 kg sampah dan 10 % diantaranya adalah sampah sampah plastik.

"Menyikapi situasi tersebut, dibutuhkan komitmen serius untuk membersihkan Pulau Bali dari ancaman sampah," ujarnya.

Lebih jauh Cok Ace memaparkan, Bali memiliki 1.488 Desa Adat/Desa Pekraman, 2.729 Subak dan 966 Bendega. Jika semua organisasi dan anggotanya memiliki komitmen terpadu untuk membersihkan Bali dari sampah sebagai implementasi dari Piagam Sakenan, maka ia berkeyakinan persoalan sampah akan segera teratasi.

Pada bagian lain, Cok Ace juga menyinggung makna penting sebuah piagam atau charter. Berdasarkan jejak sejarahnya, telah dilakukan deklarasi beberapa piagam atau charter yang sangat bersejarah di Pulau Bali. Seperti dideklarasikannya Piagam Samuan Tiga atau "Samuan Tiga Charter" oleh para pemuka agama pada masanya yang bertujuan menyatukan semua aliran keagamaan. Kemudian pada tahun 1961 dilaksanakan deklarasi "Piagam Campuhan" yang menjadi tonggak terbentuknya "Parisada Hindu Dharma"

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik komitmen Pemerintah Daerah Bali dan masyarakatnya dalam mengatasi persoalan sampah. Menurutnya, sampah merupakan persoalan mendesak yang harus segera ditangani karena menimbulkan banyak dampak negatif bagi lingkungan, kesehatan dan dapat merusak citra Bali sebagai daerah tujuan wisata.

Sementara itu, Plt. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali drh. Luh Ayu Aryani yang juga selaku Ketua Panitia Deklarasi Piagam Sakenan melaporkan bahwa isu lingkungan telah menjadi isu global yang harus ditangani secara holistik. Ia berharap, Piagam Sakenan ini mampu mendorong kesadaran individu untuk bersama-sama mengurangi produksi sampah yang menjadi beban bagi lingkungan.

Deklarasi dan penandatanganan Piagam Sakenan dihadiri pula oleh Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, DPRD Bali, Bupati/Walikota dan Bendesa Agung MUDP Jero Gede Suwena Putus Upadesa.(hmsbali/nox)

 

IMAGE Gubernur Koster Resmikan Ground Breaking
Kamis, 15 November 2018
      Pembangunan Jalan Baru Batas Kota Singaraja - Mengwitani Titik 5-6 Sentralbali.com –, Masyarakat Bali khususnya masyarakat Buleleng dalam waktu dekat menikmati proyek infrastruktur Jalan sorth-cut Singaraja-Mengwitani. Hal ini disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster pada... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Jelaskan Rencana Pembangunan Infrastruktur Bali
Kamis, 01 November 2018
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Komisi V DPR RI di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali, Kamis (1/11/2018). Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia serta tempat  penyelenggaraan  berbagai event berskala  Internasional ... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Respon Paket Wisata Bali ‘Diobral’
Jumat, 19 Oktober 2018
    Sentralbali.com – Informasi terkait penjualan paket wisata murah oleh pelaku usaha wisata asal Tiongkok menjadi perhatian serius Gubernur Bali Wayan Koster. Ia berharap Pemerintah Tiongkok turut andil mengawasi warganya yang menjadi pelaku wisata di Pulau Dewata. Harapan itu... Read More...
IMAGE Piagam Sakenan, Satukan Komitmen untuk Bersihkan Bali dari Sampah
Selasa, 09 Oktober 2018
  Sentralbali.com – Masyarakat dan Pemerintah Daerah Bali menyatukan komitmen untuk membersihkan lingkungan dari sampah. Komitmen itu tertuang dalan Piagam Sakenan yang dideklarasikan di Wantilan Pura Sakenan, Desa Serangan, Denpasar, Selasa (9/10/2018). Gubernur Bali yang diwakili... Read More...
IMAGE Pemkab Buleleng Diganjar Penghargaan Menteri Keuangan
Selasa, 09 Oktober 2018
      Sentralbali.com –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng meraih opini wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 serta diganjar penghargaan dari Menteri Keuangan. Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh... Read More...
SmartNews.Com