Menteri Puan : Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana

puan m 

 

Sentralbali.com Tantangan penanggulangan bencana di Indonesia sepanjang 2017 sangat besar Berdasarkan data BNPB, sebanyak 2.372 kejadian bencana. Meskipun jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun 2016, jumlah kejadian bencana sangat tinggi.

 

Pada Januari 2018, BNPB mencatat 204 kejadian bencana dan menimbulkan korban jiwa meninggal hingga 19 jiwa. Dilihat dari tren kejadian, bencana hidrometeorologi tetap menjadi yang paling dominan dengan tanah longsor sebagai bencana paling mematikan.

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan itu ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana fdan Daerah, Rabu (21/2/2018) di Nusa Dua Convention Center.

 

Dihadapan para pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Puan menyampaikan bahwa salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana membangun sinergi penanggulangan bencana antara kegiatan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Dalam konteks rakernas, Puan mengharapkan BNPB dan BPBD untuk memformulasikan berbagai agenda strategis untuk pembangunan kapasitas. “Rakernas ini merupakan momentum yang baik dalam membangun kapasitas individu, kelembagaan, program dan kegiatan BNPB dan BPBD agar penanggulangan bencana di Indonesia semakin efektif,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan bahwa rakernas ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan penangguiangan bencana, kapasitas manajerial di tingkat pimpinan BPBD, keterpaduan rencana kerja pusat dari daerah dalam mencapai sasaran RPJMN 201:3 2019 serta (4) kapaSitas pengetahuan melalui knowledge sharing.

 

Willem menyampaikan bahwa rakernas ini sangat istimewa. Selain bertempat di Pulau Dewata nan indah, penyelenggaraan rakernas tahun ini masih dalam suasana HUT BNPB yang telah berkarya 10 tahun.

 

"Selama kurun waktu tersebut, kami telah banyak belajar dan terus belajar dari setiap penanggulangan bencana yang terjadi di daerah. Kami juga mengharapkan bapak dan ibu dapat belajar penanggulangan bencana dari daerah lain dan terus mengembangkan diri sehingga mampu memberikan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berkualitas.” tuturnya

 

Rakernas yang dihadiri sekitar 3.000 peserta dari kota, kabupaten dan provinsi ini menghadirkan diskusi know/edge sharing dari kepala daerah dan penggiat kemanusiaan dan narasumber dari kementerian/lembaga seperti dari Kemendagri, Kementerian PAN dan RB, Kementerian PUPR, Bappenas, BMKG, BPKP, Komisi VIII DPR RI dan Komite 2 DPD RI, serta Kantor Staf Presiden.

 

Sementara itu , peserta tidak hanya dari BPBD provinsi, kabupaten dan kota tetapi juga para kepala maupun sekretaris daerah.

 

 

IMAGE Kantor Imigrasi Singaraja Segera Terapkan Sistem Dila
Rabu, 10 April 2019
    Sentralbali.com - Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG meminta Kantor Imigrasi Singaraja serta seluruh instansi yang ada di Kabupaten Buleleng segera menerapkan pelayanan dengan Sistem Dilan atau singkatan dari Digital Melayani. Sistem ini adalah suatu kebijakan yang... Read More...
IMAGE Pemkab Gianyar Dilayani Pap Smear Gratis
Rabu, 10 April 2019
    Sentralbali.com - Seluruh perempuan untuk mulai peduli dengan kesehatan diri sendiri. Jangan malu untuk pap smear, karena dengan waktu 5 menit dapat menyelamatkan dari bahaya kanker leher rahim. Wakil Ketua 1 YKI Cabang Gianyar, Ny. I.A Diana Dewi Agung Mayun mengatakan itu ketika... Read More...
IMAGE Bappeda Litbang Gelar Rapat Forum Gabungan SKPD
Kamis, 04 April 2019
    Sentralbali.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Buleleng menggelar Rapat Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Rapat forum gabungan SKPD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng... Read More...
IMAGE Koster Minta Optimalisasi Aset Daerah
Kamis, 04 April 2019
  Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster menerima audensi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Bali dan Nusa Tenggara Ngakan Putu Tagel beserta jajarannya di Kantor Gubernur Bali, Selasa (2/4/2019). Kakanwil DJKN Bali Nusra Ngakan Putu Tagel melaporkan dalam... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Serahkan Laporan Keuangan TA 2018 ke BPK
Sabtu, 30 Maret 2019
      Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Provinsi Bali di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bali, Denpasar, Jumat (29/3/2019). Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 Tahun 2019... Read More...
SmartNews.Com