Menteri Puan : Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana

puan m 

 

Sentralbali.com Tantangan penanggulangan bencana di Indonesia sepanjang 2017 sangat besar Berdasarkan data BNPB, sebanyak 2.372 kejadian bencana. Meskipun jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun 2016, jumlah kejadian bencana sangat tinggi.

 

Pada Januari 2018, BNPB mencatat 204 kejadian bencana dan menimbulkan korban jiwa meninggal hingga 19 jiwa. Dilihat dari tren kejadian, bencana hidrometeorologi tetap menjadi yang paling dominan dengan tanah longsor sebagai bencana paling mematikan.

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan itu ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana fdan Daerah, Rabu (21/2/2018) di Nusa Dua Convention Center.

 

Dihadapan para pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Puan menyampaikan bahwa salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana membangun sinergi penanggulangan bencana antara kegiatan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Dalam konteks rakernas, Puan mengharapkan BNPB dan BPBD untuk memformulasikan berbagai agenda strategis untuk pembangunan kapasitas. “Rakernas ini merupakan momentum yang baik dalam membangun kapasitas individu, kelembagaan, program dan kegiatan BNPB dan BPBD agar penanggulangan bencana di Indonesia semakin efektif,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan bahwa rakernas ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan penangguiangan bencana, kapasitas manajerial di tingkat pimpinan BPBD, keterpaduan rencana kerja pusat dari daerah dalam mencapai sasaran RPJMN 201:3 2019 serta (4) kapaSitas pengetahuan melalui knowledge sharing.

 

Willem menyampaikan bahwa rakernas ini sangat istimewa. Selain bertempat di Pulau Dewata nan indah, penyelenggaraan rakernas tahun ini masih dalam suasana HUT BNPB yang telah berkarya 10 tahun.

 

"Selama kurun waktu tersebut, kami telah banyak belajar dan terus belajar dari setiap penanggulangan bencana yang terjadi di daerah. Kami juga mengharapkan bapak dan ibu dapat belajar penanggulangan bencana dari daerah lain dan terus mengembangkan diri sehingga mampu memberikan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berkualitas.” tuturnya

 

Rakernas yang dihadiri sekitar 3.000 peserta dari kota, kabupaten dan provinsi ini menghadirkan diskusi know/edge sharing dari kepala daerah dan penggiat kemanusiaan dan narasumber dari kementerian/lembaga seperti dari Kemendagri, Kementerian PAN dan RB, Kementerian PUPR, Bappenas, BMKG, BPKP, Komisi VIII DPR RI dan Komite 2 DPD RI, serta Kantor Staf Presiden.

 

Sementara itu , peserta tidak hanya dari BPBD provinsi, kabupaten dan kota tetapi juga para kepala maupun sekretaris daerah.

 

 

IMAGE Gubernur Koster Resmikan Ground Breaking
Kamis, 15 November 2018
      Pembangunan Jalan Baru Batas Kota Singaraja - Mengwitani Titik 5-6 Sentralbali.com –, Masyarakat Bali khususnya masyarakat Buleleng dalam waktu dekat menikmati proyek infrastruktur Jalan sorth-cut Singaraja-Mengwitani. Hal ini disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster pada... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Jelaskan Rencana Pembangunan Infrastruktur Bali
Kamis, 01 November 2018
    Sentralbali.com - Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Komisi V DPR RI di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali, Kamis (1/11/2018). Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia serta tempat  penyelenggaraan  berbagai event berskala  Internasional ... Read More...
IMAGE Gubernur Koster Respon Paket Wisata Bali ‘Diobral’
Jumat, 19 Oktober 2018
    Sentralbali.com – Informasi terkait penjualan paket wisata murah oleh pelaku usaha wisata asal Tiongkok menjadi perhatian serius Gubernur Bali Wayan Koster. Ia berharap Pemerintah Tiongkok turut andil mengawasi warganya yang menjadi pelaku wisata di Pulau Dewata. Harapan itu... Read More...
IMAGE Piagam Sakenan, Satukan Komitmen untuk Bersihkan Bali dari Sampah
Selasa, 09 Oktober 2018
  Sentralbali.com – Masyarakat dan Pemerintah Daerah Bali menyatukan komitmen untuk membersihkan lingkungan dari sampah. Komitmen itu tertuang dalan Piagam Sakenan yang dideklarasikan di Wantilan Pura Sakenan, Desa Serangan, Denpasar, Selasa (9/10/2018). Gubernur Bali yang diwakili... Read More...
IMAGE Pemkab Buleleng Diganjar Penghargaan Menteri Keuangan
Selasa, 09 Oktober 2018
      Sentralbali.com –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng meraih opini wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 serta diganjar penghargaan dari Menteri Keuangan. Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh... Read More...
SmartNews.Com