Menteri Puan : Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana

puan m 

 

Sentralbali.com Tantangan penanggulangan bencana di Indonesia sepanjang 2017 sangat besar Berdasarkan data BNPB, sebanyak 2.372 kejadian bencana. Meskipun jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun 2016, jumlah kejadian bencana sangat tinggi.

 

Pada Januari 2018, BNPB mencatat 204 kejadian bencana dan menimbulkan korban jiwa meninggal hingga 19 jiwa. Dilihat dari tren kejadian, bencana hidrometeorologi tetap menjadi yang paling dominan dengan tanah longsor sebagai bencana paling mematikan.

 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan itu ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana fdan Daerah, Rabu (21/2/2018) di Nusa Dua Convention Center.

 

Dihadapan para pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi, kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Puan menyampaikan bahwa salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana membangun sinergi penanggulangan bencana antara kegiatan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Dalam konteks rakernas, Puan mengharapkan BNPB dan BPBD untuk memformulasikan berbagai agenda strategis untuk pembangunan kapasitas. “Rakernas ini merupakan momentum yang baik dalam membangun kapasitas individu, kelembagaan, program dan kegiatan BNPB dan BPBD agar penanggulangan bencana di Indonesia semakin efektif,” tegasnya.

 

Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan bahwa rakernas ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan penangguiangan bencana, kapasitas manajerial di tingkat pimpinan BPBD, keterpaduan rencana kerja pusat dari daerah dalam mencapai sasaran RPJMN 201:3 2019 serta (4) kapaSitas pengetahuan melalui knowledge sharing.

 

Willem menyampaikan bahwa rakernas ini sangat istimewa. Selain bertempat di Pulau Dewata nan indah, penyelenggaraan rakernas tahun ini masih dalam suasana HUT BNPB yang telah berkarya 10 tahun.

 

"Selama kurun waktu tersebut, kami telah banyak belajar dan terus belajar dari setiap penanggulangan bencana yang terjadi di daerah. Kami juga mengharapkan bapak dan ibu dapat belajar penanggulangan bencana dari daerah lain dan terus mengembangkan diri sehingga mampu memberikan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berkualitas.” tuturnya

 

Rakernas yang dihadiri sekitar 3.000 peserta dari kota, kabupaten dan provinsi ini menghadirkan diskusi know/edge sharing dari kepala daerah dan penggiat kemanusiaan dan narasumber dari kementerian/lembaga seperti dari Kemendagri, Kementerian PAN dan RB, Kementerian PUPR, Bappenas, BMKG, BPKP, Komisi VIII DPR RI dan Komite 2 DPD RI, serta Kantor Staf Presiden.

 

Sementara itu , peserta tidak hanya dari BPBD provinsi, kabupaten dan kota tetapi juga para kepala maupun sekretaris daerah.

 

 

IMAGE Hari Radio ke-73, Program Teranyar RRI “Tonton Yang Anda Dengar”
Kamis, 13 September 2018
      Sentralbali.com- Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP.RRI) usia ke-73, berkomitmen menjadi stasiun siaran berkarakter dengan konten siaran akurat dan dipercaya masyarakat. Direktur Utama LPP RRI,  M. Rohanudin menegaskan itu dalam... Read More...
IMAGE Menteri Puan : Harus Bersinergi dalam Penanggulangan Bencana
Jumat, 23 Februari 2018
    Sentralbali.com – Tantangan penanggulangan bencana di Indonesia sepanjang 2017 sangat besar Berdasarkan data BNPB, sebanyak 2.372 kejadian bencana. Meskipun jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun 2016, jumlah kejadian bencana sangat tinggi.   Pada Januari 2018, BNPB... Read More...
IMAGE 1.765 Keluarga Terima Bantuan PKH
Jumat, 26 Januari 2018
    Sentralbali.com – Sebanyak 1.765 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Banjar menerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) berupa Tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman... Read More...
IMAGE Pesan Pastika Kepada Paslon Gubernur Bali 2018-2023
Senin, 08 Januari 2018
    Sentralbali.com - Gubernur Bali, Made Mangku Pastika merangsek ditengah ribuan massa yang berkumpul didepan sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Bali, Senin (8/1/2018). Kehadiran orang nomor satu di Bali itu untuk memantau hari pertama tahapan pendaftaran bakal pasangan... Read More...
IMAGE Pemkab Buleleng Gandeng Undiksha dan Kementrian Pariwisata RI
Selasa, 31 Oktober 2017
    Sentralbali.com  – Guna mengembangkan pariwisata berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of... Read More...
SmartNews.Com