Bupati Gianyar Apresiasi Semangat Warga Desa Serongga

upacara di gianyar

 

 

 

Sentralbali.com - Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menghadiri puncak Karya Padudusan Alit di Pura Puseh, Desa Bale Agung, Desa Serongga, Selasa, (19/2/2019).

 

Selain melakukan persembahyangan bersama masyarakat, Bupati Mahayastra yang didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga menyerahkan dana punia untuk pelaksaan upakara yan diterima Kelian Adat Serongga Kelod, I Nyoman Patra disaksikan oleh prajuru dan masyarakat desa setempat.

 

Wakil Bendesa Desa Pakraman Serongga, Wayan Suardana mengatakan, Karya Padudusan Alit ini merupakan kelanjutan (nugtug karya), setelah 2004 lalu telah dilaksanakan Karya Agung Mupuk Padagingan di pura setempat.

 

“Karya sekarang, Karya Padudusan Alit ngelantur Karya Agung pada September 2004 lalu. Mangkin nugtug karya ke dua kalinya,” terang Suardana.

 

Dikatakan, setelah pelaksanaan Puncak Karya, ngenteg linggih selama tiga hari. Selama tiga hari warga Desa Serongga yang terbagi dalam empat banjar yakni Banjar Serongga Kaja, Banjar Serongga Tengah, Banjar Serongga Kelod serta Banjar Cebaang secara bergantian menghaturkan banten prani.

 

Sedangkan untuk biaya pelaksanaan upacara yang diperkirakan menghabiskan biaya Rp90 juta, diperoleh dari urunan dari warga Desa Serongga, bantuan Pemerintah Desa serta Pemerintah Kabupaten Gianyar.

 

“Setelah selesai upacara disini, pada Purnama mendatang juga akan dilaksanakan upacara serupa di Pura Sakenan,” imbuh Suardana.

 

Bupati Gianyar, I Made Mahayastra sangat mengapresasi semangat warga Desa Serongga dalam melaksanakan Karya Padudusan Alit. Hal ini selain telah sejalan dengan sastra-sastra agama Hindu, juga merupakan salah satu prioritas pembangunan di Gianyar yakni dalam upaya pelestarian seni, adat, agama, tradisi dan budaya.(hg/edy/nox)

 

 

koniidulfitri
IMAGE Bupati Gianyar Apresiasi Semangat Warga Desa Serongga
Rabu, 20 Februari 2019
      Sentralbali.com - Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menghadiri puncak Karya Padudusan Alit di Pura Puseh, Desa Bale Agung, Desa Serongga, Selasa, (19/2/2019).   Selain melakukan persembahyangan bersama masyarakat, Bupati Mahayastra yang didampingi beberapa kepala... Read More...
IMAGE Bupati Mahayastra Serahkan Bansos untuk Pura Dalem Br. Badung
Senin, 18 Februari 2019
    Sentralbali.com - Pemkab Gianyar memberikan bantuan dana bansos sebesar Rp1 miliar terkait musibah amblasnya bangunan Pura Dalem di  Br. Badung Desa Pakraman Melinggih Payangan pada 12 Januari lalu akibat hujan lebat. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar Made... Read More...
IMAGE Ny. Putri Koster Gerakkan HATINYA PKK di Bangli
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com - Ny. Putri Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali turun langsung dan gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Teratur,  Indah, dan Nyaman ) PKK di Desa Pengejaran, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (15/2/2019).  Ny. Putri Koster mengajak seluruh masyarakat untuk... Read More...
IMAGE Safari Kesehatan Serangkaian HUT Kota Denpasar
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com -  Giat Safari Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar secara berkelanjutan dilaksanakan berkeliling ke lingkungan Banjar diseluruh pelosok kota. Didukung juga oleh Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI),  The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian... Read More...
IMAGE Bupati Mahayastra Sidak Trotoar Blahbatuh - Buruan
Rabu, 30 Januari 2019
  Sentralbali.com – Kebersihan lingkungan menjadi perhatian serius Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Rabu (30/1/2019) ketika hendak menuju kantor, kendaraan orang nomor satu di Gianyar tersebut terhenti Jalan Raya Antugan, Blahbatuh. Hal itu disebabkan karena Bupati Mahayastra melihat... Read More...
koni kab kota
SmartNews.Com