Bupati Buleleng Buka Akses Wisata Desa Tua Baliaga

61

 

 

Sentralbali.com-Usaha masyarakat Desa Baliaga di Kecamatan Banjar untuk membangun desa menjadi kawasan wisata, mendapat dukungan penuh dari Pemkab Buleleng. Ini terungkap saat Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST melakukan pengukuhan pengurus Mahagotra Panca Desa Baliaga di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Rabu (19/10/2016).

Panca Desa Baliaga yang lebih dikenal dengan nama SCTPB ini terdiri dari lima desa yakni Desa Sidetapa, Desa Cempaga, Desa Tigawasa, Desa Pedawa, dan Desa Banyuseri. Kelima desa tersebut berkomitmen untuk membangun desa menuju kawasan wisata yang aman, bersih, nyaman dengan keiindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lain.

Desa SCTPB merupakan desa Baliaga yang ada di Bali. Dengan berbagai adat istiadat dan budaya yang ada di desa tersebut, desa yang tergabung dalam Panca Desa Baliaga ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan. Dilihat dari letak desa tersebut, desa SCTPB ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Melihat potensi tersebut, masyarakat desa mulai berbenah untuk memperbaiki opini negatif yang dulu sempat menempel di desa SCTPB ini. Masyarakat dari kelima desa tersebut saling bahu membahu mengembangkan potensi yang dimiliki. Usaha masyarakat desa tersebut membuahkan hasil, terlihat semakin banyaknya wisatawan mancanegara yang datang ke SCTPB.

Dalam sambutannya saat acara pengukuhan anggota Mahagotra Panca Desa Baliaga tersebut, Bupati Suradnyana mengatakan akan mendukung secara penuh setiap program yang dicanangkan oleh masyarakat Desa Baliaga. Ia pun berencana akan memperlebar jalan di beberapa titik di Desa Baliaga. Perlebaran jalan dimaksudkan agar jalan bisa dilalui Bus Pariwisata.

“Tahun depan kita perlebar jalan di Cempaga dulu nanti baru kita perlebar jalan di desa lain. Ini sudah kita rencanakan tahun depan,” ungkap Bupati Suradnyana.

Kepala Desa Cempaga Putu Suarjaya sangat menyambut baik dan berterimakasih atas dukungan dari Pemkab Buleleng dan gagasan dari Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang akan memperlebar jalan di Desa tersebut. Suarajaya mengungkapkan, perkembangan pariwisata di SCTPB khususnya di Desa Cempaga terkendala dengan kondisi jalan yang sangat sempit. Ia menambahkan, Desa Cemapaga sudah memiliki awig-awig untuk menjaga lingkungan desa. Salah satunya adalah dilarang membuang sampah sembarangan dan berburu di kawasan Panca Desa Baliaga.

“Kami sudah memiliki awig-awig untuk menjaga lingkungan, ini juga upaya desa yang tergabung di Panca Desa Baliaga untuk membangun desa lebih baik dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Mahagotra Panca Desa Baliaga yang baru dilantik I Made Suardamayasa mengungkapkan visi dan misi dari Mahagotra Panca Desa Baliaga ini adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa SCTPB. Ia juga mengatakan akan mencari strategi yang tepat untuk mengembangkan desa Baliaga.

 

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com