HUT Kota Singaraja Perkuat Pelestarian Adat dan Budaya

3

 

Sentralbali.com-Kecamatan Buleleng menggelar Lomba Pelestarian Adat dan Budaya antar Desa/Kelurahan se-Kecamatan Buleleng serangakian HUT ke-412 Kota Singaraja.

Lomba ini diikuti oleh 21 peserta dari masing-masing Desa/Kelurahan di Kecamatan Buleleng. Ada tiga kategori Lomba Pelestarian Adat dan Budaya ini dalam lomba kali ini, yakni membaca sloka, Dharma Wacana dan geguritan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Buleleng Nengah Subudi,SH mengatakan, eksistensi adat dan budaya harus bisa dipertahankan dalam perkembangan jaman, dengan cara-cara penyelenggaran lomba pelestarian adat dan budaya seperti ini. Subudi menjelaskan, peserta lomba ini dikhususkan untuk Sekaa Teruna dan karang taruna di masing-masing Desa/Kelurahan.

“Lomba ini diadakan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terutama anak muda tentang pentingnya pelestarian adat dan budaya,” ujarnya.

Menurut Subudi, remaja saat ini sudah mulai melupakan adat dan budaya Bali. Ia menambahkan fenomena ini tidak lepas dari perkembangan jaman yang sangat pesat.

“Remaja saat ini lebih mengikuti moderenisasi sehingga mereka hampir melupakan adat dan budaya mereka sendiri, perkembangan jaman sangat pesat apa lagi dengan adanya gatget anak muda sekarang lebih mementingkan itu dari pada adat dan budayanya,” imbuhnya.

Berharap pelaksanaan lomba ini bisa terus diselenggarakan oleh Kecamatan Buleleng. “Kita lihat antusias warga dulu, jika mereka menginginkan lomba ini terus diadakan, maka kami akan adakan tiap tahun untuk memeriahkan HUT Kota Singaraja,” katanya.

1 2

Untuk memeriahkan HUT ke-412 Kota Singaraja, selain lomba Pelestarian Adat dan Budaya Kecamatan Buleleng juga mengadakan lomba futsal yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Lomba pelestarian adat dan budaya ini dilaksanakan selama satu hari.

Pemenang lomba pelestarian adat dan budaya untuk kategori membaca sloka antara lain juara satu diraih oleh Desa Pakraman Petandakan, juara dua Desa pakraman Tukadmungga, juara tiga Desa Pakraman Anturan.

Untuk kategori Dharma Wacana pemenangnya Desa pakraman Penarukan, juara dua Desa pakraman Banyualit, dan juara tiga Desa pakraman Bangkang. Kategori geguritan pemenangnya, juara satu Desa pakraman Tukadmungga, juara dua Desa pakraman Bangkang, dan juara tiga Desa pakraman Banyuning.

 

IMAGE Ny. Putri Koster Gerakkan HATINYA PKK di Bangli
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com - Ny. Putri Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali turun langsung dan gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Teratur,  Indah, dan Nyaman ) PKK di Desa Pengejaran, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (15/2/2019).  Ny. Putri Koster mengajak seluruh masyarakat untuk... Read More...
IMAGE Safari Kesehatan Serangkaian HUT Kota Denpasar
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com -  Giat Safari Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar secara berkelanjutan dilaksanakan berkeliling ke lingkungan Banjar diseluruh pelosok kota. Didukung juga oleh Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI),  The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian... Read More...
IMAGE Bupati Mahayastra Sidak Trotoar Blahbatuh - Buruan
Rabu, 30 Januari 2019
  Sentralbali.com – Kebersihan lingkungan menjadi perhatian serius Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Rabu (30/1/2019) ketika hendak menuju kantor, kendaraan orang nomor satu di Gianyar tersebut terhenti Jalan Raya Antugan, Blahbatuh. Hal itu disebabkan karena Bupati Mahayastra melihat... Read More...
IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
SmartNews.Com