Kodim 1610/Klungkung Melakukan Pendampingan Sistem Tanam Jajar Legowo

dandim klungkung tanam padi

Sentralbali.com-Kodim 1610/Klungkung kembali melaksanakan pendampingan penanaman serentak di tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Klungkung, Banjarangkan dan Kecamatan Dawan, Minggu (13/12/2015) bersinergi dengan petani, PPL dan  instansi terkait.

Di Kecamatan Klungkung menyasar Subak Pegatepan Tempek Sidi, kemudian di Banjarangkan berlangsung di Subak AaN Dangin, Desa Tempek Abasan, dan Subak Baler Margi Desa Sampalan Tengah Kecamatan Dawan.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Fransiscus Ari Susetio, SE menegaskan kegiatan ini sebagai wujud komitmen TNI-AD yang dalam hal ini Kodim 1610/Klungkung dan jajarannya selalu ingin dekat dengan petani, sekaligus menjabarkan program pemerintah yakni penguatan pangan.

“Kami terus memelihara semangat kebersamaan ini dengan petani dengan harapan dapat mengurangi beban petani,” ujarnya.

Di Subak Pegatepan Tempek Sidi  Desa Jumpai  seluas 13 Ha, yang menjadi sasaran program ini seluas 15 area milik made Pabug. Selanjutnya di Subak Dangin Desa Tempek Abasan, desa AaN, dari 30 Ha, yang ditanami 32 are milik Jero Manglu Suda. Kemudian di Subak Baler Margi dengan luas tanam 15 are milik mangku Latra asal desa sampalan.

“Pada kegiatan ini bibit yang ditanam jenis Cierang dengan system tanam jajar legowo,”jelasnya.

Kelian Subak Dangin Desa Kadek Ardika, menyambut baik kegiatan penanaman serentak yang diprakarsai Kodim 1610/Klungkung. “Kami sangat bangga dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Tentu mengharapakan kegiatan penanaman seperti ini tetap berlanjut,” pintanya.

PPL Ddesa  Aan  I Komang Widyapura menjelaskan pendampingan bersama-sama dengan Babinsa dan  subak yang dibina terdapat 3 meliputi Subak Sengkiding 33 Ha, Subak Dangin Desa 86 Ha, dan Subak Dauh Desa 68 ha.

Penanaman padi dilakukan secara bergiliran, rata-rata hasil yang diperoleh sebelum pendampingan 6 Ton/Ha, namun setelah dilaksanakan pendampingan seperti saat ini mengalami peningkatan, rata-rata 8 Ton/ Ha.  

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 1610/Klungkung Kapten Inf. I Nyoman Tunggu, mengatakan penanaman serentak juga dihadiri Perwira staf, Danramil   dan serluruh Babinsa  jajaran Kodim 1610/Klk , Kabid Produksi Distan Kab. Klungkung I Kadek Darmayasa, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kab. Klungkung Ir. Ida Bagus Nida.

 

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com