Warga Singapadu Ramai-ramai Datangi Dispenda Gianyar

1 1

 

 

Sentralbali.com-Kedatangan puluhan warga tersebut mempertanyakan keberadaan SPPT No.046 tentang sebidang tanah yang dulunya adalah sungai kering di areal Pura Dalem Sangsi, Desa Pakraman Singapadu. Tanah tersebut merupakan tanah kosong yang dimohon warga untuk dibuatkan SPPT baru, dan rencananya akan dijadikan jalan menuju Pura Beji.

Namun hingga kini pihak Dispenda Gianyar belum bisa menerbitkan SPPT tersebut, bahkan sudah ada SPPT lain yang dipergunakan sebagai bahan menunda penerbitan SPPT yang dimohon warga. Padahal sebelumnya tanah tersebut sudah diukur pihak Dispenda Gianyar.

Sekretaris Bendesa Desa Pakraman Singapadu, I Nyoman Pasek Gunawan, di Kantor Dinas Pendapatan Gianyar, Jalan Ciung Wanara, Gianyar, Senin, (16/11/2015), mengatakan warga mempertanyakan mengapa hasil ukurnya tidak keluar dan sudah ada SPPT No.43 yang dipergunakan pihak lain untuk mengklaim kepemilikan tanah tersebut. “Kami sudah tidak dipercaya warga, karena mengurus SPPT terlalu lama dan hingga kini tidak selesai-selesai, kami tidak ingin ketentraman warga terganggu gara-gara ini,” imbuhnya.

Permohonan pihak pengempon Desa Dalem terkait sebidang tanah yang dulunya sungai selalu dipertanyakan. Permohonan warga sudah maju beberapa waktu lalu dan sudah diukur pihak Dispenda, namun hingga kini permohonan penerbitan SPPT belum selesai dan bahkan sudah ada SPPT lain yang dipergunakan sebagai alasan menunda penerbitan SPPT yang diajukan.

Padahal lokasi SPPT No 43 yang dipakai mengklaim atas tanah yang disengketakan tidak tentu lokasi tanahnya dimana, tidak ada SPPT No 46 di daerah yang disengketakan. Tujuan warga ke Dispenda agar masalah ini cepat selesai, atau teknis apa membuat surat yang intinya permohonan kami bisa berlanjut. SPPT No.46 tertulis luas lahan sebanyak 30 are, sedangkan jika diukur tanah tersebut memiliki panjang 250m dan lebar 5m, atau sekitar 20 are.

“Sejak tiga bulan lalu, tanah tersebut diklaim atas nama Ketut Sukarwa  warga Desa Singapadu, dengan luas 30 are,” imbuhnya.  

Tiga hari lalu warga mendatangi bendesa dan mempertanyakan permasalahan tersebut, “Kami sudah tidak dipercaya warga, sekitar seribuan warga rencana akan datang jika masalah ini tidak cepat diselesaikan, di lokasi tanah sekarang sudah ada pemagaran oleh yang memiliki SPPT,” terang Pasek.

Kepala Dinas Dinas Pendapatan Kabupaten (Dispenda) Gianyar, I Ketut Astawa Suyasa mengatakan akan segera menindaklanjuti permasalah tersebut. Namun, pihaknya berusaha akan meyelesaikan dengan baik, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari. Kajian terkait pembuatan SPPT akan dikoordinasikan dengan bagian hukum dan Bupati Gianyar.

Sementara, Ketut Astawa Suyasa menghimbau agar warga tenang dan beraktifitas seperti biasa, dan sesegera mungkin akan memberikan jawaban terhadap masalah tersebut.  

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com