Singapadu Kaler Dipoles Sebagai Desa Wisata

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata beri pengarahan

 

 

 

Sentralbali.com-Pemerataan pariwisata sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu program Pemkab Gianyar, salah satunya menata dan memoles wilayah pedesaan yang memiliki potensi dikembangkan sebagai Desa Wisata.

Salah satu desa yang kini dikemas dan dicanangkan sebagai desa wisata adalah Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar, yang pencanangannya dilakukan, Minggu (27/9/2015).

Sebelumnya pada Kamis (24/9/2015), Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata bersama Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan instansi terkait berkunjung ke Singapadu Kaler tepatnya di Banjar Samu terkait persiapan Desa Singapadu Kaler sebagai Desa Wisata.

Dalam kesempatan itu, warga Br. Samu, petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Gianyar dibantu Mahasiswa Fakultas Sastra Unud melakukan aksi bersih-bersih di seputar Br. Samu.

Bupati Agung Bharata saat bertatap muka dengan masyarakat, di wantilan  Pura Puseh Desa Br. Samu menekankan penting menggali dan mengembangkan potensi atau keunggulan yang dimiliki Desa Singapadu menjadi daya tarik wisata.

“Singapadu Kaler terkenal dengan keseniannya, selain alam pertaniannya. Potensi ini harus digarap sehingga berkembang sebagai desa wisata,” ungkap Bupati Agung Bharata.

Menurut Agung Bharata, pentingnya pengembangan desa wisata karena nantinya sebagai pelestari seni dan budaya disamping sebagai pariwisata kerakyatan, karena masyarakat langsung sebagai pelaku sekaligus mendapatkan pendapatan dari pariwisata.

Pengembangan desa wisata salah satu pendukung faktor kebersihan sehingga desa benar-benar asri dan nyaman untuk dikunjungi serta sesuai dengan Sapta Pesona.

Sementara Perbekel Desa Singapadu Kaler, I Made Karjana dalam kesempatan itu mengatakan, Singapadu Kaler yang terdiri dari lima banjar dinas yakni Samu, Silakarang, Kederi, Belang dan Belang Kaler, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, sehingga agro wisata menjadi salah satu keunggulan Desa Singapadu Kaler.

Selain itu, beragam kesenian diantaranya, Joged, Arja dan tarian lainnya menjadi ladang Singapadu Kaler untuk menggaet wisatawam berkunjung.

“Pencanangan sebagai Desa Wisata kami lakukan bertahap mulai dari Br. Samu,” ujar Made Karjana.

koniidulfitri
IMAGE Ketut Aryana, Dipercaya Lagi Pimpin Desa Pekraman Bengkel
Senin, 17 Juni 2019
      Sentralbali.com - Ketut Aryana kembali terpilih sebagai Bendesa Adat Desa Pakraman Bengkel, Kecamatan Busungbiu untuk periode kedua, setelah pada 9 Juni dipercaya warganya, dan dikukuhkan di Pura Desa, Desa Pakraman Bengkel, Senin (17/6/2019), disaksikan Bupati Buleleng Putu... Read More...
IMAGE Bupati Gianyar Apresiasi Semangat Warga Desa Serongga
Rabu, 20 Februari 2019
      Sentralbali.com - Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menghadiri puncak Karya Padudusan Alit di Pura Puseh, Desa Bale Agung, Desa Serongga, Selasa, (19/2/2019).   Selain melakukan persembahyangan bersama masyarakat, Bupati Mahayastra yang didampingi beberapa kepala... Read More...
IMAGE Bupati Mahayastra Serahkan Bansos untuk Pura Dalem Br. Badung
Senin, 18 Februari 2019
    Sentralbali.com - Pemkab Gianyar memberikan bantuan dana bansos sebesar Rp1 miliar terkait musibah amblasnya bangunan Pura Dalem di  Br. Badung Desa Pakraman Melinggih Payangan pada 12 Januari lalu akibat hujan lebat. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Gianyar Made... Read More...
IMAGE Ny. Putri Koster Gerakkan HATINYA PKK di Bangli
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com - Ny. Putri Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali turun langsung dan gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Teratur,  Indah, dan Nyaman ) PKK di Desa Pengejaran, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (15/2/2019).  Ny. Putri Koster mengajak seluruh masyarakat untuk... Read More...
IMAGE Safari Kesehatan Serangkaian HUT Kota Denpasar
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com -  Giat Safari Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar secara berkelanjutan dilaksanakan berkeliling ke lingkungan Banjar diseluruh pelosok kota. Didukung juga oleh Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI),  The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian... Read More...
SmartNews.Com