Musim Kemarau Subak di Gianyar Masih ‘Aman’

IMG 9762

 

 

Sentralbali.com-Kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, berpengaruh terhadap ancaman kekeringan terutama lahan sawah di wilayah Gianyar. Dari  14.575 hektar luas lahan sawah, hanya dua subak yang mengalami kekurangan air  akibat penurunan debit air sungai, namun sudah disiasati dengan sistem pergiliran tanam.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Pemkab Gianyar, I Gusti Ngurah Aryawan didampingi Kabid Sarana dan Prasana I Gusti Agung Sri Widiawati, ketika ditemui di Kantor Distanhutbun, Selasa (4/8/2015).

Dua subak tersebut yakni subak Kebon Desa Kedisan Tegallalang seluas 31 hektar dan subak Sebatu seluas 79 hektar. Dampak dari penurunan debit air sebesar 30 persen dari aliran normal pada salah satu sungai dekat subak tersebut, menyebabkan aliran air irigasi juga tidak maksimal sehingga diterapkan sistem gilir tanam.  

Sementara satu subak yakni subak Yeh Tengah Desa Kelusa Payangan dengan luas 52 hektar mengalami mundur tanam akibat kerusakanan saluran irugasi.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak provinsi untuk segera melakukan perbaikan saluran irigasi yang rusak,” terang Ngurah Aryawan.  

Sambil menanti perbaikan, pihaknya telah menganjurkan petani di subak  Yeh Tengah untuk tanam jagung, kedelai atau kacang tanah.

Saat ini Gianyar terbebas dari kekeringan, menurut Ngurah Aryawan, karena banyak terdapat sumber air di kawasan Gianyar salah satunya keberadaan beberapa sungai.  Terbukti daerah hilir saat ini tidak kekurangan air seperti di Subak Selat Belega, Blahbatuh Gianyar waktu ini sukses panen padi.

Pemkab Gianyar, kata dia telah menyiapkan sejumlah langkah bagi petani jika terjadi kekeringan, diantaranya menyiapkan berbagai teknologi termasuk pompa air.

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com