Musim Kemarau Subak di Gianyar Masih ‘Aman’

IMG 9762

 

 

Sentralbali.com-Kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, berpengaruh terhadap ancaman kekeringan terutama lahan sawah di wilayah Gianyar. Dari  14.575 hektar luas lahan sawah, hanya dua subak yang mengalami kekurangan air  akibat penurunan debit air sungai, namun sudah disiasati dengan sistem pergiliran tanam.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Pemkab Gianyar, I Gusti Ngurah Aryawan didampingi Kabid Sarana dan Prasana I Gusti Agung Sri Widiawati, ketika ditemui di Kantor Distanhutbun, Selasa (4/8/2015).

Dua subak tersebut yakni subak Kebon Desa Kedisan Tegallalang seluas 31 hektar dan subak Sebatu seluas 79 hektar. Dampak dari penurunan debit air sebesar 30 persen dari aliran normal pada salah satu sungai dekat subak tersebut, menyebabkan aliran air irigasi juga tidak maksimal sehingga diterapkan sistem gilir tanam.  

Sementara satu subak yakni subak Yeh Tengah Desa Kelusa Payangan dengan luas 52 hektar mengalami mundur tanam akibat kerusakanan saluran irugasi.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak provinsi untuk segera melakukan perbaikan saluran irigasi yang rusak,” terang Ngurah Aryawan.  

Sambil menanti perbaikan, pihaknya telah menganjurkan petani di subak  Yeh Tengah untuk tanam jagung, kedelai atau kacang tanah.

Saat ini Gianyar terbebas dari kekeringan, menurut Ngurah Aryawan, karena banyak terdapat sumber air di kawasan Gianyar salah satunya keberadaan beberapa sungai.  Terbukti daerah hilir saat ini tidak kekurangan air seperti di Subak Selat Belega, Blahbatuh Gianyar waktu ini sukses panen padi.

Pemkab Gianyar, kata dia telah menyiapkan sejumlah langkah bagi petani jika terjadi kekeringan, diantaranya menyiapkan berbagai teknologi termasuk pompa air.

IMAGE Ny. Putri Koster Gerakkan HATINYA PKK di Bangli
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com - Ny. Putri Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali turun langsung dan gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Teratur,  Indah, dan Nyaman ) PKK di Desa Pengejaran, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (15/2/2019).  Ny. Putri Koster mengajak seluruh masyarakat untuk... Read More...
IMAGE Safari Kesehatan Serangkaian HUT Kota Denpasar
Sabtu, 16 Februari 2019
    Sentralbali.com -  Giat Safari Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar secara berkelanjutan dilaksanakan berkeliling ke lingkungan Banjar diseluruh pelosok kota. Didukung juga oleh Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI),  The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian... Read More...
IMAGE Bupati Mahayastra Sidak Trotoar Blahbatuh - Buruan
Rabu, 30 Januari 2019
  Sentralbali.com – Kebersihan lingkungan menjadi perhatian serius Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Rabu (30/1/2019) ketika hendak menuju kantor, kendaraan orang nomor satu di Gianyar tersebut terhenti Jalan Raya Antugan, Blahbatuh. Hal itu disebabkan karena Bupati Mahayastra melihat... Read More...
IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
SmartNews.Com