Bakti Sosial Membangun Rumah

3-61

 

Sentralbali.com-Program pengentasan kemiskinan yang digelontor Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar sangat dirasakan warga, seperti dituturkan Perbekel Desa Pejeng Kaja, Dewa Gde Artha Putra, saat melaksanakan bakti sosial, di Banjar Tarukan, Desa Pejeng Kaja, Kecamatan Tampaksiring Gianyar, Jumat, (29/5/2015)

Dewa Gde Artha Putra menjelaskan kegiatan bakti sosial yang digagas Pemprov Bali disambut antusias warga. Kegiatan tersebut dirangkai dengan pelbagai kegiatan lainnya.

“Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan sehari diawali dengan membangun rumah warga miskin dengan program bedah rumah, monitoring kegiatan Simantri, pengobatan, pemberian kaca mata gratis,dilanjutkan dengan kegiatan sima krama,” terangnya.

Desa Pejeng Kaja tahun 2015 memperoleh 5 buah program bedah rumah dari Pemprov Bali, diperoleh atas dasar musyawarah dan proposal yang diajukan ke Pemprov Bali.

“Kali ini jajaran Pemprov Bali dan Pemkab Gianyar gotong royong membangun rumah keluarga kurang mampu. Ni Wayan Rodi merupakan salah satu sasaran program dan yang bersangkutan tinggal bersama ibunya yang sudah lansia,” terangnya.

Keseharian Ni Wayan Rodi merupakan seorang buruh tani dan ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi. Sepeninggal suaminya beberapa tahun lalu, Ni Wayan Rodi merupakan kepala keluarga sekaligus mengurus ibunya yang sudah tua.  Sehingga penghasilan yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memperbaiki rumahnya yang selalu bocor saat hujan.

Atas dasar tersebut, pihak desa mengajukan Ni Wayan Rodi agar memperoleh bantuan bedah rumah, sehingga ia bisa menetap di rumah yang layak.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Provinsi Bali terkait program pengentasan kemiskinan, hal tersebut dilaksanakan guna menghindari tumpang tindih program dan mempercepat pengentasan kemiskinan di Gianyar.

“Selama ini kerjasama antara Pemkab Gianyar dan Provinsi Bali dalam pengentasan kemiskinan sangat bagus, kedepan akan selalu dioptimalkan demi kepentingan masyarakat,” katanya.

Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta mengatakan bantuan bedah rumah yang diberikan kepada Ni Wayan Rodi merupakan salah satu dari 5 bantuan bedah rumah yang dialokasikan di Desa Pejeng Kaja.

“Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali, dan keliling di seluruh kota/kabupaten se-Bali,” jelas Sudikerta.

Rumah yang dibangun dengan panjang 6,5m dan lebar 5 meter diharapkan selesai September 2015, dengan alokasi  Rp30 juta,   dibangun rumah dengan 2 kamar tidur, dapur dan sebuah kamar mandi. 

IMAGE Pastika Tradisikan Kegiatan Berbagi dengan KK Miskin
Rabu, 13 Juni 2018
  Sentralbali.com – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mentradisikan kegiatan berbagi dengan KK Miskin khususnya yang sudah lanjut usia pada momentum hari besar keagamaan. Bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Jumat (8/6/2018). Pastika, didampingi sejumlah pimpinan Organisasi... Read More...
IMAGE Wabup Buleleng Sutjidra Monitor Rastra
Sabtu, 21 April 2018
    Sentralbali.com – Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra, Sp OG memonitor sekaligus Memastikan 6.424 Kantung beras sejahtra (rastra)10 Kg. dari program Kementrian Sosial Republik Indonesia tepat sasaran dan sampai ke warga masayarakat, di 14 Desa di Kecamatan Gerokgak, Jumat... Read More...
IMAGE Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong
Senin, 05 Maret 2018
    Sentralbali.com – Desa Mayong ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018. Desa Mayong merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil... Read More...
IMAGE Mayjen TNI Komaruddin Kunjungi TMMD ke-99
Rabu, 02 Agustus 2017
   Sentralbali.com – TNI Menunggal Membangun Desa ke-99 di Desa Besan kec. Dawan Kab. Klungkung ditinjau Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, kunjungan Pangdam IX /Udy didampingi Danrem 163/Wira Satya,  Asops Kasdam IX/Udayana dan Aster Kasdam... Read More...
IMAGE Tim Wasev dari Mabesad Tinjau TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung
Jumat, 21 Juli 2017
    Sentralbali.com – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung  di Desa Besan Kecamatan Dawan Kab. Klungkung, Kamis 20/7/2017). Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati... Read More...
SmartNews.Com